Logo Daihatsu
Menu

Tempat Wisata di Jambi yang Direkomendasikan

Travel

2021-01-18

bukit khayangan

Tempat wisata di Jambi merupakan tujuan utama bagi wisatawan yang berkunjung di Jambi dan sekitarnya. Tak hanya wisatawan dari luar Jambi, masyarakat Jambi pun turut meramaikan berbagai tempat wisata yang ada di sana.

Jambi memiliki tempat wisata yang variatif. Ada yang berupa taman, tugu, bukit, danau, pemandangan gunung, museum, air terjun, dan sebagainya. Bagi Sahabat yang sedang berkunjung ke Jambi, sempatkan yah mengunjungi beberapa tempat wisata di Jambi berikut ini.

1. Taman Rimba Zoo Jambi

Tempat wisata di Jambi yang pertama adalah Taman Rimba Zoo Jambi. Meski sempat tutup di awal pandemi, kini Taman Rimba Zoo ini buka kembali loh. Bagi masyarakat Jambi, taman ini sangat menyenangkan. Mereka bisa melihat berbagai hewan langka seperti pelikan laut, burung rangkok, beruang hitam, bangau, rajawali, burung unta, dan sebagainya.

Selain sebagai sarana menghibur diri, Taman Rimba Zoo ini juga bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak. Jika Sahabat ke sana dengan anak-anak, bawa juga yah ke Taman Rimba Zoo ini.

Alamat: Talang Bakung, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36127

Harga Tiket: Rp 5.000 (dewasa) dan Rp 3.000 (anak-anak)

Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIB

2. Jembatan Gentala Arasy

Salah satu ikon kota Jambi adalah Jembatan Gentala Arasy. Jembatan ini terbentang melintasi Sungai Batanghari. Masyarakat setempat seringkali menggunakan Jembatan Gentala Arasy ini untuk cuci mata. Sahabat akan melihat banyak orang di jembatan ini ketika musim liburan datang. Beberapa orang menggunakan jembatan ini untuk melihat keindahan matahari terbenam di sore hari.

Alamat: Kasang, Kec. Jambi Tim., Kota Jambi, Jambi 36123

Harga Tiket: -

Jam Buka: 24 jam

3. Taman Wisata Jambi Paradise

Jika Sahabat ingin suasana yang asri, Sahabat bisa mengunjungi Taman Wisata Jambi Paradise. Di sana Sahabat akan menemukan banyak wahana seru, permainan anak-anak, dan spot foto yang instagramable.

Di sana juga ada wahana air seperti penyewaan boat, perahu, sepeda air, dan balon air. Sangat cocok untuk Sahabat yang ingin berlibur dengan keluarga.

Alamat: Simpang Acai, Kb. IX, Sungai Gelam, Kota Jambi, Jambi 36361

Harga Tiket: Rp 20.000 (Senin-Jumat) dan Rp 30.000 (Sabtu-Minggu)

Jam Buka: 09.30 - 18.00 WIB

4. Taman Wisata Kampoeng Radja

Taman wisata yang satu ini memiliki banyak arena bermain seperti mobil buggy, flying fox, sepeda air, dan lain-lain. Nuansa alam dan wahana outbound-nya cocok sekali jika Sahabat berlibur ke sana bersama keluarga.

Alamat: Jl. Lkr. Barat 3 No.108, Kenali Besar, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36361

Harga Tiket: Rp 35.000 (Senin-Jumat) dan Rp 45.000 (Sabtu-Minggu)

Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

5. Tugu Keris Siginjai

Untuk Sahabat yang ingin berwisata kuliner di Jambi, Sahabat bisa menikmati banyak sajian kuliner di sekitar Tugu Keris Siginjai seperti sate kacang, sate padang, bakso, dan sebagainya. Tugu memang menjadi ikon kota Jambi sekaligus tempat nongkrong kawula muda di malam hari.

Alamat: Paal Lima, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi 36129

Harga Tiket: -

Jam Buka: 24 jam

6. Bukit Khayangan, Sungai Penuh, Kerinci

Menikmati alam dengan pemandangan yang luas dan menentramkan bisa Sahabat temui dengan mengunjungi Bukit Khayangan. Sahabat juga bisa menemukan banyak spot indah dan layak diunggah di Instagram di tempat ini.

Alamat: Renah Kayu Embun, Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

Harga Tiket: Rp 10.000 (motor) dan Rp 50.000 (mobil)

Jam Buka: 24 jam

7. Candi Muaro Jambi

Menapaktilasi peninggalan sejarah Hindu-Budha di Indonesia memang seru. Salah satunya adalah Candi Muaro Jambi. Di tanah seluas 3981 hektar ini, Sahabat bisa mengeksplorasi peninggalan sejarah di Jambi ini. Sahabat juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi kompleks candi ini.

