Logo Daihatsu
Menu

Tips Jitu Mengetahui Apakah Mobil Bekas Pernah Tabrak Belakang

Otomotif

2022-06-24

Mobil Bekas Pernah Tabrak Belakang

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang paling diminati masyarakat. Jadi tak heran jika banyak orang yang ingin memiliki mobil dan menjadikannya kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari. Jika Anda ingin membeli mobil dengan budget yang murah, bisa membeli mobil bekas pakai, tapi pilihlah mobil yang masih baik kondisinya.

Selain itu, juga pastikan tidak membeli mobil bekas pernah tabrak belakang. Saat ini memang sudah ada teknologi canggih yang mampu membuat mobil penyok bekas tabrakan tampak seperti baru, tapi tetap saja ada kecacatan yang masih bisa dideteksi dari mobil tersebut.

Cara Mengetahui Mobil Bekas Pernah Tabrak Belakang

Sebelum memutuskan untuk beli mobil bekas, simaklah ulasan berikut ini! Kami telah menyiapkan tips agar Anda bisa mengenali mobil yang pernah mengalami tabrakan dari sisi belakang. Semoga bermanfaat!

1. Cek Kondisi Sealer

Sealer berada di bagian ujung panel dari mobil. Anda bisa mengecek kondisinya. Apa masih utuh atau sudah terjual. Jika ada bekas cuilan di bagian tersebut, biasanya mobil tersebut pernah mengalami tabrakan dari belakang.

2. Cek Kondisi Plat Besi

Plat besi berfungsi untuk tempat duduk karet bagasi. Pastikan kondisinya baik! Jika sudah agak keriting atau ada bekas perbaikan, maka jelas mobil tersebut pernah alami tabrakan dari belakang. Pastikan pula kalau plat besi tersebut bukan bekas diganti.

3. Cek Tulang-tulang di Area Bagasi

Mengecek kondisi tulang-tulang yang ada di area bagasi juga sangat penting. Pastikan Anda mengecek semuanya, mulai dari kap bagasi sampai ke bagian ban serepnya. Jika ada bekas perbaikan atau terdapat lecek di tulangnya, maka jelas mobil pernah mengalami tabrakan dari sisi belakang.

Dengan melakukan beberapa hal di atas, sudah pasti Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang masih baik dan bukan mobil bekas tabrakan. Mobil bekas tabrakan kalau bisa harus Anda hindari untuk dibeli. Meski tampak baik, bisa saja terdapat masalah krusial di dalam mobil yang sulit terdeteksi.

Ciri - ciri Mobil Bekas Pernah Tabrak Belakang ataupun Depan

Selain tips yang perlu dilakukan, kami juga memberikan Anda ulasan mengenai ciri-ciri mobil bekas tabrakan. Simaklah dengan cermat! Agar Anda bisa mengetahui dengan pasti seperti apa sih mobil yang bekas mengalami tabrakan.

1. Body Tampak Pernah Direparasi

Saat terjadi kecelakaan, sudah pasti mobil akan mengalami banyak dampak. Seperti dampak kerusakan pada eksterior mobil misalnya. Body dan komponen luar mobil pasti ada yang mengalami penyok.

Biasanya mobil yang memiliki bekas reparasi akan memperlihatkan lekuk yang sedikit kurang simetris, baik di sisi kanan maupun kirinya. Bahkan terkadang kondisi paintjob  atau catnya akan memiliki sedikit perbedaan dibanding sisi yang lainnya.

2. Bekas Las pada Chasis (Rangka)

Rangka mobil yang pernah mengalami tabrakan sudah pasti tidak akan simetris, atau minimal ada sedikit lekukan. Anda bisa mengecek kolong, ruang mesin, dan bagasi mobilnya. Rangka adalah komponen yang bersifat permanen, jadi tidak bisa diganti, makanya mobil bekas tabrakan akan sangat tampak perbedaannya.

Selain dua ciri di atas, Anda juga bisa menemukan ciri yang lain, seperti mobil yang terasa tidak stabil saat test drive. Jika hal ini sudah Anda rasakan, maka jangan coba untuk membeli mobil tersebut.

Untuk perawatan mobil dengan baik, Anda bisa gunakan layanan service dari bengkel Daihatsu. Kami menggunakan tenaga teknisi handal dalam segala penanganan. Dijamin Anda akan puas dengan hasilnya. Anda bisa juga kunjungi laman berikut untuk dapat informasi mengenai  Daihatsu

.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah?

2020-12-03

Penyebab mobil brebet di RPM rendah adalah hal yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, mengetahui hal tersebut membuat kita paham mengapa mobil bisa brebet saat melaju di RPM yang rendah.

thumbnail

Cara Parkir Mobil Aman Tanpa Merusak Transmisi Otomatis Mobil

2022-03-16

Parkir mobil aman tanpa merusak transmisi otomatis mobil wajib diketahui pemilik kendaraan. Mobil transmisi otomatis atau matic, merupakan jenis mobil yang paling banyak

thumbnail

Begini Cara Beli Mobil Bekas Murah

2020-11-26

Cara beli mobil bekas murah adalah hal yang dicari banyak orang. Mungkin Sahabat adalah salah satunya. Dengan mengetahui cara tersebut, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas yang diinginkan dengan h

thumbnail

Surat Sehat untuk Mudik, Penting Nggak Sih?

2020-12-22

Surat sehat untuk mudik merupakan syarat wajib bagi masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota di masa pandemi. Surat sehat itu bukanlah keterangan kesehatan, melainka