Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Tips Memasang Sekring Agar Modifikasi Audio Mobil Makin Aman
27 Mei 2022
Pasang Sekring Saat Modifikasi Audio

Pasang sekring saat modifikasi audio jika tidak dilakukan dengan benar bisa fatal. Mulai dari konslet hingga masalah lain bisa terjadi. Untuk itulah sebelum mulai pasang sekring ada baiknya Anda mencari informasi lebih dulu mengenai tips atau caranya

Adapun informasi tersebut bisa Anda dapatkan hanya disini. Dengan mengetahui info ini Anda bisa melakukan pemasangan dengan baik dan menghindari hal yang tak diinginkan. 

Tips Memasang Sekring yang Benar Supaya Modifikasi Audio Aman

Sekering merupakan salah satu komponen yang penting. Hal ini karena sekring sendiri harus menjaga banyak sekali komponen mobil mulai dari AC, lampu, ABS, Airbag, Komputer mesin, dan lain sebagainya. Untuk itulah pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan beberapa tips berikut:

Pasang Sekring dengan Kapasitas yang Sama

Pasang sekring saat modifikasi audio harus dilakukan dengan memperhatikan kapasitas dari sekring itu sendiri. Usahakan untuk memasang sekering dengan kapasitas yang sama dengan aslinya. 

Jadi bila sekering yang digunakan merupakan sekering jenis 10A maka harus diganti dengan 10A juga. Jangan sampai diganti ke yang lebih kecil seperti 5A atau sebaliknya ke yang lebih besar 15A. Kecuali memang pada kondisi tertentu umumnya bisa diganti ke yang lebih besar.

Menggunakan Dua Sekring Utama

Supaya modifikasi audio semakin aman maka dalam pemasangan sekringnya harus menggunakan dua sekring utama. Sekring yang pertama biasanya berfungsi untuk memutuskan arus listrik utama apabila sewaktu-waktu terjadi induksi. 

Jadi  saat ada kelebihan arus listrik yang mengalir maka secara otomatis jalur kelistrikan grounding akan terputus karena sekring ini. Dengan begitu semua jalur listrik yang ada bisa aman. 

Adapun sekring yang kedua ini juga memiliki fungsi yang tak kalah penting. Hal ini karena perangkat seperti audio umumnya juga menggunakan aliran listrik dalam operasinya.

Nah aliran listrik tersebut pasti akan menghasilkan panas dibagian jalur kabel. Apabila panas ini berlebihan atau sangat panas maka bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Hal ini bisa dicegah dengan keberadaan sekring kedua ini. 

Sekring kedua akan secara otomatis memutuskan aliran listrik berlebih yang menjadi penyebab panas. Dengan begitu panas bisa dikurangi dan resiko konslet hingga terbakar bisa dicegah. 

Pastikan Letak Pemasangannya Benar

Supaya modifikasi audio berjalan baik dan lebih aman maka pastikan Anda memasang sekring dengan benar sesuai dengan letaknya. Adapun letak dari sekring ini sendiri umumnya dipasang pada jalur kabel grounding yang terhubung ke terminal negatif aki. 

Apabila sekring tidak dipasang dengan benar maka bisa berbahaya untuk komponen lainnya. Hal ini karena sekring termasuk salah satu komponen mobil yang vital dan terhubung dengan berbagai komponen lainnya.  

Untuk itulah Anda harus benar-benar memastikan letak maupun cara pemasangan sekring agar terpasang dengan benar. Dengan begitu sekring bisa bekerja dengan maksimal sesuai fungsinya dan tidak akan mengganggu komponen lainnya. 

Tips yang ada diatas bisa Anda ikuti dan praktekan untuk semua jenis mobil termasuk mobil Daihatsu. Dengan begitu pemasangan sekring saat proses modifikasi audio juga bisa berjalan dengan aman dan berfungsi dengan baik serta tidak mengganggu komponen lainnya. 

Namun jika Anda tidak ingin repot dan pusing mengenai tips dan cara pasang sekring saat modifikasi audio maka Anda juga bisa menggunakan jasa profesional yang sudah ahli di bidangnya. Untuk informasi lainnya mengenai perawatan mobil, otomotif, modifikasi dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan hanya kami.

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku