Logo Daihatsu
Menu

Perbedaan Lampu, LED, HID, dan Halogen, Yuk Pilih yang Tepat!

Otomotif

2023-07-10

Perbedaan Lampu, LED, HID, dan Halogen, Yuk Pilih yang Tepat!

Lampu mobil merupakan komponen mobil yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Komponen sistem penerangan mobil ini sangat dibutuhkan ketika melewati jalanan yang minim penerangan. Lampu mobil sendiri saat ini sangat beragam mulai dari lampu LED, HID, hingga Halogen. Ragam jenis lampu mobil tersebut terkadang sering membuat banyak orang bingung. Agar lebih memahaminya, yuk perhatikan ulasan mengenai perbedaan lampu HID, LED, dan Halogen mobil seperti berikut.

Perbedaan Lampu LED, HID, dan Halogen pada Mobil

Ada beberapa perbedaan dari lampu LED, HID, dan Halogen yang perlu Anda ketahui. Berikut perbedaan selengkapnya.

1. Segi warna

Perbedaan pertama dari lampu LED, HID, dan Halogen, bisa Anda kenali dari segi warna yang dihasilkan lampu. Warna lampu yang dihasilkan lampu LED, cenderung berwarna putih, dan cahaya yang dihasilkan biasanya berbentuk kotak. Untuk lampu HID, warna yang dihasilkan cenderung berwarna putih terang sehingga menyilaukan mata. Untuk warna lampu yang dihasilkan dari lampu Halogen, cenderung berwarna kuning.

2. Segi penggunaan

Perbedaan selanjutnya, bisa Anda bedakan dari segi penggunaan lampu pada mobil. Segi penggunaan ketiga lampu tersebut mengacu pada warna lampu yang dihasilkan. Penggunaan lampu LED biasanya digunakan pada mobil-mobil keluaran tahun terbaru. DI Indonesia sendiri penggunaan lampu LED terbilang cukup baru, yaitu di sekitar tahun 2007. 

Lampu ini bisa mudah Anda temukan pada mobil-mobil keluaran Daihatsu. Untuk lampu HID biasanya digunakan pada mobil-mobil mewah Eropa zaman dahulu. Karena lampu ini sangat cocok digunakan untuk wilayah dengan cuaca kabut. Untuk lampu halogen sendiri, sangat cocok sebenarnya dengan kondisi Indonesia, karena lampu ini memiliki warna putih kekuningan yang sejuk di mata.

Baca Juga : Jenis Lampu Interior Mobil dan Fungsinya, Yuk Kenali!

3. Segi usia pemakaian

Perbedaan selanjutnya, bisa dilihat dari segi usia pemakaian. Lampu LED terbilang memiliki usia pemakaian yang paling awet dibandingkan kedua jenis lampu lainnya. Hal tersebut terjadi karena lampu LED memanfaatkan perangkat elektronik berupa chip semikonduktor dengan dioda dan hambatan untuk menghasilkan cahaya. 

Dengan begitu, lampu LED tidak memproduksi panas layaknya lampu HID dan Halogen sehingga hemat energi dan tidak mudah aus. Sedangkan usia pemakaian lampu HID dan Halogen terbilang mudah rusak karena lampu tersebut memproduksi panas ketika menyala.

4. Segi harga

Perbedaan terakhir, dari ketiga jenis lampu tersebut, bisa Anda lihat dari segi harganya. Seperti Anda ketahui, harga jual lampu LED lebih mahal dari lampu Halogen dan HID. Hal tersebut terjadi karena lampu LED memiliki proses produksi yang cukup rumit, dan komponen yang lebih kompleks. 

Selain itu, faktor ketersediaan produk yang minim di Indonesia, membuat harga lampu ini melambung tinggi dibandingkan lampu HID dan Halogen. Sedangkan untuk harga lampu HID cenderung normal karena proses produksi tidak serumit lampu LED. Sedangkan untuk harga lampu Halogen terbilang cukup murah karena masih menggunakan sistem pencahayaan lawas mirip dengan metode pembuatan bohlam pijar.

Setelah Anda membaca ulasan di atas, sekarang Anda lebih memahami perbedaan dari ketiga jenis lampu mobil tersebut. Jika ditarik kesimpulan, lampu LED bisa dibilang lebih unggul dibandingkan dari jenis lampu lainnya. Sebab lampu LED irit daya, tidak mudah panas, dan tidak mudah rusak. Namun, kelemahannya jika lampu ini rusak, Anda perlu melakukan penggantian secara menyeluruh atau 1 set. 

Mengingat fungsi lampu mobil sangat penting untuk keselamatan berkendara, Anda perlu mengecek kondisi lampu mobil Anda secara rutin. Apabila lampu padam, segera lakukan penggantian lampu di bengkel Daihatsu terdekat. Disini Anda bisa mendapatkan suku cadang mobil asli dan berkualitas sehingga usia komponen jauh lebih panjang. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis-jenis Panoramic Roof Mobil

2022-07-06

Panoramic roof mobil atau sering juga disebut dengan panorama roof merupakan sejenis atap mobil yang terbuat dari kaca dan menggunakan ukuran kaca besar, bahkan b

thumbnail

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Audio Mobil Kece!

2020-12-03

Bagi Sahabat pecinta musik, audio mobil merupakan salah satu fitur yang penting. Dengan audio mobil ini Sahabat bisa mendengarkan musik saat di jalan. Bukan hanya itu, s

thumbnail

Cara Mengecek Dinamo Ampere Mobil & Memperbaikinya

2022-08-15

Pernahkah dinamo ampere mobil Anda bermasalah? Sebelum memutuskan untuk memperbaikinya, ada baiknya untuk cek terlebih dahulu. Jika Anda bingung bagaimana cara mengecek dinamo ampere mobil

thumbnail

Cara Kerja Teknologi Mobil Hybrid dan Jenis-Jenisnya

2023-02-15

Mobil hybrid saat ini mulai digemari oleh masyarakat luas karena memiliki teknologi yang terbilang mumpuni. Cara kerja mobil hybrid bisa dibilang lebih kompleks dari