Logo Daihatsu
Menu

Tips Liburan ke Bangka Belitung: dari Transportasi hingga Kuliner

Travel

2020-11-14

tips liburan ke belitung

Sejak film Laskar Pelangi yang diadaptasi dari novel berjudul serupa karya Andrea Hirata, Bangka Belitung menjadi primadona destinasi wisata bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Provinsi yang berbentuk kepulauan ini memiliki lebih dari 400 pulau dengan 50 pulau berpenghuni.

Jika Sahabat ingin berlibur ke Bangka Belitung harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari booking tiket pesawat hingga penginapan. Terlebih, jika Sahabat ke sana dengan cara solo travelling, pasti harus memperhatikan budget agar lebih murah. Nah, Sahabat bisa memperhatikan 5 hal berikut.

Transportasi: Tiket Murah dan Penyewaan Kendaraan

Mencari tiket pesawat murah menuju Bangka Belitung berarti harus pandai untuk memperhatikan promo dari aplikasi wisata seperti Traveloka hingga Pegipegi. Namun, hal ini bisa loh diatasi dengan booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari, tidak mendadak, atau mencari tiket ketika ada promo tanggal kembar, akhir tahun, hingga menuju hari besar.

Nah, ketika sudah sampai di Bangka Belitung, bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, di sana banyak terdapat penyewaan kendaraan loh, Sahabat. Di sana memang banyak terdapat transportasi umum, tetapi lebih fleksibel bagi wisatawan jika bisa menggunakan kendaraan sendiri, kan? Nah, Sahabat bisa menyewa kendaraan bermotor dengan membayar kurang lebih Rp75.000-an untuk motor dan Rp350.000-an untuk mobil. Harga sewa tersebut berlaku untuk seharian penuh.

Penginapan: Bisa Booking Minimal Rp100.000-an

Sebagai wilayah dengan banyak destinasi wisata, Bangka Belitung tentu memiliki banyak tempat penginapan. Mulai dari homestay hingga hotel berbintang. Wisatawan bisa mencarinya dari aplikasi wisata dengan harga paling murah sekitar Rp109.000.

Fasilitas yang disediakan penginapan bisa beragam, mulai dari homestay yang satu rumah hanya terdapat beberapa kamar dengan satu kamar mandi bersama hingga satu kamar yang memiliki fasilitas lengkap mulai dari kamar mandi dalam, berpendingin ruangan, hingga fasilitas internet di seluruh penginapan.

Wisata Pantai di Wilayah Seribu Pantai

Bangka Belitung yang merupakan wilayah kepulauan dengan jumlah pulau hampir lima ratus, tentu memiliki banyak destinasi wisata berpantai. Provinsi ini bahkan terkenal dengan sebutan wisata seribu pantai saking banyaknya wisata pantai.

Pantai di Bangka Belitung begitu indah, tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali, Lombok, ataupun Yogyakarta. Ketika berwisata ke pantai, jangan lupa membawa baju renang karena diperbolehkan berenang di laut ketika ombak tidak besar dan sunblock ya, Sahabat.

Baca juga: Wisata Belitung: Indah dan Tak Menguras Kantong

Wisata Bukit: Menikmati Bangka Belitung dari Ketinggian

Tidak hanya pantai, Bangka Belitung juga memiliki ciri khas dengan dataran tingginya. Dataran tinggi di Bangka Belitung bahkan hingga 450 meter di atas permukaan laut. Jika Sahabat berlibur ke sini, tentu harus mencoba mendaki bukitnya.

Tiket masuk menuju destinasi wisata bukit mulai dari Rp2.000 hingga Rp10.000. Cukup terjangkau, tetapi Sahabat harus mempersiapkan diri dengan menjaga stamina karena memang jalanan menuju bukit hingga mendaki ke atas bukit hanya berupa jalan setapak berkelok sehingga akan membuat lelah jika tidak terbiasa berjalan jauh. Namun, ketika sudah sampai puncak bukit, rasa lelah tersebut pasti akan terbayar karena bisa melihat hamparan pantai hingga wilayah Bangka Belitung dari ketinggian.

Kuliner: Seafood dari Wilayah Kepulauan

Bangka Belitung terkenal dengan makanan berbahan ikan laut hingga kerang-kerangan. Terdapat otak-otak, bakso ikan, hingga kerupuk berbahan dasar ikan yang gurih dan nikmat. Harga makanan tersebut juga cukup terjangkau karena bisa dibeli mulai dari harga Rp15.000 saja. Untuk makanan kering seperti kerupuk hingga bakso goreng bisa dibeli untuk oleh-oleh juga loh, Sahabat.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

11 Tempat Wisata di NTT Ini Punya Pesona Menakjubkan

2021-01-18

Pesona alam NTT (Nusa Tenggara Timur) sebagai destinasi wisata belakangan lagi naik daun. Kalau diulik lagi, rupanya masih banyak tempat wisata lain di NTT yang tak kala

thumbnail

5 Cara ke Lembang dari Stasiun Bandung dengan Estimasi Harga

2020-12-15

Berlibur ke Bandung rasanya belum lengkap kalau tidak mampir ke Lembang. Ya, lokasi wisata favorit ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. D

thumbnail

Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara, Ini Dia Tiga Juaranya

2020-11-13

Jembatan merupakan titik lalu lintas yang penting untuk setiap wilayah. Selain menghubungkan jarak agar terlalui lebih efisien, jembatan juga bisa dijadikan titik prestise suatu wilayah. Biasanya,

thumbnail

The Blooms Garden: Taman Bunga Populer di Bedugul

2020-11-26

Bedugul merupakan salah satu kawasan wisata di Bali yang terkenal di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara. Berada di dataran tinggi, Bedugul menawarkan pemandangan yang menarik dengan udara