Logo Daihatsu
Menu

Pilihan Tempat Wisata Anak di Bogor yang Menarik

Travel

2020-10-28

wisata anak di bogor

Bogor, daerah ini seperti tidak ada matinya. Kawasan dengan hawa yang sejuk ini sering menjadi pilihan wisata favorit di kala liburan. Tak hanya mudah dijangkau, Bogor juga memberikan suasana yang berbeda begitu menyegarkan dan sejuk. Bagi Sahabat yang berencana menghabiskan liburan akhir pekan di Bogor bersama dengan buah hati, berikut referensi spot tempat wisata anak di Bogor yang dapat Sahabat kunjungi. 

Tempat Wisata untuk Anak di Bogor 

1. Kebun Wisata Inkarla

Kawasan wisata Inkarla terletak di Cibodas. Tempat wisata anak di Bogor ini menawarkan keindahan alam yang cukup memukau. Pemandangan aneka tanaman hias hingga pegunungan dapat Sahabat nikmati di sana. Selain kebun tanaman hias, terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang air hangat, outbond, ruang untuk meeting, area bermain anak, hingga penginapan untuk Sahabat beristirahat di akhir pekan.

2. Taman Nasional Gunung Gede

Bagi Sahabat pencinta aktivitas mendaki gunung dan ingin mengajarkan buah hati mencintai alam, Taman Nasional Gunung Gede sangat cocok untuk Sahabat kunjungi. Taman Nasional ini sendiri terletak sekitar 100 KM dari Kota Jakarta. Di Taman Nasional Gunung Gede ini menyimpan kekayaan ekosistem yang cukup banyak. Tumbuhan dan hewan langka bahkan banyak hidup di sana. Kegiatan yang banyak dilakukan di kawasan wisata ini adalah wisata alam, pendidikan, penelitian, dan pengamatan aneka burung yang hidup di kawasan ini. Aktivitas yang paling populer dilakukan di kawasan wisata ini sendiri adalah pendakian gunung.

3. Taman Mekar Sari

Selain wisata alam, Bogor juga menawarkan taman bermain bagi anak-anak seperti Taman Mekar Sari. Taman ini cocok dikunjungi saat akhir pekan. Memiliki luas total 254 hektar, wisata ini memiliki beragam wahana wisata seperti Water Kingdom. Water Kingdom merupakan wahana wisata air paling besar di Asia. Berlokasi di Jalan Raya Jonggol -  Cileungsi KM 3, Cileungsi, Taman Mekar Sari bahkan menjadi pusat pelestarian buah tropis paling besar di dunia. Taman Mekar Sari beroperasi mulai dari pukul 09.00 hingga 16.30 WIB pada hari biasa, serta 08.00 hingga 17.00 saat akhir pekan. Harga tiket masuk ke Taman Mekar Sari cukup murah, hanya Rp 25 ribuan per orang. 

4. Tirta Sanita Ciseeng

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas selama satu pekan penuh, pasti kita ingin menikmati keindahan alam pedesaan yang nyaman dan asri bersama keluarga. Salah satu pilihan tempat wisata di Bogor dengan pemandangan alam pedesaan yang asri adalah Tirta Sanita Ciseeng. Tirta Sanita Ciseeng adalah pemandian air panas yang mempunyai sumber mata air panas setempat. Wisata ini sering dijadikan pilihan masyarakat Bogor dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan. Lokasi Tirta Sanita Ciseeng berada di Jalan Cogreg, Bojong indah, Parung, Bogor. Tirta Sanita Ciseeng buka dari jam 7 pagi hingga 8 malam. 

5. Kampung Budaya Sidangbarang

Kampung Budaya Sidangbarang memiliki jarak kurang lebih 5 km dari pusat kota, lokasinya berada di Desa Pasir Eurih, Tamansari. Menurut cerita yang berkembang, Kampung Budaya Sidangbarang disebut-sebut sebagai kampung paling tua di Bogor. Bahkan, kampung ini telah ada dari zaman kerajaan abad ke 7. Di Kampung Budaya Sidangbarang, Sahabat dapat melihat berbagai peninggalan prasejarah Pajajaran, dan berbagai kesenian Sunda.

6. Museum Zoologi Bogor

Mungkin Sahabat sudah sering mendengar nama wisata edukasi ini, apalagi kalau bukan Museum Zoologi Bogor. Museum Zoologi Bogor memiliki koleksi berbagai hewan purba yang sudah punah. Selain itu ada pula fosil hewan yang berusia jutaan tahun. Lokasi Museum Zoologi Bogor masih satu area dengan Kebun Raya Bogor. 

7. Museum Etnobotani

Diresmikan tahun 1982 oleh BJ Habibie, Museum Etnobotani memiliki koleksi kurang lebih 1700 benda. Benda-benda ini adalah sampel yang digunakan oleh peneliti dari berbagai macam daerah saat peneliti melakukan penelitian hubungan antar suku-suku asli di Nusantara dengan tumbuhan di sekitar mereka. Museum Etnobotani cocok dijadikan sebagai sarana edukasi dan destinasi wisata saat mengajak anak-anak jalan-jalan akhir pekan.

