Logo Daihatsu
Menu

Berikut Manfaat Menguras Tabung Air Wiper Secara Rutin

Otomotif

2021-08-31

tabung air wiper

Kebutuhan cairan wiper penting untuk membersihkan kaca depan/windshield mobil yang kotor. Sebagai perawatannya, Anda perlu menguras cairan wiper secara berkala. Manfaat menguras tabung air wiper ini secara umum yaitu untuk membersihkan kotoran yang menempel pada dinding tangki bagian dalam. 

Perawatan ini banyak disepelekan oleh pemilik mobil karena dirasa tidak terlalu penting. Padahal, tabung air wiper yang lama tidak dikuras dapat berakibat penyumbatan kotoran yang mungkin menumpuk pada pompa air wiper. 

Manfaat Menguras Tabung Air Wiper Rutin

Pada dasarnya air wiper dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil dengan cara menyempotkan air ke bagian kaca depan dan belakang. Sebelum membaca penjelasan tentang manfaat menguras tabung air wiper, Anda perlu mengetahui alasan perlunya menguras tabung air wiper.

Air wiper ini ditampung pada tabung khusus di balik kap mesin mobil. Saat mengisi air wiper, pemilik mobil biasanya menggunakan air biasa/air tanah. Hal ini tidak masalah selama perawatan berkala rutin dilakukan. Mengapa hal ini perlu?

Perlu Anda ketahui, penggunaan air biasa atau air keran rumah sebagai cairan wiper dapat memunculkan endapat kotoran apabila tidak di bersihkan secara berkala. Kotoran ini bisa berupa lumpur tipis atau lumut yang tumbuh dibagian dalam dinding tabung cairan wiper.

Sisa air tanah ini akan mengotori tabung air wiper sehingga mengakibatkan penyumbatan terutama pada pompa air wiper. Tentunya hal ini berpengaruh pada komponen sistem penyemprotan cairan wiper lainnya.

Jadi jangan lupa lakukan pengurasan pada tabung air wiper bila dirasa sudah kotor. Pemeriksaan kondisi cairan wiper sebaiknya dilakukan oleh teknisi pada saat service berkala agar terjamin perawatannya.

Perlunya Melakukan Langkah Menguras Tabung Air Wiper

Peran air wiper memang sangat penting. Dimana tabung reservoir akan di pompa secara elektrik untuk membasuh permukaan kaca saat dibersihkan oleh karet wiper. 

Penyemprotan air wiper akan terjadi jika tombol di area kemudi ditekan saat berkendara. Pengurasan tabung air wiper yang dilakukan rutin akan membawa manfaat berikut ini :

1. Menjaga fungsi wiper dan komponen pendukungnya

Keberadaan air wiper pada kendaaran tidak bisa diabaikan. Apalagi air wiper volumenya mulai berkurang segera lakukan lakukan pengisian dan cek kondisi tabungnya. Apakah ada kotoran atau endapan yang menempel?

Air wiper yang lama tidak difungsikan perlu dikontrol terutama batas volume air dan kualitas airnya. Sehingga fungsi wiper serta komponen pendukungnya seperti air, motor elektrik dan nosel dapat bekerja secara optimal.

2. Mencegah penyumbatan kotoran

Pengurasan tabung reservoir perlu dilakukan secara berkala. Terutama bagi Anda yang sering luput dan tidak menyadari tabung air wiper telah kosong dalam waktu lama. Padahal air wiper yang kosong atau hampir habis berisiko timbulkan kotoran yang bersarang.  

Oleh karenanya setiap melakukan pengisian air wiper jangan lupa rutin cek kondisi tabung air wiper. Apabila tinggal sedikit dan tampak kotor lebih baik lakukan pengurasan terlebih dahulu.

3. Semprotan air wiper menjadi lancar

Kondisi semprotan air wiper ke arah kaca kadang dipengaruhi oleh kebersihan tabung air wiper. Rutin menguras tabung wiper dapat memperlancar aliran air di selang hingga semprotan air wiper selalu lancar dan arah semburannya sesuai dengan keinginan.

Itulah sederet manfaat menguras tabung air wiper yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya fungsi pengurasan ini untuk menghindari penyumbatan kotoran dan menjaga kebersihan air wiper. 

Pengurasan air wiper sebaiknya dilakukan oleh tenaga service pada bengkel resmi untuk hasil maksimal. Di bengkel resmi Daihatsu, Anda bisa mendapat layanan gratis berupa booking service mobil cukup dengan isi form booking service di laman penawaran utama kami.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kelebihan Angin Ban Mobil Nitrogen

2021-12-30

Tekanan angin ban mobil bisa berpengaruh pada keseimbangan menahan beban. Selain itu, dapat membuat ban mobil lebih tahan lama. Dewasa ini,

thumbnail

Mengulik 5 Sistem Pengapian Mobil Beserta Fungsi Komponen Pentingnya

2021-01-14

Agar mobil dapat menyala, maka mesin dibuat dengan menyertakan ruang pengapian. Tujuannya agar terjadinya pembakaran yang akan menghasilkan tenaga pergerakan. Mungkin se

thumbnail

Penumpang Motor Nggak Pakai Helm, Bisa Dipidana Pasal 291 Ayat 2

2021-01-04

Pasal 291 ayat 2 merupakan aturan yang merujuk pada kedisiplinan setiap pengendara motor dalam menggunakan alat keselamatan saat berkendara. Jika ada penumpang yang mela

thumbnail

Info Lengkap Pemutihan Pajak Kendaraan Lampung 2023, Cek Jadwalnya!

2023-10-30

Informasi mengenai pemutihan pajak lampung wajib untuk diketahui bagi Anda yang mempunyai tempat tinggal di Lampung. Sebab keberadaan dari program inilah sangat pent