Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Selimut Aki Mobil

Otomotif

2022-05-22

selimut aki mobil

Selimut aki mobil merupakan sebuah alat atau aksesoris mobil yang berfungsi dalam menginsulasi mobil saat malam hari. Tujuannya adalah untuk membantu menjaga agar aki agar tetap hangat.

Tak hanya itu, aksesoris mobil yang kadang disepelekan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Lalu apa saja manfaat tersebut? Untuk mengetahui informasi lengkapnya baca artikel di bawah ini ya!

3 Manfaat Selimut Aki Mobil

Selimut aki merupakan satu produk aksesoris mobil yang cukup unik. Aksesoris ini masuk dalam komponen perawatan aki agar bisa lebih awet.

Bahan dasar pembuatan selimut aki ini adalah kombinasi bahan fabric dan serat kaca. Hingga memiliki kemampuan untuk menahan panas. Fungsi utama dari selimut aki mobil adalah menjaga aki mobil dari paparan panas mesin.

Terutama saat sedang bekerja atau berjalan. Dengan adanya selimut ini maka suhu aki akan tetap stabil. Apalagi kondisi negara Indonesia yang tropis dan kaya akan sinar matahari.

Kondisi ini tentu saja berpengaruh pada keadaan aki dalam mobil. Panas berlebih dari ruang dan ditambah panas matahari akan membuat umur aki lebih pendek. Padahal harga untuk mengganti aki mobil tidaklah murah.

Karena itulah aksesoris selimut ini sangat perlu untuk melindungi aki mobil Anda. Aksesoris untuk perawatan aki ini memiliki model atau bentuk seperti bungkus sebuah kotak.

Pada bagian samping dan bawah modelnya tertutup, sedang bagian atas terbuka. Posisi terbuka ini untuk memudahkan pemasangan kabel aki positif (+) dan negatif (-).

Ukuran selimut tidak universal, sehingga bila ingin membelinya Anda harus menyesuaikan dengan dimensi aki Anda.

Umumnya pemasangan selimut aki ini tepat pada bagian aki dengan posisi menutup atau menyelimuti bagian bawah serta casing aki.

Sehingga aki dapat terhindar dari panas mobil yang bisa berdampak langsung pada sel – sel aki. Lalu selain fungsi utama tadi, apa saja manfaat selimut aki ini? berikut ulasannya :

Menjaga Sel – Sel Yang Ada Dalam Aki

Manfaat pertama dari selimut aki untuk mobil adalah menjaga sel – sel yang ada dalam aki dari panas ruang mesin yang tinggi. Dengan adanya selimut aki ini, maka paparan panas mesin tidak akan langsung mengenai pada sel aki.

Sehingga, sel aki akan terlindungi dan bisa memperpanjang daya pengubah listrik dari cairan elektrolit.

Memperpanjang Umur Pakai Aki

Menggunakan selimut aki dipercaya bisa memperpanjang umur pakai aki. Pasalnya sel-sel yang ada pada aki terlindungi dari paparan panas mesin secara langsung. Apalagi jika kendaraan tersebut memiliki mobilitas yang tinggi.

Mobilitas tinggi dapat membuat kondisi sel aki seperti dalam oven panas. Dengan kondisi panas ini akan membuat aki mati dan cepat rusak. Karena itulah, sangat baik jika menyediakan selimut aki untuk melindungi aki mobil Anda dari panas berlebihan.

Sistem Kelistrikan Mobil Menjadi Lebih Stabil

Berdasarkan fungsi utamanya, selimut ini dapat mengurangi suhu panas aki yang mendapat paparan panas dari ruang mesin. Dengan suhu yang tidak panas, maka sel-sel dalam aki menjadi awet.

Sel-sel yang awet ini otomatis akan memperpanjang kerja kelistrikan sebuah mobil menjadi tetap stabil. Dengan sel yang awet ini juga, aki bisa memperpanjang umur pakai aki.

Manfaat Selimut Aki Mobil dari Daihatsu

Daihatsu juga menyediakan aksesoris selimut aki untuk mobil yang bisa Anda manfaatkan pada kendaraan Anda. Jika tertarik dengan produk aksesoris ini silahkan mengunjungi website kami.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk ini berikut harganya. Demikianlah ulasan mengenai selimut aki mobil untuk Anda ketahui. Mudah-mudahan informasi ini berguna dan menambah pengetahuan Anda. Terima kasih.


Tag

Otomotif

Share This