Logo Daihatsu
Menu

Pilihan Oli Gardan Terbaik untuk Mobil Kesayangan

Otomotif

2020-12-22

Oli gardan terbaik

Oli gardan merupakan salah satu komponen yang mengatur kecepatan roda saat berbelok. Fungsinya sebagai pelumas pada permukaan kontak gigi gardan dan transmisi agar tetap lancar saat mobil melaju dan dikemudikan.

Tanpa oli gardan, roda kanan dan kiri bisa berputar dengan kecepatan yang sama. Hal tersebut justru membuat stabilitas dan kendali mobil terganggu. Padahal saat berbelok, putaran roda yang dibutuhkan satu sisi harusnya lebih sedikit ketimbang sisi lainnya. 

Agar performa mobil jadi lebih baik, pemilihan oli gardan yang bagus patut dipertimbangkan. Sebab, jika kualitasnya jelek atau tidak cocok dengan tipe mobil Sahabat, malah bisa menimbulkan kerusakan. 

Saat ini tersedia banyak pilihan oli gardan yang bisa dibeli. Ada yang dijual dalam ukuran satu liter sampai empat liter. Harganya pun bervariasi tergantung merek dan kualitasnya. Bagi Sahabat yang masih bingung memilih oli gardan yang berkualitas, berikut sudah kami rangkum beberapa rekomendasi oli gardan yang bagus. 

1. Top 1 Gear Oil LSD (Limited Slip Differential) 

Oli gardan satu ini dapat membuat performa mobil lebih baik dan bisa menunjang mobilitas sehari-hari. Oli ini memberikan perlindungan yang cukup prima agar tidak terjadi masalah pada mobil. 

2. Shell Spirax S2 A 80w-90 

Oli gardan produksi Shell ini cukup familiar bagi para pencinta mobil. Shell Spirax S2 A 80w-90 dilengkapi formula yang bisa memberi perlindungan dari gesekan, memiliki daya tahan tinggi terhadap korosi serta mampu menjaga stabilitas oksidasi yang lebih baik. 

3. Unilub Gear SAE 90 MTF 

Oli gardan satu ini cocok untuk kendaraan yang beroperasi pada kondisi kecepatan rendah, tinggi sampai membawa beban berat. Kualitasnya cukup baik dan membuat perpindahan gigi transmisi jadi lebih halus. 

4. Valvoline Gear Gard Super 90 

Merek oli satu ini memiliki performa yang mumpuni dan bisa membuat transmisi terasa lebih halus. Formulanya mampu mencegah terjadinya korosi dan karat. 

Dalam keadaan kecepatan tinggi maupun beban berat, oli ini bisa bekerja dengan baik. Oli merek ini cocok digunakan pada mobil yang sering melakukan perjalanan jauh. 

5. Kendall Special Limited Slip 80w-90

Kendall Special Limited Slip diformulasikan untuk menjaga performa gardan dan transmisi lebih lama alias masa pakainya cukup panjang. Oli tipe ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya meminimalisir pembentukan lumpur, mencegah kerusakan, keausan partisi logam serta memberikan kenyamanan ekstra saat berkendara.

Itulah beberapa rekomendasi oli gardan yang berkualitas untuk mobil kesayangan. Jangan sampai baru menggantinya kalau tanda oli gardan sudah tidak berfungsi optimal itu muncul, seperti transmisi perpindahan gigi jadi lebih kasar sampai terdengar suara bising saat berkendara. 

Beberapa komponen di dalam sistem transmisi bisa saja mengalami kerusakan fatal akibat gesekan kasar dan kekentalan oli gardan berkurang. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek kondisi oli gardan ini secara berkala.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan dengan yang baru? Secara umum, oli gardan perlu diganti paling tidak 4 sampai 8 bulan sekali. Namun perhitungan ini tergantung pada mobilitas pengendara dan jarak tempuhnya. 

Kalau dihitung dari jarak tempuh, minimal oli gardan diganti setiap 40.000 km sekali. Jika pada waktu dan jarak tempuh tidak melakukan penggantian oli gardan, maka bisa meningkatkan risiko kerusakan pada komponen lain. Demikian informasi seputar oli gardan yang perlu Sahabat ketahui. Semoga bermanfaat! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daftar Leasing Syariah di Indonesia yang Terpercaya

2020-12-01

Daftar leasing syariah adalah hal yang kini tengah dicari masyarakat. Pasalnya, masyarakat sekarang mulai mempercayai sistem yang diterapkan leasing syariah.

thumbnail

Mengulas Sistem Pengapian Mobil dan Cara Melakukannya

2021-01-12

Sistem pengapian merupakan sebuah rangkaian mekatronika yang dibuat berdasarkan tujuan untuk membangun percikan api busi pada waktu tertentu. Percikan api pada mesin mob

thumbnail

Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil

2020-11-27

Sistem rem hidrolik cakram adalah salah satu tipe rem yang paling banyak digunakan untuk kendaraan. Baik itu mobil atau motor, cakram atau disc brake lebih dimina

thumbnail

Apa itu Nozzle? Ini Fungsi dan Jenisnya, Yuk Simak!

2023-07-04

Pertanyaan seperti “apa itu nozzle mobil?” tentunya sudah tidak asing Anda temukan pada