Logo Daihatsu
Menu

Tips Jitu Mengatasi Insomnia

Tips & Trick

2021-05-31

mengatasi insomnia

Pada era modern seperti sekarang Insomnia menjadi sebuah yang menakutkan bagi mereka yang sering mengalaminya, dimulai dengan Sahabat akan terjaga (begadang) terus sampai pagi tanpa merasa ngantuk sedikitpun, atau mata  tertutup namun pikiran Sahabat tetap bangun sehingga Sahabat terus gelisah pada saat tidur.

Atau bisa jadi saat Sahabat tidur terlalu larut namun bangun terlalu cepat. Insomnia juga dikaitkan dengan kondisi fisik, seperti sangat kelelahan, bisa juga dari obat-obatan yang berlebihan.

Banyak faktor yang membuat Sahabat mengalami Insomnia, berikut diantaranya:

  1. Stress atau merasa cemas berlebihan membuat Sahabat terus memikirkan permasalahan yang sedang Sahabat hadapi
  2. Memiliki penyakit lain seperti diabetes, sakit ginjal, arthritis atau penyakit mendadak yang seringkali membuat Sahabat sulit tidur
  3. Efek samping dari obat, racun yang dihasilkan dari obat kimia memicu terjadinya Sahabat mengalami Insomnia
  4. Alkohol, nikotin dan kafein mengandung zat stimulan, yang membuat pola tidur Sahabat berantakan
  5. Depresi menyebabkan kebalikannya dari insomnia, yaitu ingin tidur terus menerus sepanjang waktu karena Sahabat berpikir jika dengan tidur dapat melepaskan dari masalah yang sedang anda hadapi sekarang
  6. Pola makan yang buruk, jauhi makan sebelum tidur atau jika Sahabat makan malam maka duduklah selama 20 menit barulah anda tidur, agar tidak sulit tidur

Atau mungkin jika Sahabat sedang banyak pikiran atau suatu masalah yang terlalu berat untuk Sahabat, sebaiknya siap-siap saja malam hari Sahabat akan menjadi gelisah dan terus merasa cemas.

Tapi jangan khawatir, berikut cara jitu mengatasi insomnia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Jauhkan Televisi dan Smartphone

Saat Sahabat mengalami Insomnia, sebaiknya Sahabat tetap di atas kasur dan menjauhkan 2 benda ini, agar membuat Sahabat mudah terlelap.

2. Hindari tidur pada jam Tanggung

Saat sore menjelang malam merupakan jam yang tanggung untuk tidur, ketika Sahabat bangun nanti Sahabat akan mengantuk pada pagi keesokan harinya.

3. Atur jam tidur Sahabat

Perlu Sahabat ketahui bahwa jam tidur yang Sahabat butuhkan adalah 8-9 jam, Sahabat mungkin tahu beberapa orang yang tidur hanya beberapa jam saja, namun tetap saja jam terbaik Sahabat tidur adalah 8-9 jam perharinya. Coba hitung dan pertahankan jam tidur Sahabat, jam tidur dipercaya selain mengatasi insomnia juga meningkatkan kreativitas dan produktivitas Sahabat pada siang hari.

4. Coba perbaiki gaya hidup Sahabat

Bagaimana gaya hidup yang sehat? Setiap orang memiliki karakter dan aktivitas yang mereka anggap menyehatkan. Dasar gaya hidup sehat adalah makan makanan yang menyehatkan dan olahraga yang tidak berlebihan namun rutin dilakukan.

5. Minum susu

Minum susu dipercaya bisa digunakan sebagai cara mengatasi Insomnia, susu mengandung zat yang diperlukan untuk mempercepat kita terlelap.

6. Pijat Relaksasi

pijat relaksasi sebelum tidur diyakini oleh beberapa orang sebagai cara ampuh mengatasi insomnia. Pijat relaksasi akan memberikan suasana rileks pada pikiran.

7. Lawan pikiran Sahabat

Ini adalah tips paling jitu untuk mengatasi insomnia. Jika Sahabat memiliki kesibukan sehari-hari yang membuat Sahabat cemas dan stress cobalah untuk melawan pikiran tersebut dengan membuang pikiran-pikiran yang akan Sahabat lakukan esok hari. Kosongkan pikiran anda dengan cara melawan setiap masalah yang datang, itu akan membantu anda sangat cepat terlelap.

Demikian adalah tips jitu mengatasi Insomnia, semoga cepat membantu Sahabat untuk terlelap tidur.


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

SIM Mati Apa Bisa Diperpanjang? Ini Cara Mengurus Terbaru 2023

2023-01-17

Apakah SIM yang sudah mati masih bisa diperpanjang? Nah, mungkin banyak dari Sahabat yang masih belum tahu cara untuk mengurusnya. Untuk itu simak pembahasan dibawah ini sampai selesai, ya!

thumbnail

Jenis Kutu Air Pakan Ikan

2021-02-24

Kutu air adalah hewan kecil yang tergolong zooplankton dan hidup banyak di sekitar kita. Kutu air yang sedang dibahas di sini tentu saja bukan penyakit kaki akibat jamur

thumbnail

7 Tips Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri Agar Jadi Kenyataan

2020-11-26

Kalau sudah punya impian yang ingin dicapai, biasanya seseorang punya dorongan yang lebih kuat untuk mencapai sesuatu. Dalam hal ini, mungkin impian yang ingin dicapai adalah liburan ke luar negeri

thumbnail

Tips Menyimpan Jamur Tiram Agar Awet

2021-02-25

Jamur tiram merupakan jamur yang cukup digemari oleh banyak orang karena bisa diolah untuk banyak menu masakan. Apalagi jika Sahabat seorang vegetarian, jamur tiram ini