Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Roof Rail: dari Fungsi hingga Tips Pemasangan agar Mobil Tetap Aman
02 Februari 2021
roof rail

Roof rail adalah aksesoris mobil yang bisa membuat sehingga mobil tampak gagah. daripada lainnya yang tidak memilikinya. Namun, ada beberapa mobil yang tidak dilengkapi alat ini sehingga harus dipasang sendiri.

Tidak hanya sebagai aksesori untuk membuat mobil tampak keren loh, roof rail juga memiliki fungsi lebih dari itu. Untuk tahu lebih detail mengenai roof rail, Sahabat bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

Memiliki Dua Tipe untuk Dipilih

Roof rail memiliki dua jenis tipe yang terkenal, yaitu tipe C dan tipe flush mounted. Untuk tipe kedua biasanya akan menempel secara keseluruhan di bagian atap mobil. Tidak ada jarak sama sekali antara satu sama lain.

Tipe C berbentuk seperti busur panah. Tipe ini dipasang dengan jarak sehingga bagian tengahnya memiliki rongga beberapa sentimeter.

Roof Rail yang Multifungsi

Seperti yang sudah disebutkan di awal, alat ini memiliki banyak fungsi, tidak hanya untuk aksesori memperindah penampilan mobil. Fungsi berguna yang paling utama adalah untuk menyanggah roof rack dan roof box dan dua benda ini bisa menjadi bagasi tambahan mobil di bagian atap.

Biasanya, pemasangan roof rack atau roof box akan banyak dilakukan ketika mobil digunakan untuk bepergian jauh dan membawa banyak barang bawaan, seperti ketika mudik. Nah, di sinilah kehadiran roof rail sangat berguna.

Bisa Dibeli Terpisah dan Dipasang Mandiri

Memang tidak semua mobil memiliki roof rail karena berbagai alasan. Alat ini dianggap sebagai aksesori tambahan padahal memiliki fungsi yang tidak bisa dimungkiri begitu penting.

Jika mobil sahabat tidak memiliki roof rail bawaan, Sahabat bisa membelinya sendiri dan dipasang mandiri. Untuk pemilihan yang tepat sesuai dengan jenis mobil, perhatikan tidak hanya jenisnya, tetapi keamanannya ya.

Perhatikan juga tentang material sehingga bisa tahan lama sehingga tetap aman digunakan dalam jangka waktu lama dan perjalanan panjang. Pertimbangan yang paling krusial adalah tujuan pemasangan.

Jika Sahabat hanya ingin menggunakannya sebagai hiasan sehingga mobil lebih terlihat estetik tentu saja berbeda dengan tujuan untuk fungsi lain. Jika ingin untuk membawa barang tambahan sehingga bisa menyangga roof rack dan roof box lebih kuat, Sahabat harus memperhatikan berapa beban yang bisa ditanggung.

Teknik Memasang Roof Rail

Merawat mobil tentu saja tidak mudah, bukan? Penambahan aksesori lain yang tidak ada secara bawaan justru bisa merusak tampilan mobil. Nah, begitu juga dengan pemasangan roof rail. Sahabat harus memperhatikannya dengan baik.

Ada beberapa cara pemasangan alat ini sehingga bisa dipertimbangkan dengan jenis mobil yang Sahabat miliki. Beberapa teknik ini bisa Sahabat pelajari untuk referensi pemilihan yang cocok untuk mobil Sahabat.

1. Dibor

Untuk teknik dengan cara dibor adalah jenis roof rail yang terbuat dari besi dan titanium. Bahannya yang begitu keras sehingga tidak akan kuat jika hanya dijepit dengan bodi mobil. Efek buruknya adalah mobil bisa mengalami kebocoran ketika hujan.

2. Dijepit

Bahan roof rail sama-sama besi, tetapi tidak begitu kuat untuk menahan beban berat sehingga aman jika pemasangannya hanya dijepit pada rangka atap mobil. Namun, efek negatifnya adalah atap mobil bisa bengkok karena tarikan dari roof rail.

3. Dilem

Teknik pemasangan lain adalah dengan cara dilem pada atap mobil. Lem yang digunakan biasanya adalah jenis sealer karena roof rail terbuat dari bahan fiber dan serat karbon. Lebih ringan memang, tetapi tidak bisa menahan beban yang begitu berat seperti yang berbahan besi atau alumunium.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Sahabat pelajari mengenai roof rail, mulai dari material hingga teknik pemasangan. Yang pasti, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan roof rail untuk mobil yang tidak ada secara bawaan, yaitu jenis mobil dan tujuan pemasangan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku