Logo Daihatsu
Menu

Rute ke Bromo dengan Mobil Pribadi

Travel

2020-10-28

rute bromo

Bromo adalah salah satu kawasan wisata alam di Jawa Timur yang banyak dipilih baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Kawasan wisata alam yang juga menyajikan wisata budaya seperti peninggalan Pura di sekitarnya ini bisa Sahabat kunjungi menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Tentunya Sahabat harus memahami rute ke Bromo dengan mobil pribadi terlebih dahulu agar dapat sampai dengan aman ke kawasan wisata Jawa Timur ini.

Selain memahami rute untuk menuju ke Gunung Bromo menggunakan mobil pribadi, hal berikutnya yang harus Kamu pahami adalah spesifikasi mobil Kamu. Pasalnya, jika niat Sahabat adalah membawa mobil tersebut untuk menyebrangi hingga lautan pasir Bromo, maka tentu tidak semua jenis mobil kuat untuk dibawa sampai ke lautan pasir Bromo tanpa berakhir “menyusahkan”

Pilihan Rute ke Bromo Menggunakan Mobil Pribadi

Sebenarnya, ada setidaknya tiga rute yang tersedia untuk bisa sampai ke kawasan wisata Bromo yakni via Pasuruan, Malang ataupun Probolinggo. Dari ketiga jalur ini ada positif dan negatifnya. Namun untuk pilihan berkendara menggunakan mobil, maka lebih disarankan lewat Probolinggo karena via Pasuruan dan Malang jalurnya lebih ekstrem meski memang tidak memakan waktu lama.

Namun kalau supir memang sudah cukup berpengalaman, maka mencoba jalur ekstrem sebenarnya sah-sah saja. Sementara untuk jalur dari Probolinggo, maka jalur ini memang lebih jauh namun lebih aman terutama untuk kendaraan mobil. Rute menuju Bromo lewat Probolinggo tidak terlalu berkelok-kelok sehingga cenderung lebih aman.

Selain itu, kini juga sudah ada tol Probolinggo dengan pintu keluar yang cukup dekat ke wisata Gunung Bromo. Sehingga Sahabat bisa langsung melajukan kendaraan mobil menuju kawasan wisata Bromo atau setidaknya mencapai area Cemoro Lawang untuk jenis mobil tertentu. Rute melalui jalur Probolinggo ini maka akan melewati pemukiman warga di desa Sukapura. 

Setelah melalui Desa Sukapura, maka Sahabat akan menemukan spot pertama yaitu area pasir Bromo apabila Kamu memilih turun. Namun tentu saja tidak semua mobil akan dibolehkan turun oleh pengelola wisata. 

Pertimbangan Memilih Jenis Mobil Pribadi ke Gunung Bromo

Untuk mobil biasa sebenarnya sah-sah saja digunakan untuk ke Bromo namun tentunya tidak bisa melebihi area Cemoro Lawang. Pasalnya, untuk area lautan pasir, maka mobil spesifikasi biasa tidak akan kuat dan nantinya malah akan terjebak di tengah lautan pasir. Spesifikasi minimal mobil yang ingin digunakan untuk menyebrangi lautan pasir adalah:

  1. Spesifikasi mobil besar seperti Jeep, Trooper, Taft, Cherokee dan yang serupa spesifikasi standarnya
  2. Kapasitas mesin mobil berkisar 2200 cc dan 2400 cc agar tenaganya lebih besar ketimbang mobil dengan kapasitas mesin lebih rendah
  3. Ban besar dengan spesifikasi bergerigi yang khusus digunakan untuk offroad.

Sebenarnya untuk di area Bromo sendiri para pengelola sudah menyediakan sekitar ratusan unit Jeep yang bisa disewa para pengunjung. Jika mobil Sahabat mobil pribadi, maka para pengelola wisata akan langsung memberhentikan Sahabat di titik tertentu menuju jalur Bromo. Pasalnya, memang tidak semua jenis mobil dibolehkan masuk ke area Bromo jika mobil itu tidak memenuhi standar spesifikasi. 

Pahami plus dan minus setiap rute ke Bromo dengan mobil pribadi di atas. Tentunya Sahabat disarankan memilih rute yang aman meski memakan waktu lebih lama yakni melalui Probolinggo. Sahabat juga harus mengecek kondisi mobil apakah dalam kondisi memungkinkan untuk bepergian jauh. Sementara untuk berkeliling area Bromonya sendiri, disarankan menyewa Jeep saja yang ada di sana agar lebih aman.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

7 Surga di Nusa Penida yang Memanjakan untuk Melakukan Snorkeling

2020-12-01

Nusa Penida merupakan pulau yang masuk ke dalam bagian Pulau Dewata. Pulau ini begitu indah dengan berbagai wisata lautnya loh. Nusa Penida terletak di Bali bagian Tenggara yang dipisahkan oleh Sel

thumbnail

25 Rekomendasi Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Lezat

2021-01-31

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Surabaya menjadi surganya bagi para pecinta kuliner. Beragam masakan dengan rasa yang lezat dan unik dijamin bikin Anda ke

thumbnail

5 Tips Liburan ke New Zealand Naik Campervan

2020-12-23

Liburan ke New Zealand naik campervan adalah cara berlibur viral setelah keluarga Agus Ringgo, Tarra Budiman, dan Ayudia Bing Slamet melakukannya akhir 2019 lalu.

thumbnail

Pantai Ratu, Pantai Baru yang Indah dari Desa Tenilo

2021-01-21

Bagi yang ingin berkunjung ke pantai yang tergolong baru, Pantai Ratu bisa menjadi pilihan. Pantai yang baru diresmikan pada 2019 ini menawarkan panorama yang tak kalah