8. Jungleland Adventure Theme Park

Tempat wisata di Bogor yang satu ini berada di atas area seluas 35 hektar dan memiliki lebih dari 31 wahana dan ragam atraksi yang menarik. Semua wahana yang ada tak hanya dirancang dalam konsep unik tetapi juga untuk berbagai segmen usia. Di kawasan JungleLand Adventure Theme Park ini Anda juga bisa menemukan aneka menu kuliner yang ditawarkan beberapa cafe dan restonya. 

Baca juga : Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Sahabat Kunjungi

Lokasi wahana bermain ini berada di Kaki Gunung Pancar dan termasuk dalam Kawasan Sentul Nirwana. Untuk bisa menikmati beragam fasilitas di taman bermain yang buka mulai pukul 10.00–22.00 WIB ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 125.000 per orang di hari biasa dan di akhir pekan dan hari libur sebesar Rp 175.000 per orang. Untuk menuju lokasi menggunakan kendaraan umum Sahabat bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar di gerbang Sentul City atau Tol Sirkuit Sentul. Jika memanfaatkan kendaraan umum, dari Botani Sahabat bisa memilih Trans Pakuan tujuan Bellanova.

9. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Bogor untuk rekreasi keluarga. Dibalut dalam suasana yang nyaman, taman ini menawarkan fasilitas perkemahan serta pertemuan di atas areal lahan yang luas. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tujuan rekreasi keluarga karena terdapat spot Culture Center yang bisa Sahabat gunakan untuk memanjakan anak-anak agar dapat ikut melukis, membatik, serta membuat keramik. Tak hanya itu, Sahabat juga dapat menikmati berbagai fasilitas lain seperti kegiatan outbound high ropes, paintball, fun games, serta trekking. Kegiatan-kegiatan tersebut tersedia dalam paket-paket yang dapat Sahabat pilih.

10. Water Boom Yasmin Sport Center

Waterboom yasmin Sport center menjadi tempat wisata keluarga yang wajib dikunjungi saat berlibur di Bogor. Waterboom yang terletak di Jalan Abdullah Bin Nuh Komplek Taman Yasmin 43 Bogor ini sangat cocok untuk semua kalangan, anak-anak dan dewasa. Untuk bisa memasuki area wisata ini Sahabat akan dikenai biaya tiket Rp 15.000 di hari biasa dan Rp 22.500 hari libur. Lokasinya sendiri berada di jalur ramai sehingga tak heran jika waterpark ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sangat disayangkan jika liburan bersama keluarga tetapi Sahabat tidak mencoba wahana yang ada di sini.

11. Marcopolo Adventure

Bila Sahabat sedang mencari wisata keluarga yang asyik dan murah, Marcopolo Adventure bisa dijadikan sebagai pilihan. Wisata ini berada di Perumahan Bukit Cimanggu, Bogor. Marcopolo Adventure adalah wahana wisata air yang sangat lengkap. Di sini, kita bisa berenang, bermain flying fox, bermain balon air dan yang lainnya. Wisata air ini menjadi tempat hiburan yang dikunjungi banyak keluarga saat liburan. 

12. Penangkaran Rusa Cariu

Ingin bermain dengan rusa-rusa yang lucu? Salah satu tempat wisata murah di Bogor yang bisa Sahabat kunjungi adalah Penangkaran Rusa Cariu. Lokasi wisata ini hanya berjarak 1 jam jika menempuh perjalanan dari Cibubur. Di sini Sahabat dapat bermain dengan puluhan rusa jinak yang dilepas di padang rumput. Sahabat juga dapat memberi makanan yang dapat dibeli dengan harga Rp 5 ribuan saja. 

Jadi, tak akan kehabisan ide selama akhir pekan, rencanakan liburan Sahabat mengunjungi tempat wisata anak terbaru di Bogor mulai dari sekarang.

Baca juga : 12 Tempat Wisata Di Lembang yang Tidak Akan Membuat Bosan

 


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Keindahan dan Aktivitas Seru saat Liburan di Taman Nasional Komodo

2021-01-18

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu kawasan wisata terbaik yang ada di Indonesia dan menjadi habitat asli hewan peninggalan prasejarah, komodo. 

thumbnail

Air Terjun di Malang yang Wajib Dikunjungi

2020-10-28

Apakah Sahabat termasuk orang yang berpikir bila berlibur akan menghabiskan banyak uang dan akhirnya menimbulkan pemborosan belaka? Sebenarnya, Sahabat dapat menjalani l

thumbnail

9 Tips Liburan Hemat di Singapura untuk Solo Traveler

2021-03-24

Menyiapkan rencana liburan memang selalu jadi hal yang menyenangkan. Namun, ada banyak hal yang bisa sahabat siapkan dari jauh hari untuk menekan biaya perjalanan jadi l

thumbnail

7 Tempat Bermain Anak di Bandung Untuk Wisata Edukasi Seru

2020-10-28

Menghabiskan waktu bersama buah hati tentu merupakan momen berharga bukan? Daripada selalu menghabiskannya di mal atau kafe yang kurang cocok dan mungkin membosankan bagi anak anak, ada baiknya Sah