Logo Daihatsu
Menu

Tidak Perlu ke Luar Negeri, Tips Liburan dengan Campervan di Indonesia

Travel

2020-12-23

Campervan

Liburan dengan campervan adalah cara berwisata yang viral sebelum pandemi. Namun, cara berwisata ini ternyata semakin viral loh di saat new normal. Sebab, berlibur dengan campervan justru lebih berjarak karena tidak sering bersentuhan dengan transportasi umum bahkan penginapan karena semuanya dilakukan dalam campervan.

Awalnya, berlibur dengan campervan marak dilakukan di luar negeri. Ternyata, kita bisa liburan dengan campervan di Indonesia loh.

Lokasi yang dituju biasanya adalah daerah yang memiliki ruang luas hijau atau bahkan pantai. Beberapa kota metropolitan yang bisa dijadikan tujuan untuk liburan dengan campervan di Indonesia adalah Bali, Yogyakarta, Malang, hingga Majalengka.

Harga Sewa Campervan di Indonesia

Liburan dengan campervan memang tidak bisa dibilang murah dan sederhana. Biaya yang cukup menguras kantong dan keribetan karena harus diurus sendiri mulai dari menyetir hingga menyajikan makanan membuat berlibur dengan campervan terbilang ribet. Akan tetapi, semua keribetan itu akan terbayar karena keasyikannya.

Di Indonesia, harga sewa campervan dimulai dari harga Rp800.000 untuk waktu sewa seharian penuh. Fasilitas di dalamnya lumayan lengkap, mulai dari bagian untuk tidur, televisi, toilet mini, hingga dapur kecil.

Tiap tempat penyewaan campervan akan menetapkan aturan secara berbeda. Namun, yang pasti, harga sewa akan dihitung dalam kurun waktu per 24 jam sehingga terasa adil bagi penyewa dan pemilik.

Siapkan Rute Perjalanan dengan Matang

Penyewaan campervan yang dihitung harian membuat penyewa harus memanfaatkan waktu sewa sepandai mungkin. Karena semakin lama akan semakin tinggi biayanya, sebaiknya rencanakan rute perjalanan dengan matang.

Diskusi dengan teman atau keluarga yang ikut berlibur dengan campervan akan ke mana saja. Pilih rute yang saling terhubung dan memakan waktu sesingkat mungkin. Jika sudah, kalian akan bisa memperkirakan waktu sewa dan menyiapkan dana dengan jelas.

Selain tentang rute perjalanan supaya penyewaan campervan lebih maksimal, untuk berlibur dengan campervan tentu saja memiliki biaya lainnya.

Berlibur dengan campervan ibarat hidup secara nomaden. Kebutuhan akan air, makan, mandi, hingga ke toilet menjadi hal yang perlu dipikirkan. Biasanya, jika ingin bermalam di alam terbuka seperti dekat hutan atau pantai, yang wajib disiapkan adalah air, makan, dan sumber kehangatan.

Bawa air dan makanan secukupnya, perkirakan dengan baik karena bisa saja tempat belanja akan jauh untuk dijangkau jika memang lokasi yang dituju ada di pedalaman. Jangan lupa membawa kayu bakar untuk menyalakan api unggun ya.

Istirahat Cukup selama Perjalanan

Liburan dengan campervan memang seru. Namun, Sahabat harus pintar mengelola waktu ya. Selain untuk menghemat biaya, mengelola waktu dengan baik juga supaya bisa berkelana ke banyak tempat dalam waktu yang singkat.

Sebaiknya, dalam satu campervan, cukup dihubungi 3 hingga 4 orang saja supaya lebih leluasa. Pastikan tidak hanya satu orang ya yang bisa mengendarai mobil supaya bisa gantian untuk istirahat.

Berlibur dengan campervan tentu saja membutuhkan energi yang lebih banyak ketimbang liburan biasanya yang tinggal duduk lalu istirahat di penginapan. Siapkan fisik dengan matang. Bawa obat-obatan pribadi supaya jika ada yang demam ataupun diare saat di jalan dan jauh dari minimarket tidak menjadi panik.

Baca juga : 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Solo Traveling

Nah, seru kan, Sahabat? Bagaimana, jadi tambah ingin liburan dengan campervan di Indonesia? Supaya mendapat harga sewa campervan terbaik, jangan lupa untuk membandingkan di beberapa tempat sewa ya.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Jitu Berkemah di Tepi Pantai

2020-11-22

Berkemah menjadi kegiatan seru untuk dilakukan sejak masa sekolah dasar. Tidak dimungkiri, alam sangat seru untuk dieksplor. Namun, sering kali kita mendirikan tenda di bumi perkemahan atau bahkan

thumbnail

Tips Persiapan Wisata ke Gunung Bromo

2020-10-28

Dalam sebuah perjalanan kemanapun itu, persiapan yang matang merupakan hal penting dan kunci perjalanan yang sukses serta menyenangkan. Apalagi ketika Sahabat berencana

thumbnail

Bunga Tabebuya Bikin Wisata Surabaya Seperti Jepang

2020-12-11

Wisata Surabaya Seperti Jepang - Jalan-jalan protokol di Surabaya viral di media sosial dikarenakan bunga Tabebuya yang mempercantiknya. Surabaya menjadi begitu cantik s

thumbnail

Persiapan untuk Traveling Ala Backpacker

2020-10-28

Jaman sekarang, traveling tak hanya sekadar menjadi pengisi waktu luang, traveling juga sudah menjadi sebuah passion dan gaya hidup. Se