Logo Daihatsu
Menu

Rekomendasi Tempat Wisata di Banten yang Menarik untuk Dikunjungi

Travel

2021-01-18

pantai tanjung lesung

Banten bisa menjadi salah satu daerah yang cocok disambangi saat piknik nanti. Pasalnya, di sana banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk disambangi. Jika Sahabat tertarik piknik ke Banten, artikel ini sepertinya tepat buat Sahabat.

Pasalnya, artikel ini punya banyak rekomendasi tempat wisata yang ada di Banten. Mau tahu apa saja rekomendasi tempat wisata tersebut? Yuk simak saja langsung daftarnya di bawah ini!

Taman Nasional Ujung Kulon

Rekomendasi tempat wisata pertama yang bisa disambangi adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Ini merupakan tempat wisata yang juga merupakan tempat konservasi hewan yang dilindungi.

Tempat wisata ini tak hanya membuat Sahabat bisa melihat berbagai macam hewan. Tapi, juga bisa membuat Sahabat melakukan sejumlah aktivitas wisata.

  • Alamat : Ujungjaya, Sumur, Pandeglang, Banten 42284.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp 5.000 - Rp 25.000.

Pulau Peucang

Tak jauh dari Taman Nasional Ujung Kulon, ada satu tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik. Pulau Peucang adalah tempat yang kami maksud.

Di sana, Sahabat bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Sahabat pun juga bisa melakukan berbagai kegiatan wisata lainnya. Semisal menyelam, memancing, atau melihat rusa.

  • Alamat : Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp 150.000 - Rp 225.000.

Pantai Sawarna

Bagi Sahabat yang mau wisata pantai, Pantai Sawarna adalah pilihan tepat. Pantai satu ini lazim disambangi para peselancar. Ini tak lepas dari ombaknya yang tinggi, serta lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Bagi Sahabat yang bukan peselancar, Sahabat bisa melakukan beberapa kegiatan wisata menarik di sini. Berenang dan mengunjungi desa wisata adalah dua di antaranya.

  • Alamat : Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp 5.000.

Pantai Tanjung Lesung

Banten masih menyimpan satu wisata pantai lainnya yang wajib dikunjungi. Pantai Tanjung Lesung adalah pantai yang kami maksud. Pantai satu ini dilengkapi beberapa wahana yang bisa dijajal.

Semisal Banana Boat, Jet Ski, dan Perahu Kano. Puas menjajal semua wahana itu, Sahabat bisa mencoba datang ke dermaga pantai ini. Di dermaga itu, Sahabat bisa memancing atau sekadar memandangi panorama pantai. 

Jika berniat mancing di dermaga itu, kami sarankan agar Sahabat membawa alat pancing sendiri dari rumah. Soalnya, tempat wisata ini belum menyediakan jasa sewa alat pancing.

  • Alamat : Tanjung Jaya, Pandeglang, Banten.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp 25.000 - Rp 40.000.

Pantai Carita

Masih mau rekomendasi pantai dari Banten? Jika ya, maka kami persembahkan Pantai Carita sebagai rekomendasi pantai selanjutnya. Ini merupakan salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan lokal.

Pantai ini punya ciri khas berupa pasirnya yang putih, serta batu karang yang bisa ditemukan di beberapa sudutnya. Jika nanti jadi ke pantai ini, jangan lupa untuk menyambangi Air Terjun Putri Carita yang merupakan bagian pantai ini. Di sana, Sahabat bisa menemukan air terjun yang dilengkapi dengan tebing batu yang indah.

  • Alamat : Jalan Perintis Kemerdekaan, Sukajadi, Pandeglang, Banten.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.
  • HTM : Rp 15.000.

Ocean Park BSD City Serpong

Bagi yang mau berwisata air selain di pantai, Ocean Park BSD City Serpong bisa menjadi pilihan. Tempat wisata ini merupakan kolam renang besar yang dilengkapi banyak wahana menarik.

Flying Tower, Slide n Fun, dan Kolam Arus adalah tiga di antaranya. Ocean Park juga dilengkapi beberapa fasilitas yang memanjakan. Semisal Wi-Fi gratis dan juga food court.

  • Alamat : Jalan Pahlawan Seribu, CBD Area, Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.
  • Jam Operasional : Senin s.d. Kamis pukul 11.00 - 16.00 WIB, Sabtu dan Minggu pukul 09.00 - 16.00 WIB, Jumat libur.
  • HTM : Rp 50.000 ( Senin s.d. Kamis), Rp 85.000 (Sabtu dan Minggu, serta musim liburan).

Scientia Square Park

Kalau Sahabat sudah berkeluarga, Sahabat bisa mengajak mereka piknik ke tempat ini. Di sini, tersedia banyak wahana permainan yang seru untuk dimainkan. Baik anak-anak maupun dewasa. Semisal in line skate dan juga wall climbing.

