Logo Daihatsu
Menu

Persiapan untuk Traveling Ala Backpacker

Travel

2020-10-28

backpacker

Jaman sekarang, traveling tak hanya sekadar menjadi pengisi waktu luang, traveling juga sudah menjadi sebuah passion dan gaya hidup. Selain bisa mengusir stres, dengan traveling Sahabat juga bisa menjelajah tempat-tempat baru. Ada banyak cara untuk melakukan sebuah perjalanan yang mengasyikkan ini. Kalau Sahabat belum pernah mencoba traveling ala backpacker, cobain deh sensasinya! Berikut ini adalah beberapa tips untuk Sahabat yang punya rencana traveling tanpa bantuan dari travel agency.

1. Pesan tiket perjalanan jauh-jauh hari

Kalau Sahabat sudah mempunyai rencana traveling ke suatu tempat yang baru, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memesan tiket atau penginapan. Sebaiknya pemesanan dilakukan dari jauh-jauh hari, minimal 1-3 bulan sebelum jadwal keberangkatan. Selain bisa mendapatkan promo, Sahabat bisa mengurangi banyak risiko seperti kehabisan tiket atau hotelnya full booked.

Sayang kan, kalau Sahabat sudah berencana traveling, kemudian harus cari hotel lain yang lebih mahal. Nggak cuma rencana perjalananmu yang jadi berantakan, tapi biaya perjalanan juga bisa jadi membengkak, lho. Nah, untuk itu Sahabat juga harus rajin cek website atau kalau perlu ikut newsletter beberapa maskapai yang rajin ngasih tiket promo.

2. Gali informasi mengenai destinasi wisata

Selanjutnya, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah yang menjadi destinasi mu. Gali informasi tentang tempat wisata yang menarik, transportasi menuju ke sana, berapa harga tiket masuk, jam operasinya, kuliner yang wajib untuk dicicipi, dan masih banyak lagi. Jangan sampai, ketika tiba di suatu kota Sahabat tidak tahu apa yang akan Sahabat lakukan di sana, dan baru sibuk cari informasi setelah tiba di lokasi. Itu akan banyak membuang waktu, dan kamu jadi melewatkan banyak hal menarik di sana.

3. Buat itinerary

Setelah Sahabat memutuskan destinasi yang akan dikunjungi, sekarang buatlah itinerary. Itinerary sangat penting buat kamu yang lebih menyukai jadwal traveling yang terencana.

Dengan membuat itinerary, perjalanan yang Sahabat lakukan akan terasa lebih jelas budget, arah, dan tujuannya. Sahabat bisa mengatur waktumu dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya, jika kamu tidak membuat itinerary, perjalananmu jadi kurang terkontrol dan kamu bisa melewatkan destinasi yang bagus. Dalam membuat itinerary, tentukan skala prioritasmu. Prioritaskan destinasi wisata yang sangat ingin Sahabat kunjungi. Jangan lupa juga perhitungkan soal biaya dan estimasi waktu berkunjung, ya.

4. Atur waktu sebaik mungkin

Mengatur waktu juga berhubungan dengan itinerary, karena dalam membuat itinerary sangat mementingkan efisiensi waktu. Jangan lupa juga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang akan terjadi, misalnya saja pada saat tiba di destinasi wisata ternyata hujan, di sini Sahabat harus memutar otak lagi bagaimana caranya untuk mengefisiensikan waktu. Jangan memaksakan diri jika keadaan tidak memungkinkan. Aturlah waktu sebaik mungkin dan fleksibelkan waktumu.

5. Atur biaya perjalanan

Siapkan budget yang sesuai, atau bahkan siapkan juga untuk biaya tidak terduga untuk berjaga-jaga jika sesuatu yang buruk menimpamu saat perjalanan. Di lokasi tempat wisata, Sahabat harus bisa mengatur uang. Buatlah budget untuk makan, transportasi, hingga oleh-oleh. Sisakan uangmu untuk membeli suvenir, karena itu adalah salah satu bukti bahwa Sahabat pernah mengunjungi tempat tersebut.

6. Siapkan uang tunai

Kartu ATM dan kartu kredit memang memberikan kemudahan saat berbelanja. Dengan adanya kemudahan tersebut, seseorang tidak perlu membawa uang yang banyak, karena semua tersimpan di dalam kartu dan semua transaksi dapat dilakukan hanya dengan cara menggesek. Tapi ingat, hal ini nggak berlaku bagi kamu yang akan melakukan perjalanan di daerah terpencil atau wisata alam. Untuk itu, selalu sediakan uang tunai sesuai dengan apa yang sudah kamu perhitungkan sebelumnya.

7. Pastikan temanmu adalah partner jalan yang cocok

Kalau Sahabat mau traveling bareng teman, pastikan mereka adalah partner yang cocok denganmu dan oke selama melakukan perjalanan. Pahami bagaimana watak dan sifat temanmu. Pastikan dia dapat diajak bekerja sama denganmu. Jangan sampai cuma kamu sendiri yang mengurusi semuanya dan teman mu hanya terima beres. Jika memang ingin traveling bersama, berarti ini merupakan kerjasama satu tim. Jadi, lebih baik susunlah rencana dengan cara dirundingkan bersama-sama.

8. Kamera

Jika semuanya sudah disiapkan, periksa kembali dokumen-dokumen yang perlu disiapkan sebelum kalian berangkat seperti tiket transport, paspor, atau visa. Jika tujuanmu adalah melancong ke luar negeri, siapkan mata uang negara tujuan wisatamu tersebut agar Sahabat tak kebingungan setibanya di sana. Jangan lupa juga untuk membawa kamera saat Sahabat berpergian agar kamu dapat mendokumentasikan momen-momen yang ada di destinasi wisata mu. Ini sekaligus menjadi kenang-kenangan bahwa kamu sudah pernah ke tempat tersebut.

Setelah barang-barang mu sudah lengkap, jangan lupa untuk menjaga kesehatan juga ya! Jangan sampai semua yang sudah Sahabat persiapkan, tiba-tiba batal karena kamu tiba-tiba sakit.

Jadi, itu dia beberapa tips buat Sahabat Daihatsu yang mau berpergian tanpa menggunakan agency travel. Semoga dapat membantu, ya. Selamat berlibur, Sahabat!

Baca juga : Tips Mencari Penginapan Murah ala Backpacker


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Candi Borobudur : Sejarah dan Hal Terkait Tentangnya

2020-11-05

Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Candi Borobudur terletak di Magelang yang jika ditempuh dari Yogyakarta akan memakan waktu sekitar satu seteng

thumbnail

7 Tempat Tes Swab di Bekasi, Harga Mulai dari Rp700.000

2021-01-07

Tempat tes swab adalah lokasi yang banyak dicari oleh masyarakat. Terlebih, pandemi belum berakhir, tetapi beberapa keadaan menuntut untuk tetap kembali beraktivitas di

thumbnail

5 Tempat Makan Unik di Solo dengan Dekorasi Cantik dan Menu Lezat

2021-01-07

Solo adalah salah satu kota yang digemari oleh wisatawan karena memiliki biaya hidup yang murah. Tidak hanya mengenai tempat penginapan, tetapi juga tempat makannya. Nam

thumbnail

30 Makanan Khas Betawi yang Wajib Anda Cicipi!

2021-01-31

Indonesia memang terkenal akan keberagamannya. Baik dari budaya, flora dan fauna, hingga kulinernya. Salah satu hidangan paling t