Logo Daihatsu
Menu

Wajib Tahu! Ini Cara Pasang Audio Mobil Bagi Pemula yang Benar

Otomotif

2021-03-24

Cara Pasang Audio Mobil

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat. Beberapa orang bahkan ada yang menganggap mobil sebagai rumah kedua sehingga perlu dilengkapi dengan audio untuk menambah kenyamanan saat mengemudi. 

Sayangnya, beberapa mobil dijual tanpa komponen ini, sehingga mengharuskan Anda memasangnya secara mandiri. Berikut cara pasang audio mobil dengan benar. 

Komponen Audio untuk Mobil

Sebelum memasang audio mobil, alangkah baiknya jika Anda telah menyiapkan berbagai komponen ini. Lazimnya, komponen ini akan dirakit dan disatukan untuk menghadirkan audio mobil dengan suara yang mantap. Beberapa jenis komponen tersebut terdiri dari head unit, speaker, x-over/crossover speaker, power amplifier, fuse box, kapasitor bank dan aki.

Komponen tersebut pada dasarnya memiliki fungsi penting untuk menghadirkan audio mobil yang lengkap. Meski demikian, beberapa komponen ada yang tidak selalu digunakan. Misalnya saja kapasitor bank. 

Komponen kapasitor ini sejatinya berfungsi untuk menyimpan listrik dan menghadirkan suara yang besar. Namun, komponen tersebut hanya digunakan untuk amplifier berdaya tinggi.

Cara pasang audio mobil dengan benar perlu dilakukan dengan memahami setiap komponen dengan baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah head unit. Komponen ini memiliki fungsi untuk memutar musik yang melekat pada dashboard. 

Dalam memilih komponen ini, Anda sebaiknya memilih head unit yang mendukung line out Rear L/R, front L/R, subwoofer output dan fitur tertentu.

Kemudian, Anda juga perlu memahami penggunaan speaker karena alat ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara sebagaimana yang diinginkan. 

Anda bahkan perlu mempertimbangkan penggunaan speaker split/coaxial dan speaker subwoofer. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan pembelian speaker dengan power handling yang sesuai dengan power amplifiernya.

Selain itu, penggunaan power amplifier juga sangat dibutuhkan untuk menghadirkan suara musik yang berkelas. 

Cara pasang audio mobil dengan benar menggunakan komponen ini biasanya digunakan untuk penggunaan speaker subwoofer. Anda bahkan bisa memilih amplifier monoblock dengan 2 channel dan 4 channel sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Untuk Audio Mobil Kece!

Tips Memasang Audio Mobil Dengan Tepat

Langkah awal yang paling perlu diperhatikan untuk memasang audio mobil adalah penggunaan kabel yang tepat. Kabel ini memiliki fungsi untuk menyalurkan daya listrik pada setiap perangkat untuk menghadirkan suara yang berkualitas. 

Dalam hal ini, Anda perlu memotong dan menyambungkan kabel dengan rapi dan tidak tertumpuk agar tidak ada yang konslet.

Kemudian, masukkan sumber listrik yang diperoleh dari kepala aki positif dan negatif. Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan kabel yang tepat untuk menyambungkan speaker dengan aki. 

Penyambungan ini bahkan harus dilakukan dengan rapi dan hindari kabel yang terkelupas untuk mencegah terjadinya arus pendek dan konsleting.

Anda juga bisa menambahkan power amplifier untuk meringankan kinerja aki. Cara pasang audio mobil dengan benar dalam tahapan ini adalah menyambungkan amplifier dengan kabel speaker dan subwoofer. 

Anda bahkan perlu menggunakan kabel yang sesuai dengan kemampuan daya komponen ini. Kemudian, tutuplah kabel yang telah disambungkan menggunakan isolasi dengan rapi.

Penggunaan speaker dan subwoofer yang digunakan untuk meningkatkan suara audio mobil sebaiknya diletakkan pada kendaraan. 

Anda bahkan perlu menyediakan tempat dudukan baru yang melekat pada body mobil. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan keselamatan karena speaker dan subwoofer yang tidak erat dapat mudah lepas dan mobil terkena benturan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami ketika hendak memasang audio mobil dengan benar. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memahami penggunaan beberapa komponen yang akan dirancang dengan tepat. Anda bahkan perlu menyesuaikan jumlah komponen yang digunakan sesuai dengan tujuan pemasangan audio.

Baca Juga: Daftar 7 Merk Audio Mobil Terbaik


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT dan AT, Mana yang Lebih Baik?

2021-04-19

Mesin mobil terus dikembangkan seiring perubahan dan bertambah canggihnya teknologi. Bahkan, untuk transmisi saja, yang awalnya hanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu tr

thumbnail

5 Cara Membersihkan Radiator Mobil agar Senantiasa Awet Tahan Lama

2021-08-01

Pada sebuah mobil, radiator berperan penting sebagai unit penstabil suhu di dalamnya. Inilah mengapa bagian yang satu ini harus senantiasa dirawat dan dibersihkan. Cara

thumbnail

Kelebihan Velg Mobil Metode Flow Form Dibanding Casting

2022-05-13

Ada banyak jenis velg mobil yang banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa memutuskan memilih jenis velg sesuai dengan kebutuhan. Namun tetap saja, Anda perlu memperhatikan