Logo Daihatsu
Menu

Tips dan Cara Merawat agar Transmisi CVT Panjang Umur

Otomotif

2021-04-19

merawat transmisi cvt

Siapa memang yang tidak nyaman dengan kendaraan bertransmisi CVT? Transmisi yang tidak menggunakan gearbox sehingga lebih ringan itu memang banyak digemari oleh pengendara, terutama pengendara yang baru belajar mobil. Sayangnya, umur transmisi CVT terkenal pendek dibanding transmisi lainnya.

Banyak sekali keunggulan transmisi CVT memang, seperti tarikannya yang halus tanpa menimbulkan hentakan saat perpindahan gigi seperti di transmisi otomatis lain hingga hemat BBM sehingga bisa ramah lingkungan. Namun, Sahabat juga harus tahu jika transmisi ini memiliki umur pendek loh.

Yuk, langsung simak penjelasan berikut supaya tahu seberapa pendek memang sih umur transmisi CVT? Dan, apakah tidak bisa diperpanjang jika dirawat dengan baik? Jika bisa, bagaimana sih merawatnya?

Umur Transmisi CVT

Jika transmisi lainnya bisa berumur belasan hingga puluhan tahun, terutama transmisi manual, tidak sama halnya dengan transmisi CVT. Transmisi yang terkenal lebih nyaman digunakan ini ternyata memiliki satu kekurangan yang cukup merepotkan dan menguras kantong, yaitu berumur pendek.

Sebenarnya, tidak disebutkan secara resmi berapa lama transmisi CVT bisa bertaman. Namun, pengendara dan teknisi meng-highlight bahwa umur transmisi CVT hanya bisa bertahan hingga lima tahun.

Pendeknya umur transmisi CVT ini sebenarnya cukup wajar. Hal ini disebabkan, semakin canggih teknologi suatu transmisi, makin kompak perangkatnya, dan makin ringan serta halus ketika dikendarai, transmisi tersebut umumnya berusia makin pendek dan biaya perawatan dan penggantiannya pun tergolong mahal.

Cara Merawat Transmisi CVT

Akan tetapi, semua masalah tentu saja ada solusinya dong? Jika Sahabat khawatir kendaraan dengan transmisi CVT milik Sahabat cepat tumbang, rawat kendaraan dengan baik ya. Nah, bagaimana memang merawat kendaraan bertransmisi CVT supaya lebih panjang umur daripada biasanya?

Satu hal yang pasti adalah Sahabat harus memperhatikan semua aturan yang dituliskan oleh pabrik awal kendaraan, seperti misalnya rajin mengganti oli supaya mesin transmisi CVT tetap terjaga kualitasnya. Biasanya, penggantian oli pada transmisi CVT disarannya setiap kelipatan jarak tempuh mencapai 30.000 kilometer.

Namun, kelipatan jarak 30.000 tersebut tidak lagi berlaku jika Sahabat tingga di daerah yang cenderung selalu panas dan memiliki intensitas debu yang tinggi karena harus diganti olinya lebih cepat daripada seharusnya.

Tips Agar Umur Transmisi CVT Lebih Panjang

Supaya Sahabat lebih bisa menjaga kesehatan kantong dan tidak jarang melakukan servis untuk kendaraan bertransmisi CVT Sahabat, yuk simak tips berikut supaya transmisi CVT kendaraan kesayangan Sahabat berumur lebih panjang!

1. Jangan pakai kendaraan untuk mengangkut beban berat yang seharusnya ditetapkan.

2. Kendaraan dengan transmisi CVT memang didesain untuk melewati medan yang lurus dan lancar sehingga jangan terlalu sering membawa kendaraan untuk melewati area terjal dan menanjak.

3. Lekas konsultasikan dengan bengkel resmi dan terpercaya jika ada masalah dengan transmisi supaya lekas ditangani dengan baik.

4. Selalu pantau kondisi transmisi dan mesin kendaraan lainnya supaya tidak terjadi hal tidak diinginkan semakin memburuk.

5. Ikuti saran perawatan yang sudah ditetapkan oleh pabrik.

Nah, itulah penjelasan mengenai umur transmisi CVT yang cenderung lebih pendek serta cara merawat dan tips khusus supaya kendaraan dengan transmisi CVT lebih panjang umur. Namun, yang perlu Sahabat ketahui dengan pasti memang transmisi satu ini lebih menguras kantong dibanding transmisi lainnya.

Hanya saja, semua hal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bukan? Nah, yuk, tergantung bagaimana bijaknya kita sebagai pengendaraan dan pemilik mobil!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tips Menghemat Konsumsi BBM Daihatsu Feroza hingga 1:12

2021-03-02

Daihatsu Feroza adalah mobil jenis SUV yang beredar di Indonesia sejak tahun 1992 hingga 1999. Mobil ini sangat ikonik karena saat itu keluar bersamaan dengan saudara-sa

thumbnail

6 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Yang Menguning

2021-06-29

Kaca lampu mobil Anda menguning? Jangan khawatir karena kaca lampu mobil yang menguning ini bisa Anda atasi dengan menggunakan beberapa bahan cairan penghilang kotoran p

thumbnail

Info Tarif Tol Cisumdawu, Cileunyi-Dawuan Ini Besarannya!

2023-11-21

Tahukah Anda bahwa tarif Tol Cisumdawu saat ini sudah tidak lagi gratis. Sebab sejak 8 Agustus 2023 kemarin pihak Pemerintah sudah menerapkan tarif pada tol tersebut

thumbnail

Daftar Mobil Bekas Daihatsu Dibawah 200 Juta, Cek Disini!

2023-03-08

Bagi kamu yang mencari mobil bekas Daihatsu dibawah 200 jutaan, kamu sedang berada di artikel yang tepat! Jika sebelumnya kita sudah memberikan rekomendasi