Logo Daihatsu
Menu

Tips Ampuh Membuka Baut Berkarat

Otomotif

2022-05-13

Membuka Baut Berkarat

Baut pada kendaraan lama kelamaan akan berkarat, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Jika baut sudah berkarat, maka akan sulit dibuka. Simak hingga akhir artikel ini untuk mendapatkan tips ampuh dalam membuka baut berkarat.

Karat dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena sisa air yang tersisa bekas pencucian atau kehujanan. Namun, jangan khawatir! Anda tetap bisa membukanya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Tips Membuka Baut Berkarat

Berikut ini tips membuka baut karatan yang ampuh yang perlu Anda ketahui.

1. Bersihkan Baut

Jika kondisi baut karatan tersebut kotor, maka Anda bisa membersihkan permukaannya terlebih dahulu dengan sikat, bisa menggunakan sikat kawat.

2. Oleskan Minyak Rem pada Bagian Kepala Baut Berkarat

Jika telah dibersihkan, cara selanjutnya  dengan  mengoleskan sedikit demi sedikit minyak rem pada bagian kepala baut melalui celah-celahnya.

3. Diamkan Beberapa Saat

Setelah selesai baut berkarat tersebut diolesi, biarkan baut tersebut beberapa saat agar minyak rem bisa meresap pada baut. Waktu yang diperlukan dalam hal ini sekitar 15 hingga 30 menit. Lakukanlah cek secara berkala.

4. Lepaskan Mur dan Baut Menggunakan Kunci yang Sesuai

Jika Anda telah melakukan semua tahapan di atas dan baut sudah meresap, setelah itu, cobalah untuk lepaskan mur dan baut berkarat tersebut menggunakan kunci yang sesuai. Anda bisa menggunakan trik melepaskannya dengan cara menggerakkan baut secara bolak-balik dengan sedikit hentakan.

5. Hati-hati Dalam Melepaskannya

Saat mencoba melepaskannya, lakukan dengan hati-hati, yaitu dengan memutar kunci secara perlahan, jangan secara kasar dan ditekan dengan kuat agar tidak menyebabkan baut tersebut menjadi gundul dan menjadi lebih susah untuk dilepas. 

Jika baut berkarat tersebut sudah bisa berputar, maka langkah selanjutnya Anda hanya perlu memutarnya secara perlahan hingga baut berkarat tersebut benar-benar bisa lepas. Namun, apabila masih susah untuk dilepas, Anda bisa menambahkan kembali minyak rem pada kepala baut agar celah baut kembali licin dan mudah di lepas.

Tips Mencari Baut Berkualitas

Bukan hanya perlu mengetahui tips membuka baut yang berkarat, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui tips mencari bait yang berkualitas, agar baut awet dan tidak mudah berkarat.

Tentunya, Anda perlu mengganti baut berkarat tersebut dengan yang baru, bukan? Berikut ini kami berikan tips mencari baut berkualitas agar tidak salah pilih.

1. Pilihlah Baut yang Memiliki lisensi SNI 

Baut yang berkualitas salah satunya bisa diketahui melalui Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dimiliki. Baut yang sudah mengikuti SNI pastinya telah melalui rangkaian proses penilaian sebelumnya, sehingga dapat dipastikan bahwa baut tersebut pasti memiliki kualitas yang terjamin.

2. Pilih Ukuran Baut yang Tepat

Bukan hanya dari kualitasnya saja, Anda juga perlu mencari baut dengan ukuran yang tepat. Memilih ukuran baut tersebut dilihat berdasarkan lebar diameter dan juga panjangnya.

3. Pilih Material Baut Terbaik

Baut yang terbaik dan berkualitas  pastinya terbuat dari material yang kuat yaitu besi dan baja. Besi dan baja merupakan material tepat yang membuat baut menjadi lebih kuat dan juga tidak mudah mengalami karat.

Baca Juga: Panduan Membaca Tabel Ukuran Baut Dan Kuncinya Lengkap

Tips membuka baut dan tips mencari baut berkualitas di atas bisa Anda ikuti, semoga tips tersebut bisa membantu Anda. Dalam setiap hal tentunya kita perlu mencari yang terbaik termasuk dalam hal kendaraan dan otomotif.

Rekomendasi produk terbaik adalah Daihatsu, karena Daihatsu tau apa yang paling kita butuhkan. Gunakan produk dan layanan dari Daihatsu untuk mendapatkan kepuasan dalam berkendara. Kunjungi laman ini dan dapatkan informasi selengkapnya di sini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Sahabat, Inilah Pentingnya Memanaskan Mobil Secara Rutin!

2022-05-13

Sahabat, tahukah Anda bahwa mesin mobil harus dipanaskan secara rutin? Hal ini tentu saja perlu untuk Anda lakukan. Karena mobil yang dibiarkan tidak terpakai dalam wakt

thumbnail
New

Hal-Hal Penting tentang RPM yang Harus Diketahui Pengendara Pemula

2022-05-13

RPM adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan kecepatan perputaran mesin. Jadi, perputaran tersebut dihitung menggunakan waktu berupa menit. Nah, jika Sahabat memper

thumbnail
New

Begini Tips Memilih Oli Mobil Matic Terbaik

2022-05-13

Pelumas mesin atau oli sangat dibutuhkan oleh semua jenis mobil, baik matic maupun manual. Tanpa adanya pelumas, mesin akan mengalami gesekan, yang memungkinkan terjadin

thumbnail
New

Mengenal Lebih Jauh Tentang PDR, Alat Untuk Memperbaiki Body Mobil yang Penyok

2022-05-13

Kendaraan memang dapat memudahkan perjalanan Anda  dan keluarga untuk bepergian kemana saja. Namun ada kalanya, sulit untuk menemukan perawatan yang cocok dan baik