Logo Daihatsu
Menu

Tips Menghemat Aki Meskipun Modifikasi Audio Mobil

Otomotif

2022-06-29

Hemat Aki Meskipun Modifikasi Audio

Sejatinya takaran daya konsumsi listrik di semua mobil telah disesuaikan dengan sebaik mungkin. Hanya saja, karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas maka kadang kala kita menambah aksesoris pada mobil, misalnya upgrade audio.

Penambahan aksesoris ini, jika tidak diperhitungkan dengan benar, akan menyebabkan mobil berhenti beroperasi. Apakah bisa sefatal itu? Jawabannya relatif, tapi yang jelas itu bisa menyebabkan aki tekor. Lalu adakah tips untuk hemat aki meskipun modifikasi audio? Ikuti terus tulisan ini untuk keterangan lebih lanjut.

Tips Menghemat Aki Meskipun Modifikasi Audio Mobil

Mobil tidak akan bisa berjalan tanpa aki. Ia menjadi ujung tombak nyawa sebuah mobil. Betapa tidak, aki merupakan sumber listrik yang sangat dibutuhkan untuk menyalakan mobil.

Mulai dari saat menyalakan mobil, lampu mobil, hingga sesederhana membunyikan klakson, semua itu membutuhkan daya listrik. Nah, aki inilah yang bertugas sebagai penyedia aliran listrik dalam mobil.

Jika penggunaan daya aki tidak dikelola dengan baik, maka aki akan menjadi lebih cepat aus. Adapun normalnya, aki bisa digunakan dalam jangka kurang lebih 2 hingga 5 tahun yang setelahnya harus sudah diganti.

Sekilas info, aki dalam mobil dibedakan menjadi dua jenis. Aki kering dan aki basah. Aki basah biasanya lebih membutuhkan penangan ekstra untuk menjaganya agar tetap prima dan mencegah mobil tiba-tiba mogok.

Lalu bagaimana jika Anda menambah aksesoris tambahan, misalnya melakukan modifikasi sistem audio mobil? Apa yang harus dilakukan untuk menjaga agar aki bisa bertahan cukup lama? Berikut tipsnya:

Ganti Alternator

Salah satu cara untuk menghemat aki saat Anda melakukan modifikasi audio mobil adalah dengan mengganti alternator. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi daya berlebih yang dibutuhkan saat Anda menyetel musik di perjalanan pulang kerja Anda.

Dengan mengganti alternator ke tingkat daya yang sesuai, maka penggunaan aki akan lebih terjaga dan proses charging dari penggunaan daya aki tetap normal bahkan menjaga agar air aki tidak cepat habis.

Bijaklah Dalam Mendengarkan Musik

Blasting music out loud memang salah satu pelepas stress yang cukup ampuh, apalagi jika Anda menjadi langganan kemacetan. Namun Anda harus lebih bijaksana dalam mengelola kebiasaan Anda yang ini.

Segala aksesoris sistem audio yang telah dimodifikasi biasanya memakan daya yang lebih besar daripada yang bisa ditampung oleh aki bawaan. Untuk itulah jangan terlalu sering mendengarkan musik di mobil, pastika Anda menyetel musik secara proporsional.

Rutin Panaskan Mobil

Jika Anda sudah terlanjur melakukan modifikasi audio pada mobil Anda, tapi Anda sendiri tidak senang berkendara, maka jangan biarkan mesin mobil dingin terlalu lama.

Jangan biarkan mobil terparkir terlalu lama tanpa pernah dinyalakan selama beberapa hari. Hal ini guna menjaga umur aki agar tetap awet dan bisa bertahan untuk jangka waktu lama.

Jangan Terlalu Sering Berkendara

Kecenderungan manusia sekarang adalah sangat gemar mengendarai mobil pribadi. Padahal sesekali menggunakan layanan transportasi umum tidak begitu buruk untuk dilakukan.

Ada banyak manfaat jika Anda mulai membiasakan untuk sesekali meninggalkan mobil Anda di garasi rumah daripada membawanya ke kantor. Manfaatnya diatanta disamping untuk menghemat bahan bakar, ikut menjaga agar polusi udara tidak semakin menjadi, juga untuk menjaga kesehatan aki mobil.

All in all¸sebelum melakukan modifikasi audio sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahlinya. Serta rawatlah aki Anda sebaik mungkin, salah satunya dengan rutin mengeceknya di bengkel kami, Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Jenis BBM di Indonesia yang Mesti Sahabat Ketahui

2021-01-05

Jenis BBM adalah hal yang mesti Sahabat ketahui, agar Sahabat tak salah mengisi BBM pada kendaraan Sahabat. Di Indonesia, jenis BBM sendiri tergolong banyak. Sebagian ad

thumbnail

5 Jenis Bahan Bakar Alternatif Sebagai Pengganti Bensin

2021-03-23

Sebuah kendaraan tidak akan bisa bergerak tanpa adanya Bahan Bakar Mesin atau yang disingkat dengan BBM. Akan tetapi, tingginya penggunaan BBM di Indonesia menjadi suatu

thumbnail

Mengenal Skema Indikator Bensin Mobil dan 4 Permasalahan yang Sering Terjadi

2020-10-30

Setiap kendaraan dibekali dengan indikator bensin yang terletak di bagian depan pengemudinya. Indikator bensin tersebut membantu pengemudi dalam memperkirakan waktu tepa

thumbnail

Jangan Panik, Simak 3 Penyebab dan Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

2021-01-14

Permasalahan kerusakan pada koil mobil bisa dikarenakan banyak sebab. Meski kerusakan ini kerap sekali terjadi, nyatanya Anda perlu pengetahuan lebih akan cara perbaikan