Logo Daihatsu
Menu

Perkiraan Biaya Perbaikan Velg Penyok Saat Mobil Terkena Lubang

Otomotif

2021-03-02

perbaiki velg penyok

Biaya perbaikan velg penyok memang sering kali membuat terkejut, padahal komponen ini adalah bagian yang cukup sering terkena masalah. Belum lagi jika sedang musim penghujan, banyak jalan rusak yang tidak sengaja dilewati oleh mobil.

Sahabat pasti sering kali menghantam lubang yang tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air. Nah, salah satu dampak negatif yang akan diterima velg jika sering menghantam lubang adalah velg jadi peyang atau penyok.

Tips merawat velg agar tidak cepat penyok

Sebagai salah satu komponen mobil paling penting, bagian kaki-kaki atau velg harus mendapat perlakuan khusus. Bukan hanya punya pengaruh besar pada kenyamanan mengemudi, tapi juga keselamatan sahabat selama di jalan.

Namun seiring pemakaian, ada saja hal-hal yang bisa membuat umur velg mobil sahabat jadi pendek. Mulai dari jarang dibersihkan hingga terlalu sering menghantam lubang. Nah, bagi sahabat yang ingin membuat velg mobil tetap prima dan tahan lama, berikut beberapa tips merawat velg agar tidak cepat penyok.

Rutin periksa velg

Tips pertama merawat velg agar tidak cepat penyok adalah rutin memeriksa kondisi velg. Usahakan memeriksa ukuran velg seminggu sekali, terlebih lagi jika mobil baru saja menghantam lubang. Jika ada perubahan bentuk velg, segera bawa ke bengkel agar bisa diperbaiki lebih cepat.

Perhatikan cara membersihkan velg

Meski terkesan sepele, nyatanya membersihkan velg tidak boleh sembarangan. Hal ini ditujukan agar velg tetap dalam kondisi prima dan tidak mudah penyok atau peyang. Salah satu hal yang wajib sahabat pahami adalah jangan sekali-kali mencuci velg dalam kondisi masih panas. Diamkan dulu sejenak sebelum mengguyurnya dengan air.

Suhu panas bisa membuat velg mobil sahabat berubah bentuk dan berjemur. Nah, ini jadi hal yang penting untuk diperhatikan agar kondisi velg tetap dalam kondisi terbaiknya. Selain itu, sebisa mungkin untuk tidak mencuci velg dengan menggunakan sabun colek, ya.

Waspada jalan berlubang

Lubang di jalan jadi musuh utama kaki-kaki mobil, termasuk velg. Sebaiknya, sahabat lebih waspada di jalanan yang berlubang terlebih lagi di musim hujan seperti ini. Jika sahabat terpaksa harus melewati lubang tersebut, pelankan kecepatan mobil agar suspensi mobil bisa meredam guncangan tersebut. Dengan begitu, kondisi velg akan jauh lebih aman.

Periksa tekanan ban mobil

Tips terakhir untuk membuat kondisi velg tetap prima dan tidak penyok atau peyang adalah untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil sebelum sahabat memakainya. Jangan remehkan hal ini karena tekanan ban bisa memengaruhi kinerja velg.

Pastikan tekanan anginnya selalu pas, sesuai dengan yang ada di buku petunjuk atau di pintu mobil bagian dalam. Jika angin terasa kurang, segera berikan tambahan angin agar performa mobil kesayanganmu tetap prima dan terjaga.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Reparasi Velg Mobil?

Jika mobil menghantam lubang, velg bisa penyok atau bahkan pecah. Jika sudah begini, mau tidak mau sahabat harus mereparasi bagian kaki-kaki. Nah, berapa biaya yang harus sahabat keluarkan? Tergantung dari seberapa parah kerusakan kondisi velg akibat hal tersebut.

Perkiraan biaya perbaikan velg penyok atau peyang adalah sekitar Rp 150 – 200 ribu untuk satu velg. Namun, hal tersebut juga dilihat dari seberapa parah kondisinya. Sebab, tidak semua velg penyok bisa diatasi dengan press velg. Namun, untuk kerusakan tertentu butuh bubut dan dipapas agar tetap simetris.

Lantas, bagaimana dengan velg yang pecah? Penanganan jenis ini butuh tindakan khusus, yakni dengan tambahan dempul dan lem lalu dilas secara manual untuk menutup pori-pori velg agar jadi lebih kuat.

Perbaikan velg penyok paling murah biasanya sekitar Rp 250 ribu untuk velg berukuran kurang dari 18 inch. Semakin besar diameter atau semakin parah kerusakannya, harga bisa mencapai Rp 500 ribu – Rp 1 juta.

Namun, jangan menunggu terlalu lama jika sahabat mengalami masalah velg, ya. Pastikan sahabat berkendara dengan kondisi velg yang masih sehat. Semoga informasi ini membantu!

Penulis : Rizkita Darajat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

STNK Diblokir ETLE? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2023-11-17

Penerapan ETLE sebagai sistem tilang terbaru saat ini sudah merata di Indonesia. Meski sistem tilang ETLE tidak langsung menyertakan polisi lalu lintas di jalanan se

thumbnail

Tips Memilih Kampas Rem Mobil Terbaik

2020-11-12

Kampas rem merupakan salah satu komponen vital yang ada di mobil. Sistem keamanan pengendara melalui pengereman sangat bergantung dengan bagus atau tidaknya kondisi kampas rem. Bentukny

thumbnail

Rem Mobil Bunyi Mendesis? Mungkin Ini Sebabnya!

2020-11-17

Rem mobil bunyi mendesis adalah salah satu masalah yang lazim dialami pada rem mobil. Jangan sampai menyepelekan masalah ini saat menimpa mobil Sahabat. Sebab, hal itu b

thumbnail

Cara Membuat Dudukan Ban Serep pada Mobil dengan Mudah

2023-01-02

Masih banyak orang yang belum mengetahui cara membuat dudukan ban serep pada mobil. Padahal ban serep ini penting digunakan. Apalagi ketika Anda sedang melakukan per