Alamat: Renah Desa muara jambi, Maro Sebo, Muaro Jambi, Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36382

Harga Tiket: Rp 9.000

Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB

8. Tugu Macan

Ingin menikmati udara sejuk sambil menikmati keindahan alam Gunung Kerinci? Sahabat bisa mampir ke Tugu Macan. Tugu yang satu ini sangat digandrungi oleh para pendaki karena dari tugu ini Sahabat bisa melihat keindahan Gunung Kerinci.

Alamat: Jl. Lintas Sungai Penuh No.16, Kersik Tuo, Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi 37163

Harga Tiket: - 

Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB

9. Taman Anggrek Sri Sudewi

Sahabat pecinta anggrek? Taman Anggrek Sri Sudewi termasuk taman yang memiliki koleksi jenis anggrek dan terbilang lengkap. Sahabat bisa datang bersama keluarga untuk menikmati pemandangan anggrek dan menikmati wahana yang tersedia untuk anak-anak.

Alamat: Jl. A Yani, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361

Harga Tiket: Rp 9.000

Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB

10. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Penamaan Bukit Tiga Puluh ini berasal dari jumlah bukit sebelah Riau 15 tingkat dan jumlah bukit sebelah Jambi 15 tingkat. Taman ini juga merupakan taman hutan yang masih terlindungi. Sahabat bisa menemukan banyak satwa tersebar di sana.

Alamat: Rantau Langsat, Kec. Batang Gangsal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau 29355

Harga Tiket: Rp 15.000

Jam Buka: -

11. Air Terjun Telun Berasap

Sahabat rindu melihat pelangi? Sahabat bisa melihat pelangi dengan mudah di Air Terjun Telun Berasap ini saat siang hari dan matahari terik. Keindahan alam yang asri disertai gemericik air terjun sangat cocok untuk menenangkan diri dari kesibukan sehari-hari.

Alamat: Telun Berasap, Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi 27778

Harga Tiket: Rp 10.000

Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

12. Danau Kaco

Jika Sahabat pencinta alam dan suka tantangan, Sahabat bisa mengunjungi Danau Kaco. Tidak mudah untuk sampai ke danau ini. Setidaknya Sahabat perlu berjalan kaki sekitar 3 jam untuk bisa menikmati birunya danau ini. Jika kondisi fisik Sahabat tidak begitu bagus, lebih baik jangan yah.

Alamat: Dusun Baru Lempur, Gunung Raya, Kerinci, Kota Jambi

Harga Tiket: Rp 5.000

Jam Buka: -

13. Taman Nasional Berbak

Bagi Sahabat yang ingin mengunjungi Taman Nasional Berbak ini disarankan untuk berkunjung di bulan Maret hingga November. Tempat ini masih berupa rawa yang jarang sekali terjamah oleh manusia.

Alamat: Kab. Tanjung Jabung, Tanjung Jabung, Kota Jambi

Harga Tiket: Rp 10.000

Jam Buka: -

14. Danau Kerinci

Bagi Sahabat yang ingin menikmati hembusan angin dan indahnya matahari tenggelam, Sahabat bisa berlibur di Danau Kerinci. Di sana juga terdapat banyak homestay yang nyaman untuk diinapi bersama keluarga tercinta.

Alamat: Kabupaten Kerinci, Jambi

Harga Tiket: Rp 4.000 (dewasa) dan Rp 2.000 (anak-anak)

Jam Buka: -

15. Museum Siginjai Jambi

Jika Sahabat suka dengan peninggalan sejarah, Sahabat bisa mengunjungi Museum Siginjai Jambi. Di sana Sahabat akan menemukan banyak arca, kalung emas, medali, dan barang bersejarah lainnya.

Alamat: Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36124

Harga Tiket: Rp 3.000 (dewasa) dan Rp 1.000 (anak-anak)

Jam Buka: -

Itulah beberapa tempat wisata di Jambi yang direkomendasikan saat Sahabat mampir atau berlibur ke sana. Semoga info ini bermanfaat yah. Selamat liburan.

Penulis: Iskael


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ternyata Traveling Ampuh Atasi Rasa Galau dan Kurang Piknik!

2020-10-28

Kamu sedang galau? Eiits.. Galau bukan hanya persoalan percintaan saja, bisa saja kamu galau karena terlalu banyak tekanan dalam bekerja atau tekanan dalam kehidupan seh

thumbnail

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling

2020-10-28

Melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru pasti sangat menyenangkan. Selain mendapat pengalaman baru, kamu juga refreshing atas kepenatan dunia kerja dan rutinitas seha

thumbnail

Ketahui Persebaran Hutan Hujan Tropis di Indonesia Serta Flora dan Faunanya

2021-01-31

Sudah bukan jadi rahasia umum lagi, jika hutan merupakan salah satu kawasan yang memegang peranan sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan makhluk hidup. 

thumbnail

Deretan Festival Unik di Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan

2021-04-20

Selain wisata alam, daya tarik lainnya yang ada di Jepang adalah festival. Hampir di tiap waktunya, Negeri Sakura tak henti-hentinya menyelenggarakan festival. Tak sedik