Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Ampuh Membuka Baut Berkarat
13 Mei 2022
Membuka Baut Berkarat

Baut pada kendaraan lama kelamaan akan berkarat, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Jika baut sudah berkarat, maka akan sulit dibuka. Simak hingga akhir artikel ini untuk mendapatkan tips ampuh dalam membuka baut berkarat.

Karat dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena sisa air yang tersisa bekas pencucian atau kehujanan. Namun, jangan khawatir! Anda tetap bisa membukanya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Tips Membuka Baut Berkarat

Berikut ini tips membuka baut karatan yang ampuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bersihkan Baut

Jika kondisi baut karatan tersebut kotor, maka Anda bisa membersihkan permukaannya terlebih dahulu dengan sikat, bisa menggunakan sikat kawat.

2. Oleskan Minyak Rem pada Bagian Kepala Baut Berkarat

Jika telah dibersihkan, cara selanjutnya  dengan  mengoleskan sedikit demi sedikit minyak rem pada bagian kepala baut melalui celah-celahnya.

3. Diamkan Beberapa Saat

Setelah selesai baut berkarat tersebut diolesi, biarkan baut tersebut beberapa saat agar minyak rem bisa meresap pada baut. Waktu yang diperlukan dalam hal ini sekitar 15 hingga 30 menit. Lakukanlah cek secara berkala.

4. Lepaskan Mur dan Baut Menggunakan Kunci yang Sesuai

Jika Anda telah melakukan semua tahapan di atas dan baut sudah meresap, setelah itu, cobalah untuk lepaskan mur dan baut berkarat tersebut menggunakan kunci yang sesuai. Anda bisa menggunakan trik melepaskannya dengan cara menggerakkan baut secara bolak-balik dengan sedikit hentakan.

5. Hati-hati Dalam Melepaskannya

Saat mencoba melepaskannya, lakukan dengan hati-hati, yaitu dengan memutar kunci secara perlahan, jangan secara kasar dan ditekan dengan kuat agar tidak menyebabkan baut tersebut menjadi gundul dan menjadi lebih susah untuk dilepas. 

Jika baut berkarat tersebut sudah bisa berputar, maka langkah selanjutnya Anda hanya perlu memutarnya secara perlahan hingga baut berkarat tersebut benar-benar bisa lepas. Namun, apabila masih susah untuk dilepas, Anda bisa menambahkan kembali minyak rem pada kepala baut agar celah baut kembali licin dan mudah di lepas.

Tips Mencari Baut Berkualitas

Bukan hanya perlu mengetahui tips membuka baut yang berkarat, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui tips mencari bait yang berkualitas, agar baut awet dan tidak mudah berkarat.

Tentunya, Anda perlu mengganti baut berkarat tersebut dengan yang baru, bukan? Berikut ini kami berikan tips mencari baut berkualitas agar tidak salah pilih.

1. Pilihlah Baut yang Memiliki lisensi SNI 

Baut yang berkualitas salah satunya bisa diketahui melalui Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimiliki. Baut yang sudah mengikuti SNI pastinya telah melalui rangkaian proses penilaian sebelumnya, sehingga dapat dipastikan bahwa baut tersebut pasti memiliki kualitas yang terjamin.

2. Pilih Ukuran Baut yang Tepat

Bukan hanya dari kualitasnya saja, Anda juga perlu mencari baut dengan ukuran yang tepat. Memilih ukuran baut tersebut dilihat berdasarkan lebar diameter dan juga panjangnya.

3. Pilih Material Baut Terbaik

Baut yang terbaik dan berkualitas  pastinya terbuat dari material yang kuat yaitu besi dan baja. Besi dan baja merupakan material tepat yang membuat baut menjadi lebih kuat dan juga tidak mudah mengalami karat.

Baca Juga: Panduan Membaca Tabel Ukuran Baut Dan Kuncinya Lengkap

Tips membuka baut dan tips mencari baut berkualitas di atas bisa Anda ikuti, semoga tips tersebut bisa membantu Anda. Dalam setiap hal tentunya kita perlu mencari yang terbaik termasuk dalam hal kendaraan dan otomotif.

Rekomendasi produk terbaik adalah Daihatsu, karena Daihatsu tau apa yang paling kita butuhkan. Gunakan produk dan layanan dari Daihatsu untuk mendapatkan kepuasan dalam berkendara. Kunjungi laman ini dan dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor