Logo Daihatsu
Menu

Tips Memperbaiki Karter Oli Mesin Mobil yang Bocor

Otomotif

2022-05-06

oli karter mobil bocor

Sebelum menggunakan mobil, pastikan Anda memeriksa kondisi mobilnya. Terutama pada bagian pelumasan oli. Perlu Anda ketahui bahwa karter oli pada mesin mobil rawan mengalami kebocoran. Karter oli mobil ini letaknya menempel pada mesin.

Apabila karter oli mesin mobil bocor, maka bisa menyebabkan dampak buruk pada performa mesin dan juga komponen lainnya. Tidak hanya itu saja, namun juga bisa mengurangi kapasitas oli yang ada pada bagian karter olinya, ini menyebabkan pelumasan tidak bekerja maksimal.

5 Cara Memperbaiki Karter Oli Mesin Mobil Bocor

Pada saat karter oli mesin mobil bocor maka segera lakukan perbaikan. Jika tidak segera diperbaiki maka kerusakannya bisa semakin parah. Tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki karter oli mesin sebagai berikut.

Periksa Bagian Ring Mobil

Untuk mendeteksi kebocoran oli, Anda bisa memeriksa bagian karter oli. Lakukan pengecekan pada bagian ring mobil terlebih dahulu. Adanya ring ini berfungsi untuk mencegah oli rembes. Kebocoran oli bisa saja terjadi karena ring tidak terpasang dengan baik, bisa juga ring jatuh atau hilang. Apabila ring hilang, Anda bisa mengganti dengan yang baru.

Gantilah Segel Atau Pakingnya

Tips selanjutnya adalah mengganti paking atau segel yang rusak atau aus. Komponen pada mobil memiliki poros dengan sambungan yang berbeda-beda. Sambungan ini memiliki gasket atau penyekat yang berfungsi untuk menjaga agar oli tidak bocor. Pada saat poros berputar maka suhunya bisa meningkat secara drastis dan turun ke titik beku.

Akibatnya bisa membuat gasket menjadi rusak dan menjadikan oli merembes dan mengalami kebocoran. Jika sudah begini maka Anda perlu mengganti segel yang aus atau  paking rusak dengan yang baru.

Gunakan Seal Tape

Anda juga memperbaiki karter oli yang bocor dengan menggunakan seal tape. Untuk menggunakannya, cukup dengan membungkus semua ulir baut dengan seal tape ini. pastikan karter oli terpasang dengan benar dan tidak kendor. Cara ini memang cukup efektif untuk mengatasi kebocoran oli.

Kencangkan Baut yang Sudah Longgar

Memeriksa baut pada bagian mobil memang perlu Anda lakukan. Baut yang longgar memang berpengaruh terhadap kebocoran oli mobil Anda. bagian yang disambungkan dengan baut bisa saja renggang, sehingga memungkinkan rembesan oli menetes melalui celahnya. Sebelum memperbaikinya, pastikan bautnya sudah terpasang dengan kencang.

Jika memang bautnya longgar, Anda bisa mengencangkannya kembali menggunakan kunci pas torsi. Akan tetapi setiap mobil memiliki spesifikasi pola dna jga toleransi yang berbeda mengenai pengencangan baut.

Gunakan Cairan Sealant Oli Mesin

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki karter oli yang bocor menggunakan sealant oli mesin. Sealant ini merupakan cairan perekat yang bisa dioleskan di sekeliling area mesin untuk menutupi kebocoran oli. Bahkan Anda bisa menggunakan cairan ini dengan mudah tanpa perlu repot membongkar mesin.

Itulah beberapa tips untuk memperbaiki karter oli mesin mobil bocor. Apabila kebocoran oli sudah parah, akan lebih baik jika Anda memanggil teknisi yang lebih handal. Tips di atas bisa dilakukan apabila kebocoran oli tidak terlalu parah, atau hanya setitik kecil saja.

Selalu rutin service mobil ke dealer Daihatsu terdekat agar kendaraan Anda bisa nyaman dan aman saat digunakan. Anda juga bisa mendapatkan layanan dan service terbaik dari kami untuk kendaraannya. Serta pastikan untuk selalu mengunjungi laman kami ini untuk melihat informasi terupdate seputar perawatan kendaraan, service dan lain sebagainya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Tanda-tanda Freon AC Mobil Minta Diganti

2022-04-28

Setiap tempat yang terdapat AC akan terasa dingin dan sejuk. Bahkan saat ini semua jenis mobil memiliki AC agar tetap dingin dan nyaman saat berkendara. Udara yang menja

thumbnail

Nggak Perlu ke Bengkel, Begini Cara Mengganti Oli Mobil yang Benar

2020-11-22

Oli mobil memiliki peran penting dalam menjaga performa mobil. Setidaknya oli mobil harus diganti secara berkala, minimal tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer. Nggak perlu diba

thumbnail

6 Cara Cek Aki Mobil Masih Bagus atau Tidak, Kenali Ciri-Cirinya

2023-07-10

Selain bensin dan oli, aki adalah salah satu komponen penting pada mobil sehingga perlu dilakukan pengecekan secara berkala. Cara cek aki mobil masih bagus atau tida

thumbnail

Bagaimana Cara Kerja Power Steering? Berikut Penjelasannya

2021-01-10

Power steering merupakan salah satu komponen pada mobil, yang sistem kerjanya dapat membantu pengemudinya bisa mudah menggerakkan mobil.