Logo Daihatsu
Menu

Tips Menghindari Ujung As Shock Breaker Berkarat

Otomotif

2021-11-30

shock breaker berkarat

Shock breaker berkarat dapat menjadi masalah bagi mobil kesayangan. Bagian ini cukup vital sehingga harus selalu dipastikan bahwa kondisinya OK.

Komponen mobil harus dalam keadaan prima. Pasalnya menyangkut keamanan dan kenyamanan pengendara serta penumpang kendaraan tersebut. Untuk menghindari masalah, periksa dengan seksama, baik di bengkel maupun secara mandiri. 

Bagaimana Mencegah Ujung Shock Breaker Berkarat?

Karat merupakan momok bagi kendaraan bermotor, termasuk mobil. Gara-gara hal ini kendaraan dapat mengalami kerusakan. Terlebih jika terjadi pada bagian yang vital, tentu dapat mengganggu keselamatan. 

Bagi Anda yang sering melewati daerah banjir atau kendaran harus melintasi hujan sebaiknya berhati-hati. Air hujan mempunyai kadar asam yang cukup tinggi sehingga mudah menyebabkan terjadinya karat.

Bagian mobil yang sering terkena air hujan adalah ujung shock breaker sehingga mudah berkarat. Meskipun ada yang mempunyai perlindungan berupa bahan dari karet, namun air tetap dapat merembes masuk.

Untuk mencegah air merembes dan berpotensi menimbulkan karat, Anda harus cermat dan sering memeriksanya. Namun hal tersebut tentu sulit dilakukan karena pada musim hujan bisa saja setiap hari mobil terkena air. Langkah berikut dapat dilakukan:

1. Beri Lem Di Sisi Tutup Karet

Air merupakan zat yang sangat mudah merembes. Meski sudah ditutup dengan karet namun jika ada sedikit saja celah masih bisa merembes masuk. Pemberian lem di sekitar tutup karet akan membuatnya rapat.

Gunakan lem yang mampu menahan air  dengan kuat sehingga bagian dalamnya benar-benar kering. Pastikan sebelum memasang sparepart, lem yang ditempelkan sudah melekat dengan kuat.

2. Arahkan Buangan Air Ke Bagian yang Aman

Pembuangan air yang pas dapat menghindari rembesan ke arah as shock breaker. Dengan begitu sparepart aman sehingga karat tidak bisa datang, tentu hal ini akan membuat lebih nyaman berkendara.

3. Oles Gemuk Di Ujung As Shock

Gemuk atau grease lazim dioleskan pada shock breaker sebelum dipasang. Zat ini terbukti dapat menjauhkan sparepart dari karat. Fungsi gemuk sebagai pelapis sehingga bagian yang terbuat dari besi tidak dapat dijangkau dan aman.

Sebelum mengoleskan perhatian bagian yang akan diberi gemuk. Jangan sampai salah karena kinerja sparepart kendaraan berbeda-beda. Jika gemuk mengenai bagian yang tidak seharusnya justru dapat mengurangi kenyamanan berkendara.

4. Gunakan Perontok Karat

Banyak perontok karat yang dijual. Bahkan ada yang dapat dengan menggunakan zat yang dapat ditemui di rumah. Namun dalam memilih perontok karat, perhatikan apakah bahan tersebut aman bagi spare part atau bagian lain dari mobil Anda.

Oleskan perontok karat secukupnya sesuai petunjuk penggunaan. Masing-masing bahan mempunyai cara pemakaian yang berbeda. Begitu juga banyak-sedikitnya olesan perontok tersebut. 

5. Kendorkan Mur Pengancing

Dengan mengendorkan kemudian menguatkan kembali mur pengancing akan merontokkan karat yang menempel. Cara ini dapat Anda lakukan secara berkala, terutama ketika melakukan tune up. Sebelum tebal, cara ini ampuh mengusir karat.

Ketika membawa mobil ke bengkel, jangan lupa untuk mengingatkan teknisi agar memeriksa bagian as shock breaker. Dengan pengecekan secara berkala Anda akan dapat memastikan kondisinya. Tentu saja hal ini juga menghindarkan dari karat.

Ganti Shock Breaker Berkarat Sekarang!

Kenyamanan berkendara ditentukan dari kondisi mobil Anda. Semakin prima, tentu lebih aman dan nyaman. Pilihan jenis kendaraan juga sangat berpengaruh. Xenia merupakan salah satu pilihan yang tepat karena handal.

Baca Juga: 3 Hal yang Bisa Sahabat Lakukan Untuk Merawat Shockbreaker

Shock breaker berkarat merupakan masalah yang sering terjadi. Untuk menghindarinya, poin-poin di atas dapat membantu. Menjaga kendaraan tetap prima akan memberikan rasa aman dan kenyamanan selama berkendara.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tips Merawat AC Mobil Agar Tidak Mudah Kolaps

2021-08-08

Produk kendaraan roda 4 seperti mobil pastinya dilengkapi dengan unit pendingin atau AC mobil. Terutama untuk merek Daihatsu, mobil yang kami jual pastinya dilengkapi de

thumbnail

5 Cara Mengemudi Mobil Manual Di Tanjakan

2020-11-14

Melenggang di jalan perkotaan yang cenderung mulus dan rata mungkin adalah pekerjaan sederhana bagi sebagian orang, namun bagaimana jika Anda harus menempuh rintangan be

thumbnail

6 Jenis Roof Rack yang Bisa Menjadi Pilihan saat Membawa Banyak Barang Mudik

2020-12-04

Mudik tentu tidak lengkap rasanya tanpa membawa oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Terkadang, banyaknya oleh-oleh bersama barang bawaan membuat perjalanan mudik

thumbnail

Mengenal Jenis dan Cara Pasang Relay Lampu Mobil

2021-03-22

Relay pada lampu kendaraan memiliki peran agar lampu kendaraan menyala dengan baik dan menghasilkan cahaya cukup terang. Alhasil pengendara dapat melihat di daerah yang