Logo Daihatsu
Menu

Rekomendasi Tempat Wisata di Surabaya Bagi Kaum Backpacker

Travel

2020-12-08

Monkasel, salah satu tempat wisata di surabaya

Tempat wisata di Surabaya merupakan daftar tempat yang bisa kamu kunjungi ketika plesir di Surabaya alias kota pahlawan. Sekarang ini menjadi seorang backpacker merupakan hal yang cukup umum ditemui terutama di daerah wisata dengan biaya akomodasi yang cukup mahal seperti di kota-kota besar seperti Jakarta, Denpasar dan Surabaya. Khusus untuk daerah Surabaya, walaupun harga makanan serta akomodasinya terbilang lebih murah dibandingkan kota-kota lainnya tapi tetap saja biayanya masih cukup mahal bagi kantung para backpacker. Untungnya, banyak tempat wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi dengan harga terjangkau sehingga tidak terlalu memberatkan.

Sebagai kota dengan predikat kota terbersih, Surabaya sangat peduli tentang kebersihan dan kerapihan tata kotanya. Maka tidak heran jika pemerintah kota Surabaya sedang giat-giatnya membangun banyak taman kota yang bisa digunakan oleh masyarakat umum secara gratis. 

Menariknya, banyak diantaranya dijadikan taman tematik yang unik sehingga kerap dijadikan tempat wisata edukatif. Berkat keberadaan banyak ruang terbuka hijau, banyak tempat wisata di Surabaya yang murah dan bagus untuk dinikmati para wisatawan. 

Beberapa contoh tempat wisata di Surabaya antara lain :

1. Hutan kota Pakal

Walaupun belum terlalu dikenal oleh masyarakat Surabaya sendiri namun taman yang dibangun sejak tahun 2008 ini tetap menarik minat wisatawan. Memiliki luas area sekitar 13 hektar menjadikan tempat ini memiliki begitu banyak tempat peristirahatan yang nyaman. Selain itu, seiring dengan bertambahnya waktu pemerintah setempat mulai menambah berbagai fasilitas lain seperti taman bermain, taman Bunga dan kolam ikan. 

Hal ini tentu patut diacungi jempol mengingat tidak banyak kota besar yang memiliki ruang terbuka hijau yang memadai. Selain penuh dengan pepohonan yang ditata apik, taman ini juga memiliki pembangkit tenaga biogas yang digunakan untuk keperluan taman sehingga lebih ramah lingkungan.

2. Hutan bambu  Keputih

Selain taman, Surabaya juga memiliki objek wisata berupa hutan bamboo seperti yang berada di Jepang. Menariknya, kawasan hijau yang sekarang ditumbuhi ribuan pohon bambu yang rimbun ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah yang kumuh. 

Setelah tempat tersebut ditutup dan diubah menjadi area hijau, kawasan ini mulai ditata untuk bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Jika Sahabat berkunjung kesana, Sahabat akan menemukan taman bunga sakura yang indah serta berbagai spot foto cantic yang sayang jika dilewatkan.

3. House of Sampoerna

Ingin wisata edukasi yang murah meriah? Sahabat bisa berkunjung ke tempat ini untuk mempelajari sejarah dan perkembangan industri rokok di tanah air. Menariknya, untuk bisa sampai kesana Sahabat bisa menggunakan bus gratis yang disediakan pemerintah setempat yang dikenal dengan nama Surabaya Heritage Track. Hal ini tentu sangat membantu bukan?

Di museum yang sengaja dibangun dengan arsitektur Jawa tradisional ini Sahabat tidak hanya belajar perkembangan rokok saja tapi juga turut dipamerkan beragam peralatan yang digunakan dalam produksi rokok sejak zaman dulu. Desain interior dan eksteriornya yang menarik menjadi tambahan bagi museum ini karena bisa dijadikan spot foto yang cantic.

