Logo Daihatsu
Menu

Pilihan Peredam Mobil Paling Bagus, Apa Saja?

Otomotif

2020-12-23

peredam suara

Peredam mobil adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk memberi kenyamanan ekstra saat berkendara. 

Mungkin banyak orang masih mengira kalau peredam mobil yang bagus hanya untuk membuat kabin mobil lebih senyap.

Padahal masih ada fungsi lain dari peredam yang belum banyak diketahui masyarakat. Misalnya saja peredam suara bising dari luar kabin, menahan getaran, memantulkan suara yang membuat audio makin terdengar lebih bagus, hingga peredam panas. Tipikal peredam yang terakhir ini paling laris dan cocok digunakan di negara tropis termasuk di Indonesia, mengingat cuaca siang hari yang sangat terik. 

Beberapa mobil mewah biasanya sudah dilengkapi fitur peredam suara yang berfungsi dengan baik. Namun pada mobil kelas menengah ke bawah, peredam mobil yang disematkan kurang bagus, sehingga diperlukan peredam mobil tambahan. 

Banyaknya pilihan hingga merek peredam mobil di pasaran tentu membuat pengguna mobil kebingungan. Peredam seperti apa yang bagus untuk mobil kesayangan? Oleh karena itu, Sahabat harus pintar memilih jenis peredam. 

Pemasangan peredam mobil 

Hal pertama yang bisa dipertimbangkan adalah soal material peredam mobil. Pilihannya pun bermacam-macam, ada yang terbuat dari aspal, gel, busa, aluminium foil hingga rubber butyl yang belakangan cukup laris di pasaran.

Demi kenyamanan saat berkendara, memasang peredam mobil tak cuma mengandalkan satu jenis saja. Faktanya, pemasangan peredam harus disesuaikan dan melihat bagian mobil itu sendiri. 

Sebaiknya di setiap bagian mobil dipasangkan peredam yang sesuai. Sebab ada beberapa peredam yang memang dirancang khusus untuk dipasang pada pintu mobil, lantai kabin, kolong dashboard, hingga atap mobil. Bahkan ada peredam yang cuma dipasang pada kap mesin untuk meredam panas, getaran dan kebisingan dari mesin mobil. 

Dalam pemasangan peredam mobil ada hitungan tersendiri agar fungsinya optimal. Sesuaikan jumlah peredam yang akan dipasang pada setiap bagian mobil. 

Misalnya pintu mobil sebaiknya dipasang lima lapis, lantai kabin hanya perlu dua lapis. Kemudian di semua bagian pemasangan dua lapis sebenarnya sudah cukup. Namun perlu diketahui, memasang peredam mobil juga tidak diwajibkan untuk dipasang ke semua bagian mobil. 

Sahabat hanya perlu menentukan bagian-bagian mana yang dianggap paling berisik. Sesuaikan dengan kebutuhan agar budget tetap terjaga. 

Tips memilih peredam mobil 

Dalam memilih peredam mobil yang bagus , ada tiga hal yang perlu jadi pertimbangan. 

1. Pilih peredam yang mampu meredam suara bising dari luar

2. Pilih peredam yang memiliki bobot ringan karena peredam yang berat bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar yang lebih boros

3. Pastikan berapa jumlah peredam yang dibutuhkan

Pilihan merek peredam mobil 

Sahabat masih bingung memilih peredam mobil yang bagus? Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beberapa merek peredam mobil terbaik. 

1. Nitto 

Nitto sudah dikenal sejak 20 tahun lalu sebagai pemasok kebutuhan industri otomotif di Indonesia. Beberapa merek peredam mobil buatan Nitto juga terbilang memiliki kualitas yang baik. Misalnya Legetolex D-300N untuk peredam getaran dan EPT-Sealer 686 peredam suara dan panas.

Paket peredam mobil buatan Nitto dikatakan mampu meredam kebisingan cukup signifikan dengan pemasangan lima lapis. Peredam merek ini juga cocok dipasang pada semua mobil. 

2. Noisekill

Noisekill juga termasuk sebagai merek peredam suara terbaik dan cukup populer di Tanah Air. Noisekill menggunakan bahan utama rubber butyl atau karet butyl yang anti-leleh. 

Bahan ini cenderung lebih aman daripada peredam mobil berbahan aspal yang gampang meleleh bahkan bisa mengeluarkan gas Hidrogen Sulfida yang berbahaya bagi penumpang jika terhirup. 

Selain aman, rubber butyl dikatakan mampu meredam panas dan suara lebih efektif. Merek satu ini juga dinilai aman digunakan untuk semua jenis mobil. 

3. Standartplast 

Standartplast merupakan peredam suara mobil yang berasal dari Rusia. Tersedia beberapa produk yang menggunakan label autofun sehingga peredamnya berbahan ringan dan mampu meredam suara lebih baik. 

Demikian ulasan peredam mobil yang mungkin bisa menambah wawasan Sahabat seputar dunia otomotif. Perlu diingat, memilih peredam mobil sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang disiapkan.

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jadwal Ganjil Genap Jakarta 2023: Jam, Jalur & Peraturan Terbaru

2023-11-20

Ganjil genap Jakarta adalah kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah kota untuk mengontrol jumlah kendaraan yang melintasi suatu ruas jalan pada waktu tertentu. Meskip

thumbnail

Apa itu Engine Coolant Temperature Sensor? Ini Fungsinya!

2023-09-29

Sejak beberapa tahun terakhir, mobil-mobil modern sudah mengadopsi berbagai sistem otomatis beserta sensor-sensor pendukung kinerja

thumbnail

Inilah Cara Kerja Mobil Listrik, Sederhana & Hemat!

2023-03-20

Mobil listrik di Indonesia, beberapa tahun terakhir menjadi perhatian masyarakat semenjak pagelaran Formula E dan kedatangan Elon Musk. Sebab, cara kerja mobil listr

thumbnail

Cara Perpanjang SIM Online Jakarta, Lokasi & Jadwal SIM Keliling

2022-11-03

Kini perpanjang SIM online jakarta bisa dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa mengantre panjang. Sama halnya dengan