Logo Daihatsu
Menu

Tips Memilih Mobil MPV Bekas yang Berkualitas

Otomotif

2021-01-05

mpv xenia

Tips memilih mobil MPV bekas adalah hal yang harus Sahabat lakukan, apalagi jika ingin mendapatkan MPV bekas berkualitas. Membeli MPV bekas berkualitas bisa bikin Sahabat punya MPV dengan harga murah, namun kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan.

Dengan begitu, Sahabat pun tak ragu untuk menggunakannya bersama keluarga Sahabat. Pada artikel ini, kami akan coba beritahu apa saja tips memilih mobil MPV bekas yang berkualitas. Adapun tips-tips tersebut adalah:

Belilah di Showroom yang Besar dan Ternama

Walaupun sekarang mobil bekas bisa didapatkan secara online, kami sarankan agar Sahabat membelinya secara offline di showroom mobil. Membeli showroom akan memudahkan Sahabat untuk melihat tampilan mobil tersebut secara langsung. Sahabat pun juga jadi bisa mencoba mobil itu di tempat.

Untuk showroom, pilihlah showroom yang besar dan ternama. Showroom semacam itu punya pilihan MPV bekas yang relatif banyak, sehingga Sahabat pun jadi punya banyak pilihan dan pertimbangan. MPV bekas yang dijual di showroom semacam itu biasanya punya kualitas yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Tanyalah Riwayat Perawatannya

Bila Sahabat menemukan MPV bekas berkualitas yang diinginkan, jangan langsung terburu-buru untuk membelinya. Cobalah untuk mengecek beberapa hal terkait mobil tersebut. Salah satunya adalah riwayat perawatannya.

Sahabat bisa mengecek hal tersebut lewat buku riwayat service dari mobil bersangkutan. Mengecek hal itu sangat penting. Sebab, dari situ Sahabat akan mengetahui apakah mobil itu dirawat secara rutin oleh pemilik lamanya atau tidak. Mengetahui hal itu juga bikin Sahabat tahu, apakah mobil tersebut pernah mengalami kerusakan atau baik-baik saja,

Cek Kelengkapan Surat-Suratnya

Selain riwayat perawatan, hal lain yang harus Sahabat cek adalah kelengkapan surat-surat pada mobil tersebut. Semisal STNK dan BPKB. Hal itu untuk memastikan apakah mobil tersebut betul-betul berasal dari pemilik asli atau curian.

Cek Kenyamanan Mobil Beserta Kapasitasnya

Salah satu aspek penting yang mesti ada pada MPV adalah kenyamanan mobil, serta kapasitas dari mobil itu sendiri. Untuk kenyamanan, Sahabat bisa memperhatikan apakah ruangan kabinnya cukup luas atau tidak. Cek pula beberapa aspek lainnya pada MPV bekas tersebut. Semisal AC, kursi penumpang dan supir, serta suspensi mobilnya.

Setelah mengecek kenyamanan mobil, Sahabat juga harus memperhatikan berapa kapasitas mobil tersebut. Untuk soal ini, Sahabat harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Sahabat sendiri. 

Misalnya: jika Sahabat memiliki keluarga banyak anak, maka Sahabat cek apakah MPV bekas tersebut bisa menampung anak-anak Sahabat atau tidak. Sebagai saran, Sahabat pilih MPV bekas berkapasitas 7 orang, jika Sahabat memang termasuk keluarga tersebut.

Lakukan Test Drive

Jika Sahabat sudah mengecek beberapa hal di atas, jangan ragu untuk melakukan test drive. Apalagi, kalau Sahabat betul-betul membeli MPV bekasnya dari showroom besar dan ternama.

Melakukan hal itu bisa membuat Sahabat bisa memastikan seperti apa performa, serta kenyamanan sebuah MPV bekas saat dikendarai. Saat melakukan test drive, cobalah perhatikan sejumlah hal.

Mulai dari kaki-kaki mobil, sistem pengereman, hingga performa mesinnya. Pastikan apakah semua hal tersebut masih terasa baik-baik saja atau ada sedikit masalah.

Test drive sebetulnya bisa Sahabat lakukan sendiri. Namun, jika Sahabat ingin tahu pendapat dari keluarga Sahabat, maka Sahabat bisa mengajak mereka saat nanti melakukan test drive.

Itulah sejumlah tips memilih mobil MPV bekas yang berkualitas. Selintas, tips-tips di atas tidak jauh berbeda dibanding tips-tips membeli mobil bekas pada umumnya. Namun, sejumlah tips itu tetap layak dicoba, jika Sahabat ingin mencoba mendapatkan MPV bekas berkualitas.

Penulis : Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merakit Subwoofer untuk Mobil yang Baik

2021-03-23

Subwoofer merupakan salah satu jenis speaker yang berfungsi untuk menerima musik dengan frekuensi rendah. Jenis speaker satu ini dinilai sangat nikmat jika digunakan unt

thumbnail

Efek Buruk Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil

2021-10-28

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting. Seperti misalnya keadaan tekanan angin ban mobil yang sesuai dan tidak dalam kondisi yang diku

thumbnail

Ball Joint Mobil: Fungsi, Penyebab Rusak & Cara Memperbaikinya

2022-09-26

Bicara soal komponen mobil, ada salah satu

thumbnail

Penyebab Oli Mesin Bisa Tercampur Dengan Air Radiator

2022-04-28

Bagi pemilik kendaraan, apabila oli mesin bercampur dengan air menjadi salah satu hal yang paling ditakuti. Bagaimana tidak? Oli pada mesin yang tercampur dengan air ini