4. De Javasche Bank

Jika museum bank pertama ada di Jawa Tengah maka di Surabaya, Jawa Timur terdapat museum mata uang yang juga sering dinamakan Museum Bank Indonesia. Museum yang dibuka pada tahun 2012 silam ini merupakan bangunan yang memiliki 3 lantai serta menampilkan sejarah sistem perbankan tanah air dengan sangat jelas. 

Museum ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu ruangan yang memuat koleksi mata uang lama, ruangan yang memuat koleksi yang direstorasi serta ruangan yang menyimpan harta budaya bangsa Indonesia. Selain karena sejarahnya, museum ini juga sangat direkomendasikan karena memiliki desain yang indah yang membuatnya kerap dijadikan spot untuk berfoto.

5. Mangrove Gunung Anyar

Jika Sahabat ingin wisata alam yang lain di Surabaya maka Sahabat bisa berkunjung ke hutan bakau ini. Sama seperti objek wisata serupa di Wonorejo, kawasan hutan bakau ini dikelola langsung oleh pemerintah kota Surabaya. Sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat yang berkunjung, di hutan ini telah disediakan walking track yang cukup panjang hingga menembus hutan.

Selain itu, di hutan ini juga disediakan berbagai spot foto menarik yang bisa Sahabat gunakan sesuka hati. Namun, Sahabat perlu mengingat untuk selalu berhati-hati, tidak membuat keributan serta jangan membuang sampah sembarangan karena hutan tersebut merupakan kawasan wisata alam pendidikan yang juga dihuni oleh berbagai fauna lainnya.

6. Kebun Bibit

Bagi yang menyukai binatang Sahabat harus mengunjungi tempat wisata ini. Sahabat bisa memberi makan kepada hewan seperti rusa yang sengaja dibiarkan bebas untuk berinteraksi dengan pengunjung. Di tempat tersebut Sahabat tidak hanya bisa berinteraksi dengan binatang secara gratis tapi juga sekaligus menikmati keindahan alam kawasan tersebut. 

Tempat wisata ini bisa dibilang sebagai tempat wisata ramah anak karena terdapat banyak fasilitas yang dibuat khusus untuk anak seperti permainan outbound dan area bermain  yang dikhususkan bagi anak kecil dan balita.

Selain wisata budaya dan alam sebenarnya terdapat juga berbagai tempat wisata kuliner yang terkenal namun sayangnya terkadang harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga Sahabat perlu menawar. Selain itu, Sahabat juga perlu berhati-hati dalam memilih tempat kuliner. Lebih baik Sahabat membeli di tempat-tempat terpercaya yang memiliki daftar harga pasti. Hindari juga berpenampilan berlebihan karena cuaca di kota tersebut bisa menjadi sangat panas. 

Itulah deretan tempat wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi secara gratis maupun berbayar. Walaupun berbayar tapi tarif untuk masuk kawasan tersebut dijamin tidak akan menghabiskan anggaran liburan Sahabat. Selalu ingat untuk selalu menaati peraturan yang berlaku di tiap objek wisata dan jangan sampai Sahabat merusak tanaman atau fasilitas umum hanya untuk berfoto-foto.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Rekomendasi Kuliner Medan yang Cocok Dinikmati saat Hujan. Halal dan Ramah Kantong!

2020-12-15

Medan adalah satu dari tiga kota terbesar di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya, yang memiliki kekayaan kuliner yang melimpah. Rasa khas seperti gurih, asam, manis,

thumbnail

Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat

2020-10-28

Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan a

thumbnail

Ini Berbagai Tempat Wisata di Manado yang Tidak Kalah Indahnya

2020-10-28

Jika berbicara Manado pasti pikiran Sahabat langsung tertuju pada pesona keindahan laut di Bunaken. Hal itu memang lumrah mengingat tempat wisata di Manado tersebut kera

thumbnail

Suguhan Eksotis dari Pantai Pintu Kota Ambon

2021-01-20

Pantai Pintu Kota Ambon, atau secara harfiah berarti gerbang kota pantai, terletak di Dusun Airlouw, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku.