Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Sudah Tahu Cara Setel Karburator Mobil Biar Lebih Irit?
30 Desember 2020
cara setel karburator mobil biar irit

Karburator termasuk salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting, karena bertugas mengabutkan bahan bakar yang kemudian diolah menjadi tenaga untuk mengoperasikan mesin kendaraan. 

Dengan kata lain, karburator memegang peranan penting untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi. Namun bagaimana cara setel karburator mobil biar irit ?

1. Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menyetel karburator agar tetap irit, adalah menyiapkan sejumlah peralatan pendukungnya terlebih dahulu. 

Beberapa alat tersebut terdiri dari tisu kertas, tang, dan obeng pipih. Beruntungnya beberapa alat yang perlu disiapkan merupakan alat dasar yang wajib dimiliki pemilik kendaraan.

2. Mengatur Campuran Bahan Bakar dan Udara

Ketika semua peralatan sudah dipersiapkan, pastikan kembali bahwa mesin kendaraan dalam keadaan off dan buka kap mesinnya. 

Untuk mengetahui letak filter udaranya, silahkan manfaatkan sekrup lalu mulai melepaskan filter udaranya secara keseluruhan sebagai bagian dari cara setel karburator mobil biar irit.  

Ketika berhasil membuka filter udaranya, mulailah mencari posisi baut yang berfungsi untuk mengatur udara. Jangan sampai keliru karena terdapat dua baut dengan fungsi berbeda. 

Putar baut menggunakan obeng pipih agar campuran bahan bakar dan udara yang ada di dalam karburatornya menyatu sempurna serta memiliki jumlah seimbang. 

Apabila dirasa cukup, silahkan hidupkan mesin kendaraan dan tunggu hingga mencapai suhu normal dengan cara melihat jarum temperaturnya. Setelahnya coba injak pedal gas sambil mendengarkan suara yang dihasilkan dari mesinnya. 

Ketika angka RPM cukup tinggi dan mesinnya mengeluarkan bunyi denting, dipastikan bahwa campuran udara dan bahan bakarnya terlalu sedikit. 

Baca juga: Cara Kerja Karburator Mobil

3. Setel Sekrup dengan Benar

Langkah selanjutnya yaitu menyetel kedua sekrupnya untuk mencampurkan kedua bahan tersebut hingga memiliki takaran sempurna, dengan cara memutar sekrup perlahan dan tempatkan pada posisi pas. 

Putar kedua sekrup tersebut dari arah yang berlawanan dengan arah jarum jam, sebelum balas putaran selanjutnya secara bertahap.  

Setelahnya kencangkan kembali sekrupnya hingga mesin terdengar lebih halus dibandingkan sebelumnya. 

Ketika suara mesinnya tidak terlalu kasar, silahkan pasang kembali filter udaranya pada posisi semula. Bukankah cara setel karburator mobil biar irit ini cukup mudah diterapkan?

4. Mengatur Putaran Stasioner 

Ternyata tugas masih belum selesai sampai disana, karena Anda harus mengatur putaran stasionernya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Pertama tama, silahkan temukan kabel gas beserta sekrup pengaturnya dengan cara mengurutkannya dari arah pedal gas menuju karburator mesinnya. 

Silahkan starter kendaraan hingga mencapai suhu normal, karena panas yang dihasilkan mesinnya membuat proses penyetelan berjalan optimal. 

Kemudian kencangkan sekrup yang berfungsi untuk mengatur gas dengan cara memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam, namun pastikan putaran tidak melebihi setengah putaran atau bahkan lebih. 

Apabila tidak menemukan perubahan suara, silahkan lakukan penyetelan ulang sebagai solusi cara setel karburator mobil biar irit. Sebelum melakukan penyetelan ulang, tunggulah sekitar 30 detik agar mesin tidak terkejut. 

Menyadari bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan cukup boros, maka jangan menunda untuk mengikuti langkah di atas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Dengan mengikuti setiap instruksi yang diberikan, dijamin karburator irit bahan bakar sekaligus menjaga performanya tetap terjaga. 

Lakukan penyetelan karburator secara rutin untuk hasil maksimal. 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu 5 Penyebab RPM Mobil Karburator Naik Turun

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku