Logo Daihatsu
Menu

Perbedaaan Antara Cakram Ventilated dan Cakram Slotted

Otomotif

2022-05-22

cakram mobil

Semua jenis kendaraan pastinya dilengkapi dengan adanya rem. Keselamatan pengguna kendaraan akan lebih terjamin jika terdapat rem yang pakem. Rem cakram yang digunakan pada mobil berfungsi agar pengereman dapat lebih pakem dan cepat. Namun tahukah Anda bahwa rem cakram ternyata memiliki beberapa jenis?

Terdapat rem cakram dengan jenis solid dan juga ventilated. Untuk jenis rem cakram ventilated sendiri terpecah menjadi 2 tipe yaitu cross drilled dan slotted. Meskipun begitu, terdapat perbedaan mengenai cakram ventilated slotted.

Perbedaan Cakram Ventilated dan Cakram Ventilated Slotted

Fungsi dari cakram ventilated dan cakram ventilated slotted adalah sama-sama dapat mempercepat pelepasan panas pada saat proses pengereman. Terdapat media yang bertugas untuk melepas panas karena adanya rongga udara pada bagian dalam dan luarnya.  Keuntungan dari rem cakram ini dapat bertahan lebih awet dan performa pengereman yang lebih baik.

Kedua jenis cakram ini memang memiliki fungsi yang sama, namun terdapat berbagai perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok dari jenis cakram ventilated slotted adalah mengenai konstruksi desainnya.

Untuk jenis cakram slotted dapat memaksimalkan pendinginan dari luar cakram. Kemudian dibentuk alur atau motif di permukaan cakramnya, dan pada bagian dalamnya padat. Nanitnya alur ini dapat membentuk rongga atau cekungan pada permukaan cakram.

Ini berfungsi untuk pelepas panas dan dapat mengurangi bidang gesekan. Sehingga permukaan cakram remnya tidak mudah panas. Selain itu juga dapat berguna untuk membuang debu yang berasal dari kampas rem yang bergesekan. Hal tersebut menjadikan desain konstruksi dari cakram slotted dengan alur seperti parit atau got pada permukaan cakramnya.

Cakram slotted ini memang memiliki daya cengkram yang lebih maksimal. hal ini bisa terjadi karena terdapat kotak kampas rem terhadap permukaan cakram yang jauh lebih besar. Wajar saja jika mobil balap lebih banyak menggunakan cakram jenis cakram slotted atau drilled.

Sedangkan untuk perbedaan cakram ventilated berfungsi untuk memaksimalkan pendinginan dari dalam. Terdapat lubang-lubang pada bagian cakramnya. Lubang inilah yang menjadi rongga udara untuk mempercepat proses pelepasan panas cakram dari bagian dalamnya.

Pada cakram ventilated terdapat median untuk melepaskan panas karena adanya rongga udara antara bagian dalam dan luar. Rongga untuk melepas panas pada cakram inilah yang menyebabkan memiliki daya ketahanan yang lebih awet dean memiliki performa pengereman yang baik pula.

Untuk bagian permukaan cakram ventilated, bagian ini umumnya memiliki bentuk polos. Bentuknya yang polos seperti ini banyak digunakan pada bawaan mobil. Meskipun bentuknya polos, akan tetapi terdapat pula cakram ventilated yang ditambah lubang-lubang (drilled) dipermukaannya atau alur motif permukaan seperti halnya cakram slotted.  

Terdapat beberapa mobil dengan performa ventilasi cakram yang juga terhubung dari air dam depan, dan dapat mempercepat pelepasan panas dengan bantuan dorongan udara. Pada saat menggunakan rem cakram, pastikan disesuaikan dengan jenis mobil dan juga kebutuhan Anda. Jangan asal pilih rem yang justru bisa saja merugikan Anda.

Perbedaan mengenai cakram ventilated slotted memang paling terlihat pada bentuk permukaan cakramnya. Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, namun fungsinya tetaplah sama. Selama Anda dapat memilih jenis cakram yang tepat, maka pengeram pada mobil Anda bisa bekerja secara optimal.

Ada banyak informasi menarik seputar otomotif lainnya yang bisa Anda akses dengan mudah melalui web resmi Daihatsu. Semoga adanya ulasan ini bisa membantu Anda.


Tag

Otomotif

Share This