Logo Daihatsu
Menu

Tips Belok Mobil yang Benar dengan Teknik Hand to Hand

Otomotif

2021-02-26

Belok Mobil

Mengemudikan mobil adalah bagaimana menerapkan teknik sehingga tetap aman dan mesin mobil tidak cepat rusak. Mulai dari bagaimana memperhatikan RPM ketika memindahkan gigi hingga tips belok mobil yang benar.

Memang, mengemudi adalah tentang kenyamanan sebab setiap pengemudi akan memiliki gaya yang berbeda, terlebih jika menyangkut tentang bagaimana memegang roda kemudi. Namun, jika perihal berbelok di tikungan supaya aman, ternyata ada turan keselamatannya loh, Sahabat.

Jakarta Defensive Driving Consultant

Menjadi jasa penyedia layanan pelatihan keselamatan mengemudi sekaligus konsultasi tentang manajemen pengemudian, Jakarta Defensive Driving Consultant memang kerap membagikan tips-tips dalam berkendara. Salah satunya adalah mengenai tips belok mobil yang benar.

Menurut Jakarta Defensive Driving Consultant, ketika membelokan mobil di tikungan, kita sebaiknya menggunakan teknik hand to hand. Teknik yang juga sering disebut sebagai pull and push ini teknik dasarnya adalah menarik roda kemudi dengan satu tangan terlebih dahulu lalu mendorongnya dengan bantuan tangan lain.

Teknik Hand to Hand

Sebenarnya, penerapan teknik ini tergantung sudut belok mobil. Jadi, ketika sudut belok tidak terlalu tajam jadi kemudi bisa dikendalikan cukup dengan satu tangan.

Untuk mempraktikannya, Sahabat harus memosisikan tangan di posisi jarum jam angka 9 dan 3 atau 10 dan 12. Di posisi ini tangan akan terasa nyaman dalam mengendalikan kemudi. Jadi, misal ketika harus memutar ke kanan, tangan kanan akan tertarik ke bawah, tepat di angka jarum jam 6. Lalu di saat yang bersamaan, tangan kiri akan mendorong hingga jarum jam 1.

Nah, di sinilah penyesuaian sudut belok mobil dilakukan. Jika ternyata tikungan terlalu tajam dan sekali memutar roda kemudi tidak cukup, Sahabat cukup mengulangi prosesnya. Seimbangkan fokus pada kemudi dan jalanan ya.

Cara mengulanginya cukup pindahkan tangan ke arah jarum jam 1 lalu tarik ke bawah hingga tangan kanan kembali ke arah jarum jam 6 seperti di awal. Kemudian tangan kiri harus memosisikan diri di arah jarum jam 9 lalu didorong hingga ke arah jarum jam 1.

 Teknik yang Aman dan Nyaman

Hand to hand ini juga memiliki tenaga yang kuat sehingga terasa nyaman dan aman. Hal ini dikarenakan, saat menggunakan teknik ini, otot yang bekerja adalah otot trisep sehingga memberikan tekanan yang besar dan tidak membuat lengan nyeri.

Teknik memutar roda kemudi seperti ini juga dianjurkan oleh Jakarta Defensive Driving Consultant untuk selalu dipakai dalam kondisi mana pun. Hal ini dikarenakan pengemudi selalu dalam kondisi yang waspada dalam memegang roda kemudi sehingga jika terjadi hal genting pasti akan tetap siaga.

Injak Pedal Gas dengan Pelan

Selain bagaimana posisi kedua tangan diatur dalam menggenggam roda kemudi, Sahabat juga harus memperhatikan bagaimana tenaga yang diberikan dalam menginjak pedal gas. Kaki jangan memberikan tenaga yang berlebihan sehingga pedal gas diinjak dengan sepelan mungkin supaya aman.

Selain itu, menginjak pedal gas dengan pelan bisa mengontrol radius belokan menjadi lebih sempit. Ketika daya yang diberikan kepada mesin ini memelan, Sahabat bisa memutar roda kemudi dengan cepat sehingga lebih akurat dalam berbelok.

 Baca juga : Drifting 101: Mulai dari Definisi hingga Teknik untuk Melakukannya

Itulah tips belok mobil yang benar untuk Sahabat terapkan dalam berkendara. Pastikan Sahabat dalam kondisi yang sehat ketika berkendara ya. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek mesin mobil supaya tidak mengalami mogok di jalan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Cargo Net pada Mobil Xenia

2021-11-30

Seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kini mobil sudah seperti kebutuhan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan mobil maupun aksesorisnya semacam cargo net

thumbnail

Apa yang Dimaksud dengan Transmission System pada Mobil?

2020-11-28

Mobil termasuk salah satu moda transportasi pribadi yang menghiasi setiap sudut jalanan. Sayangnya masih banyak pemilik mobil yang tidak memahami apa yang dimaksud denga

thumbnail

Mari Mengenal Aspal Hotmix, Mulai dari Definisi Sampai Jenis-Jenisnya

2021-02-25

Salah satu jenis aspal yang lazim kita dengar adalah aspal hotmix. Jenis aspal ini lazim dipakai untuk jalan raya, jalan di perumahan, atau bisa juga dipakai pada lapang