Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek Terbaru 2024 dan Rutenya
02 Agustus 2023
Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek Terbaru 2024 dan Rutenya

Bagi Anda yang kerap melalui jalur ini, maka sangat penting mengetahui berapa tarif jalan tol Jakarta Cikampek. Dengan mengetahui tarif tersebut, sebelum berangkat Anda dapat mengisi saldo e-toll terlebih dahulu sehingga dalam perjalanan akan menjadi lebih lancar.

Perubahan Tarif Jalan Tol

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama, ada satu hal yang perlu Anda ketahui, yakni tarif yang akan dijelaskan nantinya sangat mungkin berubah-ubah tergantung kebijakan. Pasalnya, tol Jakarta Cikampek memang sering mengalami perubahan sejak pertama kali diresmikan.

Perubahan tarif tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kondisi ekonomi, adanya renovasi jalan, perubahan rute, dan perubahan ruas jalan. Meski begitu, biasanya perubahan tidak akan terjadi secara signifikan. 

Tarif Jalan Tol Jakarta-Cikampek Terbaru

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa tarif jalan tol beserta wilayah dan golongan kendaraan. Kendaraan golongan I adalah pick up, truk kecil, jip, sedan, dan bus. Sementara itu, golongan II hingga V adalah jumlah gandar pada truk.

1. Wilayah 1

Wilayah 1 dimulai dari Simpang Susun Cawang hingga Pondok Gede Barat dan Timur. Bagi Anda pengguna golongan I mendapat tarif paling rendah yakni Rp4.000, lalu golongan II Rp6.000, golongan III Rp6.000, golongan IV Rp8.000, dan golongan V Rp8.000.

2. Wilayah 2

Wilayah 2 atau Simpang Susun Cawang – Cikarang Barat berkisar antara Rp7.000 hingga Rp14.000. Untuk lebih lengkapnya, golongan I dikenai tarif Rp7.000, golongan II Rp10.000, golongan III Rp10.500, dan golongan IV serta V Rp14.000.

3. Wilayah 3

Selanjutnya adalah wilayah 3 atau Simpang Susun Cawang menuju Karawang Barat. Golongan I dikenakan tarif Rp12.000. Sementara itu, golongan II dan III adalah Rp18.000. Terakhir, golongan IV dan V sama-sama Rp24.000.

4. Wilayah 4

Terakhir adalah wilayah 4 atau Simpang Susun Cawang menuju Cikampek. Golongan I atau mobil transportasi umum mendapatkan tarif Rp20.000, golongan II dan III Rp30.000, serta golongan IV dan V adalah Rp40.000. Sekali lagi, semua tarif di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu sehingga Anda perlu rutin melakukan pengecekan setiap hendak bepergian.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Terbaru 2024 dengan Golongannya

Tips Berkendara di Jalan Tol

Sekarang Anda sudah mengetahui daftar tarif untuk jalan tol Jakarta Cikampek. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar lancar berkendara di jalan tol.

1. Menjaga jarak dengan kendaraan lain

Menjaga jarak adalah hal penting yang harus selalu dilakukan saat berkendara. Dengan begitu, Anda memiliki segenap waktu untuk reflek apabila mobil di depan tiba-tiba rem mendadak sehingga mencegah terjadinya kecelakaan.

Selain menjaga jarak dengan mobil di depan, Anda juga perlu memperhatikan kendaraan di samping. Jangan berkendara terlalu mepet dengan mobil di samping guna menghindari benturan samping yang berakibat fatal.

2. Gunakan jalur kiri untuk kecepatan rendah

Apabila Anda ingin berkendara dengan lebih santai atau kecepatan rendah, sebaiknya ambil jalur kiri agar tidak mengganggu pengendara lainnya. Meski begitu, perhatikan juga batas minimal kecepatan sesuai rambu-rambu yang tertulis.

3. Hindari rem mendadak

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan sehingga semua kendaraan akan melaju dengan kecepatan tinggi secara konstan. Oleh karena itu, jangan sekali-kali melakukan pengereman mendadak karena dapat menyebabkan mobil di belakang kaget dan menabrak meskipun jaraknya cukup jauh.

Apabila mengalami masalah seperti kaca tertutup benda atau hal lain, tetap tenang dan perhatikan kendaraan di belakang. Apabila memungkinkan, segera pindah jalur ke kiri dan kurangi kecepatan hingga berhenti. Cara ini akan jauh lebih aman dan meminimalkan terjadinya kecelakaan.

Setelah mengetahui tarif jalan tol Jakarta Cikampek di atas, kini Anda sudah bisa mempersiapkan perkiraan biaya yang diperlukan. Dengan begitu, saat perjalanan nantinya akan menjadi lebih lancar.

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor