Logo Daihatsu
Menu

Tips Membuat Rambut Anak Lembut

Family

2020-11-26

tips rambut anak lembut

Anak kecil sering kali mudah lusuh dan berkeringat. Ditambah lagi karena aktivitas harian yang ekstrem, terkadang membuat rambut anak kucel dan bau tidak sedap. Beberapa orang tua pun ada yang peduli ada yang tidak tentang kondisi rambut anaknya.

Untuk orang tua yang peduli dengan kebersihan anaknya, terutama rambut, pasti gundah bagaimana sih tips membuat rambut anak menjadi lembut. Berikut ini adalah beberapa tips membuat rambut anak Sahabat menjadi lembut.

Jangan Terlalu Sering Pakai Sampo

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, apapun itu. Dalam hal ini juga berlaku bahwa memakai sampo terlalu sering bisa membuat kulit kepala kering. Ketika kondisi kulit kepala kering, maka kulit kepala akan mengeluarkan minyak untuk menormalkan kondisi kulit kepala.

Ketika anak tidak memakai sampo, maka kulit kepala akan masih tetap mengeluarkan minyak berlebih. Inilah yang menyebabkan rambut mudah lepek.

Untuk itu, anak-anak idealnya memakai sampo 2 atau 3 hari sekali. Namun, jika memang si kecil sedang beraktivitas seharian maka Sahabat bisa menyampoinya agar rambut si kecil tetap wangi.

Pilih Sisir yang Tepat

Tiap sisir memiliki fungsinya sendiri. Ada sisir yang rapat, ada juga yang sisir yang renggang. Untuk rambut yang lebat biasanya menggunakan sisir yang renggang. Namun, untuk rambut yang tidak seberapa lebat bisa menggunakan sisir yang rapat.

Ketika rambut anak kusut, maka cara untuk menyisirnya tidak boleh dari atas. Menyisir dari atas akan membuat anak kesakitan dan semakin kusut. Cara yang tepat adalah dengan cara menyisir dari bagian yang mengusut lalu ke bawah. Sisir dengan pelan-pelan. Jika sudah terbuka kusutnya, sisir lagi dari atas.

Pilih Sampo Sesuai Umur

Tidak semua jenis sampo bisa dipakai oleh anak segala umur. Ada rentang umur kapan sampo tersebut dipakai.

Untuk bayi 0 hingga 1 tahun, biasanya masih bisa menggunakan sampo bayi. Namun, jika sudah berumur 1 tahun ke atas, Sahabat bisa memberinya sampo anak-anak yang sudah disertai conditioner.

Hindari memakaikan sampo orang dewasa kepada anak Sahabat. Hal ini akan membuat rambut anak kering dan bercabang.

Dalam memilih sampo yang tepat ini, Sahabat terkadang harus mencoba beberapa jenis merek. Tidak semua merek memiliki formula yang cocok dengan kulit kepala dan rambut anak Sahabat. Jika Sahabat sudah menemukan sampo yang tepat, jangan Sahabat gonta-ganti lagi dengan sampo lainnya.

Hindari Pakai Hair Dryer

Memakai hair dryer tidak boleh dipakai orang anak kecuali sesekali saja. Hair dryer bisa merusak rambut anak. Rambut yang sering dikeringkan dengan hair dryer akan pecah-pecah, bercabang, dan kering. Jika rambut anak Sahabat sudah seperti ini, maka perawatannya akan lebih susah. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Baca juga: Model Rambut Anak Perempuan dan Tips Trik Memotong Sendiri Rambut Anak di Rumah

Gunakan Lidah Buaya atau Minyak Kelapa Murni

Bagi anak Sahabat yang rambutnya kurang lembut, kering, dan bercabang, Sahabat bisa memakai lidah buaya atau minyak kelapa murni. Untuk lidah buaya, Sahabat bisa menanam sendiri dan memanennya untuk dioleskan ke kepala anak Sahabat. Namun, jika itu merepotkan, maka Sahabat bisa membeli sampo yang mengandung lidah buaya.

Untuk minyak kelapa murni atau yang biasa disebut dengan virgin coconut oil ini Sahabat bisa mendapatkannya di apotek terdekat. Harganya juga tergolong terjangkau.

Itulah beberapa tips membuat rambut anak menjadi lembut. Semoga tips ini bermanfaat.

Penulis: Iskael


Tag

Family

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kegiatan Membantu Orang Tua Di Rumah yang Bisa Dilakukan Selama Masa Pandemi

2021-08-03

Saat ini di Indonesia sedang dilaksanakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Sehingga banyak orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Keg

thumbnail

Begini Cara Mudah Mencari Kerja Online

2020-12-16

Cara mencari kerja online adalah aktivitas yang banyak dilakukan orang di masa pandemi seperti ini. Pasalnya, banyak sekali pengurangan tenaga kerja dan  penguranga

thumbnail

Cara Menghilangkan Stres Karena Masalah Keluarga Secara Islami

2020-11-14

Keluarga adalah orang yang dekat dengan Sahabat dan sekaligus orang yang paling sering terlibat masalah dengan Sahabat. Mulai dari masalah sepele hingga masalah besar dapat timbul akibat kedekatan

thumbnail

Perkiraan Biaya Hidup di Jepang, Apasih yang Bikin Mahal?

2020-11-18

Jepang menjadi salah satu negara maju memang tidak dipungkiri mampu menarik minat banyak orang dari berbagai negara untuk tinggal ataupun menetap di negara tersebut. Mul