Logo Daihatsu
Menu

Tips Agar Karet Pintu Mobil Tahan Lama

Otomotif

2020-12-04

karet pintu

Berbagai komponen terutama pada mobil memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Salah satu komponen penting pada mobil yang ikut andil dan sering digunakan adalah karet pintu mobil. Salah satu bagian yang ada pada mobil tersebut mempunyai fungsi sebagai peredam pintu saat membuka dan juga menutup. 

Bahkan jika Sahabat menggunakan tambahan karet pintu mobil universal, maka kekedapan suara akan bertambah pada karet pintu karet standarnya. Tak hanya itu saja, untuk mencegah air tidak masuk ketika hujan, maka karet pintu ini berperan penting terhadap hal itu.

Karet pintu tersebut, tidak selamanya akan berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya dikarenakan sudah lama, maka fungsinya akan berkurang bahkan harus diganti. Salah satu karet pintu pada mobil yang tidak berguna lagi terlihat dari teksturnya yang keras dan tidak elastis lagi. Tetapi bukan berarti kita hanya bisa membiarkannya. Karena setidaknya Sahabat bisa mengusahakan agar karet pintu pada mobil bisa tahan lama dan awet. 

Tips Merawat Karet Pintu Pada Mobil

Berikut beberapa tips yang dapat Sahabat lakukan untuk merawat karet pintu kendaraan kesayangan, antara lain:

1. Pilihlah Tempat Parkir yang Aman

Apakah ada kaitannya antara karet pintu mobil tahan lama dengan pemilihan tempat parkir yang aman dan nyaman? Tentu keduanya sangat berkaitan. Dikarenakan jika Sahabat memarkir mobil ditempat yang aman terhindar dari paparan matahari terik, maka karet tidak cepat kering. 

Jika karet pintu cepat kering, maka pemakaiannya pun tidak akan bertahan lebih lama. Apabila Sahabat berkunjung ke tempat-tempat keramaian, pastikan Sahabat mendapatkan tempat parkir yang teduh. Karena dengan cara inilah Sahabat bisa menjaga karet pintu untuk bertahan lebih lama lagi.

2. Menghindari Kontak Langsung dengan Karet

Tentu di saat Sahabat keluar masuk mobil dan juga memasukkan dan mengeluarkan barang dari dan keluar mobil, Sahabat akan kontak langsung dengan pintu karet. Sebaiknya sebisa mungkin menghindari kontak langsung tersebut. Hal itu dilakukan agar menghindarkan karet dari robek akibat gesekan dan membuat mobil semakin tidak nyaman. Untuk itu Sahabat harus memperhatikan hal ini walaupun terlihat sepele dan tidak penting.

3. Membersihkan Kotoran yang Menempel

Karet pintu pada mobil ini juga tidak tahan lama dikarenakan banyaknya kotoran yang menempel. Untuk itu Sahabat harus memperhatikan kotoran yang sering menempel pada pintu karet. Caranya adalah dengan mencuci, menyiram di sela-sela lekukan pada karet mobil.

Gunakan air bersih untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel pada karet pintu tersebut. Sahabat pun juga bisa memanfaatkan cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet tersebut. Cairan ini juga bisa dimanfaatkan ketika mobil terpapar sinar matahari yang menyebabkan karet pintu menjadi kering dan tidak tahan lama.

Ciri-Ciri Karet Mobil yang Harus Diganti

Setelah Sahabat mengetahui tips agar karet pintu baik itu karet pintu mobil universal atau pun karet pintu mobil meteran agar tahan lama, maka Sahabat juga harus mengetahui ciri-ciri karet mobil yang harus Sahabat ganti. Dengan begitu, Sahabat bisa mengantisipasi akan hal tersebut.

1. Bentuknya berubah jadi gepeng

Karet mobil yang sudah bisa dan harus diganti ditandai dengan perubahan bentuk. Dimana bentuknya berubah menjadi gepeng. Maka Sahabat harus selalu mengecek karet mobil tersebut, apabila ditemukan karet mobil berbentuk gepeng sudah dapat dipastikan Sahabat harus mengganti karet pintu mobil dengan yang baru.