Scientia Square Park juga dilengkapi sawah yang bisa bikin Sahabat dan keluarga belajar bercocok tanam. Ada pula beberapa koleksi hewan yang bisa diajak berinteraksi. Mulai dari burung hantu hingga kerbau.

  • Alamat : Jalan Scientia Boulevard. Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang, Banten 15810.
  • Jam Operasional : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 - 19.00 WIB, Sabtu, Minggu, dan Hari Libur pukul 06.00 - 19.00 WIB.
  • HTM : Rp 45.000 (weekdays), Rp 100.000 (weekend), Rp 900.000 (annual pass).

Telaga Biru Cisoka

Tempat wisata ini dulunya adalah bekas galian tambang yang berubah jadi danau buatan. Selama di tempat wisata ini, Sahabat bisa mengelilingi danaunya dengan sampan yang disewakan oleh pihak pengelola. Puas mengelilingi danau, Sahabat pun bisa beristirahat sejenak di tempat-tempat yang telah disediakan.

  • Alamat : Dusun Cigaru, Desa Cisoka, Tangerang, Banten 15730.
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 07.00 - 18.00 WIB.
  • HTM : Rp 7.000.

Taman Tebing Koja

Hampir sama dengan tempat wisata sebelumnya, tempat wisata ini juga dulunya dipakai sebagai lokasi penambangan. Ciri khas tempat wisata ini adalah adanya tebing besar yang berbentuk seperti Godzilla.

Tebing itulah yang bikin tempat wisata ini lazim dinamai Tebing Godzilla. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah sore hari. Di waktu itu, Sahabat bisa berdiri di atas tebing sambil memandangi indahnya senja.

  • Alamat : Cirendeu, CIkuya, Kecamatan Solear, Tangerang, Banten 15730.
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 05.00 - 18.00 WIB,
  • HTM : Rp 5.000.

Museum Benteng

Bagi yang mau wisata museum di Banten, Museum Benteng adalah tempat yang tepat buat dikunjungi. Museum yang merupakan restorasi bangunan khas Tionghoa ini akan memberi wawasan baru untuk Sahabat. Utamanya, soal sejarah orang Tionghoa di Indonesia.

Salah satu daya tarik museum ini adalah sebuah artefak yang berisi kedatangan Laksamana Cheng Ho. Dalam artefak itu, diceritakan kalau Laksamana Cheng Ho datang ke Indonesia bersama 30 ribu pengikutnya.

  • Alamat : Jalan Cilame No. 18 & 20, Pasar Lama, Tangerang, Banten 15118.
  • Jam Operasional : Selasa s.d. Minggu 10.00 - 17.00 WIB, Senin Libur.
  • HTM : Rp.10.000 - Rp 50.000.

Pasar Lama Tangerang

Kalau yang satu ini cocok buat Sahabat yang mau wisata kuliner lezat di Banten. Ada beberapa kios kuliner lezat yang layak dikunjungi selama di Pasar Lama Tangerang. Sate Haji Ishak, Siomay Benteng, dan Es Podeng DPN Varia adalah beberapa di antaranya. Selain lezat, sajian kuliner di kios-kios kuliner itu juga murah harganya.

  • Alamat : Jalan Kisamaun, Pasar Lama, Kecamatan Tangerang, Tangerang, Banten 15118.
  • Jam Operasional : Selasa s.d. Minggu pukul 16.00 - 22.00 WIB, Senin Libur.
  • HTM : Gratis.

Itulah sejumlah rekomendasi tempat wisata yang ada di Banten. Semoga bisa menjadi panduan untuk Sahabat yang mau piknik ke Banten.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Persiapan Wisata ke Air Terjun Telun Berasap untuk Berlibur dengan Keluarga

2021-01-21

Daya tarik wisata alam di Indonesia tidak hanya pantai dan pegunungan saja, loh. Ada banyak daya tarik wisata alam yang bisa sahabat temukan untuk berlibur bersama teman

thumbnail

Menengok Keindahan Pantai Merah Muda di Nusa Tenggara Timur

2021-01-21

Pantai Merah Muda merupakan salah satu keindahan alam yang tersimpan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Karena keindahannya ini lah Pantai Merah Muda menjadi salah satu tempa

thumbnail

Tempat Makan Murah dan 5 Tips Makan Hemat di Singapura

2021-03-24

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan modernisasi budayanya, sahabat mungkin ragu saat ingin pergi ke Singapura. Kalau mau jalan-jalan hemat di Singap

thumbnail

Mengenal Tari Saman Lebih Dekat: Sejarah, Makna Gerakan, dan Keunikannya yang Memukau

2021-02-15

Indonesia mempunyai beragam budaya, yang terbentang dari daerah Sabang hingga Merauke. Salah satu bentuk keragaman budaya ini bisa terlihat pada tari khas daerah masing