Logo Daihatsu
Menu

Perbedaan Daihatsu Xenia Sekarang dengan Keluaran Pertama

Brand

2021-12-21

xenia lama

Ranah otomotif Indonesia sejak 2003 diramaikan dengan kehadiran Daihatsu Xenia yang mampu merebut pangsa pasar sebagai mobil keluarga. Perjalanan panjang itu diwarnai dengan perbedaan Daihatsu Xenia sekarang dengan keluaran pertama.

Daihatsu Xenia memulai perjalanan generasinya sebagai mobil keluarga pada 2003 dengan mengeluarkan daftar tipe mobil Xenia yaitu Mi, Li, dan Xi. Lalu, yang terakhir pada tahun 2019 mengeluarkan MPV yang menjadi  andalannya, yaitu Grand New Xenia. 

3 Generasi Perbedaan Daihatsu Xenia Sekarang dengan Keluaran Pertama

Dalam kurun waktu cukup panjang, Daihatsu selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. Hal ini terlihat dari perbedaan Daihatsu Xenia sekarang dengan keluaran pertama yang semakin nyaman dan aman.

1. Generasi Pertama 

Tahun 2002 adalah pertama kalinya Daihatsu Xenia melakukan penetrasi pasar. Diawali dengan 3 tipe Xenia yaitu, Mi, Li, dan Xi. Dalam hal kapasitas mesin, tipe Mi dan Li mempunyai mesin 1.0 liter, sementara Xi 1.3 liter. 

Ketiga tipe tersebut dilengkapi transmisi manual 5 kecepatan. Dengan mesin berkode EJ-DE-DOHC 3 silinder, Xenia generasi pertama menghasilkan tenaga sebesar 56 hp pada 5.200 RPM. Sementara torsi yang dihasilkan adalah 90Nm pada 3600 RPM.

2. Generasi kedua

Terdapat 3 tipe Xenia 2010 pada generasi kedua ini, yaitu Mi, Li, dan Xi. Tipe Mi merupakan jenis terstandar yang menggunakan mesin berkapasitas 1000 cc dengan 3 silinder.  Sementara tipe Li memiliki fitur yang lebih lengkap.

Pada Xenia Xi spesifikasi hampir sama dengan tipe Li, namun menggunakan mesin 1300cc. Pada tipe ini terdapat dua pilihan model transmisi yaitu manual dan matik.

Daihatsu Xenia mengalami perubahan nama yaitu dari tipe 1.0 Li dan 1.0 Li menjadi D dan M. Sementara itu, tipe 1.3 Xi berubah menjadi tipe X dan tipe R yang dilengkapi dengan fitur keselamatan dual airbags.

Perbedaan tipe xenia 2016 masing-masing adalah pada Daihatsu Xenia D yang merupakan tipe terendah menggunakan AC single blower, Velg dibungkus dengan dop, EPS, dan Power Window.

Daihatsu Xenia M mempunyai spesifikasi yang sama dengan Tipe D, namun ada penambahan fitur spion elektrik, headrest, dan sabuk pengaman. Sementara untuk tipe X dan R memiliki fitur yang lebih lengkap dengan AC double blower, suspensi belakang dengan stabilizer.

3. Facelift (2015-2021)

Pada perbedaan Daihatsu Xenia sekarang dengan keluaran pertama di generasi ketiga ini disertai dengan pengembangan beberapa bagian mobil. Meliputi tampilan eksterior, mesin yang lebih bertenaga, dan jenis fitur lain yang mendukung.

Tampilan luar Daihatsu Grand New Xenia ini pun lebih elegan dengan desain velg yang sporty. Untuk pilihan warna, terdapat tambahan warna baru, yaitu Pearl White, blue metallic dan brown metallic.

Pada bagian lain, perubahan terlihat pada dashboard, material jok, meter combination, stir, dan adanya Multi Information Display (MID). 

Tambahan lain adalah fitur yang dapat memberitahukan informasi tentang ECO Lamp Indicator, Indikator bahan bakar, serta indikator lampu utama dan sein.

Untuk tipe Xenia tertinggi yang sekarang dipasarkan adalah Xenia 1,5 R Deluxe. Seri ini mendapatkan improvement dari sisi tampilan interior dan eksterior.

Pada tampilan luar, Xenia 1,5 R Deluxe ditingkatkan dengan penambahan lampu penerangan LED, lampu kabut dengan bezel, hingga adanya aksen krom pada grille.

Pada bagian eksterior adanya penambahan layar instrumen terbaru, konsil bagian tengah yang lebih lebar, AC digital, AC double blower, dan adanya head unit aftermarket 2 DIN touch screen.

Perbedaan Daihatsu Xenia yang sekarang dengan keluaran pertama sangat terlihat pada fitur keselamatan yang dihadirkan. Daihatsu memberikan fitur keselamatan terbaik, mulai dari safety belt, sistem pengingat penggunaanya, SRS Airbag, sensor kecepatan dan lain sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut berbagai tipe terbaru Daihatsu Xenia, kunjungilah website Sahabat Daihatsu, yang   merupakan dealer resmi Daihatsu Surabaya. Petugas kami dengan senang hati akan membantu kebutuhan Anda.

Demikianlah perbedaan Daihatsu Xenia sekarang dengan keluaran pertama dari setiap generasinya. Perbedaan tersebut dapat menjadi referensi saat akan membeli mobil Daihatsu Xenia baik baru atau second untuk Anda.

Baca juga : 18 Tahun Perjalanan Daihatsu Xenia dan Perubahannya Tiap Generasi


Tag

Brand

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe, Tipe Xenia Tertinggi Yang Wajib Dimiliki

2020-10-29

Daihatsu memperkenalkan peluncuran mobil terbaru Xenia 1.5 R Deluxe. Mendapatkan penyegaran di beberapa sisi baik dari segi interior dan eksterior, wajar s

thumbnail

Daihatsu Taft Reborn, Spesifikasi Lengkap hingga Harganya

2020-11-10

Daihatsu Taft Reborn merupakan varian Daihatsu Taft  yang resmi

thumbnail

Penyebab Indikator Eco Daihatsu Terios Tidak Menyala

2021-09-30

Daihatsu All New Terios memiliki fitur baru yakni Eco Idle. Eco Idle atau indikator eco memiliki fungsi utama untuk menghemat bahan bakar. Indikator eco dapat membuat mo

thumbnail

5 Desain Mobil Daihatsu Paling Outstanding, Pilih yang Mana?

2020-11-25

Memilih mobil itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ketelitian dan pemahaman terhadap banyak hal. Mulai dari kemampuan mesin, pemakaian bahan bakar, hingga t