Logo Daihatsu
Menu

Tips Memiliki Garasi Mobil untuk Rumah yang Kecil

Otomotif

2021-02-22

garasi kecil

Harga rumah yang semakin tinggi membuat banyak orang kesulitan untuk memiliki rumah. Sehingga perumahan dengan rumah tipe kecil menjadi solusi bagi yang ingin memiliki rumah dengan harga terjangkau. Rumah tipe kecil memang minim fasilitas, biasanya hanya memiliki satu kamar mandi dan satu kamar tidur. Bahkan terkadang tidak memiliki ruang untuk garasi mobil. Bisa saja rumah kecil memiliki garasi. Tetapi tentu Sahabat harus mengorbankan sebagian luas tanah untuk dijadikan garasi mobil rumah kecil. Ukuran standar garasi mobil untuk mobil kecil adalah 2,4 x 4,8 meter persegi. Tentu saja ini cukup memakan luas tanah pada rumah kecil.

Garasi mobil merupakan tempat yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mempunyai mobil, apalagi jika bertempat tinggal di kampung yang padat penduduk. Seringkali beberapa orang memilih menaruh mobil mereka di depan rumah dan memakan bahu jalan. Mungkin menurutnya tidak masalah, padahal hal itu mengganggu banyak orang yang menggunakan jalan umum tersebut.

Sebagai bentuk tanggung jawab memiliki mobil adalah mempunyai garasi. Garasi sebenarnya bisa dibuat jika memang ada niat. Tak perlu ukuran yang besar, garasi bisa dibuat berdasarkan ukuran mobil yang Sahabat miliki. Tak jarang loh ada rumah yang mempunyai luas tanah yang sempit, namun tetap bisa memiliki garasi untuk mobilnya. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips memiliki garasi mobil untuk rumah yang kecil.

Garasi Mobil Terbuka 

Rumah kecil tidak memiliki banyak ruang kosong. Tetapi bagian depan rumah biasanya akan diberi jarak dari jalan sebagai teras rumah. Sahabat dapat memanfaatkan ruang kosong ini untuk garasi mobil rumah kecil. Jika ternyata luas tanah terlalu berdekatan dengan jalan maka Sahabat dapat membiarkan garasi mobil terbuka tanpa pagar.

Garasi Menyambung dengan Teras

Cara termudah membuat garasi mobil rumah kecil adalah dengan menyambung tempat garasi dengan teras depan rumah. Jika mobil sedang dipakai di luar, maka bisa dimanfaatkan untuk teras. Namun, jika sudah pulang kerja dan mobil harus masuk, teras berfungsi sebagai garasi mobil.

Sahabat tidak perlu mengepaskan ukuran teras dengan mobil yah, berikan beberapa spasi untuk menaruh pot atau kursi dan meja untuk sekadar menerima tamu. Dengan seperti itu akan memberikan kesan yang nyaman saat dilihat.

Rumah Didesain Tanpa Pagar

Salah satu penyebab lahan rumah termakan beberapa meter persegi adalah karena adanya pagar. Jika Sahabat tinggal di perumahan yang aman seperti cluster, maka rumah kecil bisa didesain tanpa pagar tanpa harus takut kecurian. Sebenarnya di perkampungan pun tidak masalah tanpa pagar, jika memang kampungnya sangat kondusif dan jarang terjadi pencurian.

Dengan tanpa pagar ini, Sahabat bisa menambah ruang untuk garasi mobil. Tentu saja memang butuh lahan di depan pintu untuk tempat garasi mobil. Namun, jika tanpa pagar, lahan yang termakan relatif lebih sedikit.

Manfaatkan Ruang Kosong yang Ada

Setiap rumah memiliki luas lahan dan bentuk yang berbeda. Terkadang ada rumah yang lahannya berbentuk huruf L. Nah, jika Sahabat mempunyai rumah kecil dengan lahan berbentuk L, Sahabat bisa memanfaatkan ruang kosong di satu sisi L untuk garasi.

Selain untuk garasi, Sahabat bisa memanfaatkan ruang kosong tersebut untuk menanam beberapa tanaman yang tidak makan lahan. Dengan memberikan ruang untuk tanaman, mata akan lebih sedap memandang dedaunan yang hijau.

Itulah beberapa tips untuk bisa memiliki garasi mobil rumah kecil. Sahabat bisa mencobanya dan memilih kira-kira mana yang cocok untuk kasus rumah kecil yang Sahabat punyai.

Penulis: Iskael


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ciri-Ciri Sensor CKP Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

2024-01-15

Mengenali ciri-ciri sensor CKP rusak dan cara mengatasinya pada mobil sangatlah perlu. Sebab sensor CKP memiliki beberapa fungsi vital. Mulai dari mendeteksi kecepat

thumbnail

Beberapa Penyebab Mur Roda Mobil Rusak

2021-12-10

Mur roda mobil rusak, mungkin Anda pernah mengalami hal ini. Namun, tahukah Anda apa penyebab utamanya. Nah, ulasan kali ini akan membahas mengenai beberapa penyebab mur

thumbnail

Catat, Ini Daftar Tekanan Angin Ban untuk Mobil Daihatsu biar Aman dan Nyaman

2020-12-22

Tekanan angin ban mobil adalah satu hal yang harus diperhatikan pengemudi untuk menjaga stabilitas saat berkendara. Tekanan ban yang terlalu tinggi berisiko mengalami pe

thumbnail

Serba-serbi Alarm Mobil, Cara Kerja sampai Tips Memilihnya

2020-12-03

Alarm mobil merupakan suatu perangkat yang digunakan pada kendaraan sebagai bagian dari sistem keamanan. Keberadaan dari alarm mobil bisa dikatakan penting karena memiliki berbagai fungsi.