2. Kurangnya kedap suara

Ciri lainnya dimana Sahabat harus mengganti karet mobil adalah pada saat Sahabat menutup pintu mobil, suara antara besi seperti beradu sehingga kurangnya kedap suara mobil tersebut. Jika hal ini terjadi, pada saat Sahabat menutup mobil, maka dapat dipastikan Sahabat sudah harus mengganti karet mobil tersebut.

3. Karet mobil rusak

Apabila Sahabat membiarkan karet pintu mobil dalam keadaan rusak, maka dapat dipastikan hal tersebut akan berdampak pada keadaan kabin. Dimana kabin tersebut sudah tidak senyap dan tidak terasa nyaman. Selain itu karet mobil yang rusak bisa menyebabkan air hujan masuk ke dalam sehingga mengakibatkan yang berada di dalam mobil akan kebasahan.

4. Terdengar suara angin seperti siulan

Ciri berikutnya kenapa Sahabat harus mengganti pintu karet dengan yang baru adalah karena munculnya suara angin seperti siulan yang masuk ke dalam kabin mobil. Apalagi pada saat Sahabat berkendara pada kecepatan yang tinggi, tentu suara angin tersebut akan terasa lebih jelas Sahabat dengarkan.

Jenis Pintu Karet Mobil

Apabila ciri-ciri tersebut terdapat pada karet pintu mobil Sahabat, maka Kamu bisa menggantikannya dengan yang baru. Jenis pintu karet mobil yang biasa digunakan ada dua. Jenis pintu karet mobil yang pertama karet balon terdiri dari dua jenis yaitu polos dan balon bibir. Untuk jenis balon bibir biasa digunakan dan berfungsi sebagai pinggiran plafon karena sudah ditambah dengan pelindung tambahan. Sedangkan untuk balon polos hanya bermanfaat sebagai penjepit permukaan pintu.

Jenis pintu karet mobil kedua yaitu karet pintu letter K, Dimana bentuknya seperti huruf K.  Jenis ini mempunyai daya rekat yang kuat dikarenakan desainnya yang lebih menyudut. Bahkan jenis karet ini dapat mencegah bahkan menahan benturan yang keras. 

Seperti itulah tips agar karet pintu mobil tahan lama dan awet. Dengan begitu Sahabat bisa lebih berhemat untuk menunda mengganti karet pintu yang baru. Tetapi jika memang harus diganti, maka gantilah jangan sampai merusak bagian yang lain. Karena itu Sahabat juga harus perhatian dalam melakukan pengecekkan agar hal semacam itu tidak akan terjadi nantinya pada karet pintu mobil tersebut.

Baca juga : Trik Mudah Merawat Dinamo Starter Mobil dan Motor


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daihatsu Taft - Spesifikasi, Harga dan Variannya

2020-11-10

Daihatsu Taft adalah mobil 4WD buatan Daihatsu yang diproduksi pada 1974 hingga 2007. Di beberapa negara, mobil satu ini punya nama-nama berbeda. Rugger, Scat, dan Wildcat adalah tiga di antaranya.

thumbnail

Pengaruhi Power, Ini 3 Efek Knalpot Mobil Tanpa Resonator

2021-01-07

Salah satu bagian penting pada sistem kerja sebuah mobil yaitu resonator. Resonator merupakan komponen pada knalpot yang terletak

thumbnail

Cara Kerja Valve Body Gearbox pada Mobil Matic

2022-01-10

Valve body gearbox mobil matic mungkin terdengar asing ditelinga Anda. Namun tahukah Anda bahwa komponen ini merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan berkendara?Untuk penjelasan

thumbnail

Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

2022-02-14

Bearing adalah salah satu komponen mobil yang paling penting karena berfungsi untuk mendukung putaran poros pada ban atau roda mobil. Jadi, supaya roda mobil bisa digera