Logo Daihatsu
Menu

Risiko Jika Karet Wiper Kaku Tetap Dipakai

Otomotif

2022-05-22

karet wiper kaku

Karet wiper biasa digunakan untuk membersihkan permukaan kaca mobil yang basah atau kotor. Dengan menggunakan wiper, Anda juga akan lebih mudah dalam membantu melihat jalan saat mengemudi dalam keadaan hujan. Lalu bagaimana jika karet wiper kaku?

Untuk menjaga visibilitas mobil Anda, maka kaca mobil Anda perlu dalam kondisi yang bersih. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa wiper mobil Anda. Jika karet wiper mobil Anda kaku, maka hal ini akan berdampak buruk pada kondisi mobil Anda.

Bagaimana Jika Karet Wiper Kaku Tetap Dipakai?

Wiper atau bilang penghapus kaca mobil memiliki peran yang sangat penting, terlebih saat musim penghujan. Melalui wiper, Anda akan terbantu untuk melihat jalanan dengan jelas saat diguyur hujan.

Biasanya karep wiper bertahan antara 6 sampai 12 bulan saja, hal ini sesuai dengan bagaimana penggunaan dan perawatannya. Bahkan jika Anda membeli mobil bekas, Anda juga perlu memeriksa bagaimana keadaan wipernya karena jika sudah kaku bisa merugikan mobil Anda.

Lalu bagaimana risikonya jika karet wiper kaku tetap dipakai? Berikut jawabannya!

1. Kemampuan untuk mengalirkan air tidak sempurna

Karet wiper mobil yang sudah kaku tentunya tidak memiliki fleksibilitas yang baik sehingga kemampuannya untuk mengalirkan air menjadi tidak sempurna. Pada hal fleksibilitas ini dibutuhkan untuk bisa menyeret air yang ada di permukaan kaca mobil Anda.

2. Mengurangi area pengeringan pada karet wiper

Selain kemampuannya dalam menyeka air mulai berkurang, karet wiper yang kaku juga dapat mengurangi luas bidang sekaan air. Hal ini karena bidang permukaan kaca yang melengkung tidak bisa dijangkau sepenuhnya oleh karet wiper yang kaku.

3. Tergerusnya kaca pada mobil

Risiko lain yang dapat terjadi jika kondisi karet wiper mobil Anda mulai kaki adalah tergerusnya kaca pada mobil Anda. Hal ini karena karet wiper yang sudah kaku akan menekan lebih kuat ke permukaan kaca saat terseret.

Apalagi jika ada kotoran yang menempel pada bilang karetnya pasti bisa memperparah gesekan pada kaca mobil Anda. Kondisi ini kemudian dapat berefek pada baretnya kaca mobil yang membentuk jejak bekas sekaan karet wiper Anda.

Jika bekas ini terkena air, maka akan ada bentuk atau bekas sekaan wiper yang dapat mengganggu visibilitas Anda sehingga kemampuan melihat jalanan saat hujan akan semakin berkurang karena kondisi kaca yang tidak jernih.

4. Tanda Wiper Mobil Anda Perlu Diganti

Setelah mengetahui bagaimana risiko yang ditimbulkan jika Anda masih menggunakan karet wiper yang kaku, maka Anda perlu segera mengganti karet wiper Anda dengan yang baru. Nah, sebelumnya Anda perlu mengenali tanda-tanda apa saja yang membuat Anda harus mengganti wiper mobil Anda, berikut penjelasannya!

1. Karet pisau akan rusak

Salah satu tanda bahwa wiper mobil Anda perlu diganti adalah terjadinya kerusakan pada karet pisau wipernya. Hal ini biasa terjadi karena paparan sinar UV yang menyebabkan karet wiper tidak menyentuh kaca mobil dengan sempurna.

2. Wiper meninggalkan goresan pada kaca

Tanda selanjutnya adalah wiper meninggalkan goresan pada kaca mobil Anda. Meskipun Anda sering membersihkannya, akan tetapi kotoran dan goresannya akan tetap tampak sehingga Anda perlu mengganti secepatnya.

3. Terdengar suara berdecit

Apakah Anda sering mendengar wiper Anda bercedit? Jika iya, maka hal ini menandakan bahwa seretan wiper yang melintasi kaca dan karet tidak menyentuh sempurna sehingga Anda perlu menggantinya.

4. Perekat karet mulai rusak

Perekat karet yang menahan bilang ke rangka pada wiper juga bisa rusak, lho! Karet yang terlepas hanya tertahan sebagian pada rangka wiper mobil Anda sehingga kinerjanya tidak maksimal.

Baca Juga: Manfaat Menguras Tabung Air Wiper Secara Rutin

Lengkapi Kebutuhan Sparepart Mobil Anda di Bengkel Daihatsu

Jika Anda mengalami kondisi seperti di atas, maka Anda bisa mengganti karet wiper mobil Anda sesegera mungkin. Hal ini tentu saja untuk menghindari berbagai risiko yang dapat ditimbulkan jika Anda tetap memakai karet wiper kaku pada mobil Anda.

Kenalilah tanda-tanda bahwa karet wiper Anda sudah tidak berfungsi dengan baik dan dapatkan wiper terbaik di bengkel Daihatsu kesayangan Anda.

Melalui kami di bengkel Daihatsu yang menyediakan berbagai sparepart mobil Daihatsu secara lengkap dan berkualitas.

Nikmati fasilitas booking service untuk berbagai kebutuhan service mobil Anda sekarang juga di bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati layanan service mobil di bengkel Daihatsu untuk mengoptimalkan kondisi mobil Anda! Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami hanya di www.daihatsu.co.id! Mari sayangi mobil Anda dengan melakukan service berkala!


Tag

Otomotif

Share This