Logo Daihatsu
Menu

Tips Memasang Sekring Agar Modifikasi Audio Mobil Makin Aman

Otomotif

2022-05-27

Pasang Sekring Saat Modifikasi Audio

Pasang sekring saat modifikasi audio jika tidak dilakukan dengan benar bisa fatal. Mulai dari konslet hingga masalah lain bisa terjadi. Untuk itulah sebelum mulai pasang sekring ada baiknya Anda mencari informasi lebih dulu mengenai tips atau caranya

Adapun informasi tersebut bisa Anda dapatkan hanya disini. Dengan mengetahui info ini Anda bisa melakukan pemasangan dengan baik dan menghindari hal yang tak diinginkan. 

Tips Memasang Sekring yang Benar Supaya Modifikasi Audio Aman

Sekering merupakan salah satu komponen yang penting. Hal ini karena sekring sendiri harus menjaga banyak sekali komponen mobil mulai dari AC, lampu, ABS, Airbag, Komputer mesin, dan lain sebagainya. Untuk itulah pemasangannya harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan beberapa tips berikut:

Pasang Sekring dengan Kapasitas yang Sama

Pasang sekring saat modifikasi audio harus dilakukan dengan memperhatikan kapasitas dari sekring itu sendiri. Usahakan untuk memasang sekering dengan kapasitas yang sama dengan aslinya. 

Jadi bila sekering yang digunakan merupakan sekering jenis 10A maka harus diganti dengan 10A juga. Jangan sampai diganti ke yang lebih kecil seperti 5A atau sebaliknya ke yang lebih besar 15A. Kecuali memang pada kondisi tertentu umumnya bisa diganti ke yang lebih besar.

Menggunakan Dua Sekring Utama

Supaya modifikasi audio semakin aman maka dalam pemasangan sekringnya harus menggunakan dua sekring utama. Sekring yang pertama biasanya berfungsi untuk memutuskan arus listrik utama apabila sewaktu-waktu terjadi induksi. 

Jadi  saat ada kelebihan arus listrik yang mengalir maka secara otomatis jalur kelistrikan grounding akan terputus karena sekring ini. Dengan begitu semua jalur listrik yang ada bisa aman. 

Adapun sekring yang kedua ini juga memiliki fungsi yang tak kalah penting. Hal ini karena perangkat seperti audio umumnya juga menggunakan aliran listrik dalam operasinya.

Nah aliran listrik tersebut pasti akan menghasilkan panas dibagian jalur kabel. Apabila panas ini berlebihan atau sangat panas maka bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Hal ini bisa dicegah dengan keberadaan sekring kedua ini. 

Sekring kedua akan secara otomatis memutuskan aliran listrik berlebih yang menjadi penyebab panas. Dengan begitu panas bisa dikurangi dan resiko konslet hingga terbakar bisa dicegah. 

Pastikan Letak Pemasangannya Benar

Supaya modifikasi audio berjalan baik dan lebih aman maka pastikan Anda memasang sekring dengan benar sesuai dengan letaknya. Adapun letak dari sekring ini sendiri umumnya dipasang pada jalur kabel grounding yang terhubung ke terminal negatif aki. 

Apabila sekring tidak dipasang dengan benar maka bisa berbahaya untuk komponen lainnya. Hal ini karena sekring termasuk salah satu komponen mobil yang vital dan terhubung dengan berbagai komponen lainnya.  

Untuk itulah Anda harus benar-benar memastikan letak maupun cara pemasangan sekring agar terpasang dengan benar. Dengan begitu sekring bisa bekerja dengan maksimal sesuai fungsinya dan tidak akan mengganggu komponen lainnya. 

Tips yang ada diatas bisa Anda ikuti dan praktekan untuk semua jenis mobil termasuk mobil Daihatsu. Dengan begitu pemasangan sekring saat proses modifikasi audio juga bisa berjalan dengan aman dan berfungsi dengan baik serta tidak mengganggu komponen lainnya. 

Namun jika Anda tidak ingin repot dan pusing mengenai tips dan cara pasang sekring saat modifikasi audio maka Anda juga bisa menggunakan jasa profesional yang sudah ahli di bidangnya. Untuk informasi lainnya mengenai perawatan mobil, otomotif, modifikasi dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan hanya kami.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Komponen AC Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui!

2021-02-18

Menurut sejarahnya, AC mobil pertama kali digunakan pada 1939 oleh pabrik mobil asal Amerika, Packard. Pada saat itu, AC masih menjadi perangkat opsional dalam mobil. Se

thumbnail

Memiliki Peranan Penting, Yuk Kenali Fungsi Air Radiator pada Mobil

2021-01-07

Menstabilkan kondisi komponen kendaraan memang perlu dilakukan, apalagi untuk jenis roda empat. Pasalnya, mesin pada kendaraan ini seringkali alami overheating atau kena

thumbnail

Fungsi MID dan Eco Indicator pada Xenia

2021-11-20

Untuk mewujudkan sebagai kendaraan terbaik keluarga indonesia, Daihatsu Xenia kembali hadir dengan varian terbarunya yakni All New xenia. Tidak hanya menghadirkan kejutan yang manis untuk pecinta m

thumbnail

5 Cara Mengusir Tikus Di Mesin Mobil

2020-11-09

Tikus termasuk salah satu hama yang sangat meresahkan masyarakat, karena hewan pengerat satu ini dapat menularkan sejumlah penyakit berbahaya.