Logo Daihatsu
Menu

PPKM Lagi, Selalu Cek dan Rawat Komponen Mobil Berikut Ini

Otomotif

2021-08-31

merawat kampas rem

Di kala pandemi saat ini sudah pasti dianjurkan untuk tetap di rumah saja. Dengan begitu mobil Anda tentu tidak terpakai sementara. Namun Anda harus memastikan bahwa komponen mobil yang harus dirawat saat PPKM. Sehingga kualitas dan juga keamanan komponen mobil Anda tetap bagus dan bisa digunakan dengan baik.

Ragam Komponen Mobil yang Harus Dirawat Saat PPKM

Komponen mobil memang memerlukan perawatan yang khusus dan perlu dicek secara berkala. Ini dilakukan untuk memastikan komponen Anda bisa berfungsi dengan baik. Meskipun diwajibkan untuk tetap di rumah saja, tidak menghalangi untuk tetap rutin melakukan pengecekan komponen mobil. 

Berikut ini beberapa komponen mobil yang harus dirawat saat PPKM :

1. Aki Mobil

Komponen mobil yang harus dirawat saat ppkm yang pertama adalah aki mobil. Karena aki mobil merupakan komponen penting yang harus dicek dan diganti saat diperlukan. Oleh sebab itu Anda harus mengecek secara berkala aki mobil Anda. Sehingga antinya saat akan Anda gunakan, mobil bisa dikendarai dengan nyaman.

2. Kanvas Rem

Salah satu hal yang penting dalam komponen mobil adalah adanya kanvas rem. Karena kanvas rem berfungsi agar mobil Anda bisa berhenti dengan tepat saat Anda mengeremnya. Apabila kanvas rem tidak dicek dan dirawat maka bisa jadi saat Anda mengendarainya bisa menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu menjaga keselamatan Anda maka jangan malas mengecek kanvas rem. Apabila kanvas rem sudah mulai menipis, maka alangkah baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Hal ini tentu harus Anda lakukan agar keselamatan saat mengendarai mobil bisa terjaga.

3. Filter AC

Komponen mobil yang tidak kalah penting untuk dilakukan pengecekan secara berkala adalah filter AC. Tidak banyak orang tahu bahwa filter AC harus dibersihkan dan juga diganti secraa teratur.  Filter AC yang kotor tidak bisa menyebabkan kinerjanya terganggu dan bisa mengakibatkan kerusakan.

Apabila filter AC dibersihkan setiap waktu, maka Anda akan merasa nyaman saat berkendara. mengingat fasilitas yang sering digunakan saat berkendara adalah AC. maka sudah seharusnya untuk merawatnya setiap saat.

4. Kanvas Kopling

Tidak hanya kanvas rem saja yang memerlukan perawatan lebih. Kanvas kopling juga perlu untuk dirawat dan dicek secara berkala. Kanvas kopling memiliki fungsi untuk mengirimkan tenaga mesin ke ban. Apabila dilakukan secara terus menerus, maka kanvas kopling juga bisa menipis.

Oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan agar memastikan kanvas kopling tidak terlalu tipis. Sehingga menyebabkan rawan terjadinya kecelakaan. Waktu PPKM seperti adalah waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan seluruh komponen mesin mobil Anda. Sehingga saat digunakan kembali mobil Anda dalam kondisi yang terbaik.

5. Busi

Komponen selanjutnya yang harus Anda lakukan pengecekandan perawatan adalah busi. Meskipun memiliki bentuk yang kecil, namun fungsinya sangatlah penting. Apabila busi pada mobil kotor maka mobil akan sulit untu dinyalakan. Oleh sebab itu pastikan Anda mengganti busi mobil yang baru apabila busi yang lama sudah dalam kondisi yang buruk.

Apabila anda tidak merawat mobil dengan baik. Maka sangat disayangkan jika Anda memiliki mobil yang bagus seperti mobil dari Daihatsu, namun mesinnya tidak terawat dengan baik. Mobil yang bagus tidak akan nyaman dikendarai apabila mesin yang digunakan tidaklah bagus. Sehingga mobil akan rawan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Itulah berbagai macam komponen mobil yang harus dirawat saat PPKM. Selalu cek secara berkala berbagai komponen yang telah kami sebutkan di atas ya. Pastikan agar mobil Anda bisa selalu dioperasikan walaupun tak digunakan dalam jangka waktu lama. Dan jangan lupa untuk selalu membawa mobil Anda ke bengkel Daihatsu secara rutin, untuk mendapatkan perawatan rutin.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Modifikasi Xenia Agar Terlihat Sporty

2021-11-30

Terkenal sebagai mobil sejuta umat karena bisa ditemukan di mana-mana, beberapa pemilik melakukan modifikasi Xenia sport agar tampak berbeda. Anda juga

thumbnail

Anti Ribet, Yuk Simak 4 Cara Membuat Cetakan Bumper Mobil Dari Fiber

2021-01-06

Sering kali tampilan mobil standar dirasa agak kurang memuaskan bagi pemilik mobil. Tak ayal, mereka pun melakukan perbaikan bumper untuk mengubah tampilan mobil. Bahkan

thumbnail

Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala, Mengapa?

2021-01-11

Kendaraan bermotor seperti mobil, hendaknya memiliki waktu maintenance atau perawatan rutin. Pasalnya, dalam sebuah kendaraan roda empat terdapat banyak rangkaian mesin

thumbnail

Cara Cek SIM Asli atau Palsu Dengan Akurat, Ini Ciri-Cirinya!

2022-10-19

Bagaimana cara cek SIM asli atau palsu? Sebenarnya caranya sangat mudah dilakukan dengan mengikuti panduan dibawah ini sampai selesai. Apalagi kini keberadaan SIM bagi