Logo Daihatsu
Menu

Tips Merawat Pengunci Kap Mesin Mobil

Otomotif

2022-05-22

Pengunci Kap Mesin

Bagian kap mesin mobil ternyata juga perlu dirawat dengan baik. Khususnya pada bagian pengunci kap mesin mobil. Jika tidak dirawat dengan baik penguncingnya, maka bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk membuka kap mesin mobil dan tidak mudah terbuka saat mobil dijalankan.

Masih banyak masyarakat yang justru menyepelekan hal ini. Padahal fungsi dari pengunci kap pada mesin mobil ini cukuplah penting. Kemacetan pada kap mesin yang menjadikan sulit dibuka bisa terjadi karena adanya debu yang menumpuk pada bagian penguncinya. Selain itu juga bisa saja terjadi karena adanya pengaratan pada penguncinya.

Lakukan Perawatan Pengunci Kap Mesin Agar Tidak Macet

Bagian kap mesin mobil akan terasa kurang nyaman jika saat dibuka mengalami kemacetan. Bahkan kap mesin terbuka saat mobil dijalankan juga akan mengganggu kenyamanan Anda bukan? Hal seperti ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan pada bagian pengunci kap mesin mobil yang Anda miliki.

Anda bisa menghindari masalah seperti ini dengan cara melakukan perawatan secara rutin pada bagian penguncinya. Tenang saja, perawatan ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Coba ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Bersihkan Pengunci Kap Secara Rutin

Pengunci kap mesin mobil bisa mengalami kemacetan jika terdapat banyak debu dan kotoran yang menumpuk dan menempel. Untuk itu Anda perlu membersihkan bagian pengunci ini dari berbagai kotoran dan debu. Bersihkan menggunakan kain bersih atau sikat kecil agar menjangkau celah yang kecil.

Agar lebih bersih, Anda juga bisa membersihkan penguncinya menggunakan air sabun. Pembersihan seperti ini bisa Anda lakukan secara rutin setidaknya satu minggu sekali. Pastikan tidak ada lagi bagian pengunci yang terdapat debu dan kotoran yang menempel. Dengan begitu pengunci pada kap mobil tidak lagi mengalami kemacetan.

2. Berikan Cairan Anti Karat

Kemacetan yang menyebabkan kap mobil sulit dibuka tidak hanya disebabkan karena pengunci yang kotor akibat debu dan kotoran saja. Melainkan juga bisa disebabkan karena adanya pengaratan pada bagian penguncinya. Anda bisa memberikan cairan anti karat agar bagian penguncinya tidak berkarat.

Penyemprotan cairan ini bisa dilakukan saat bagian penguncinya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Semprotkan cairan ini secukupnya dibagian yang tepat dan lakukan hal ini secara berkala setidaknya 6 bulan sekali.

3. Memberikan Grease atau Gemuk

Tips merawat terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan grease atau gemuk pada bagian pengunci kap mesin mobil. Berikan gemuk ke bagian mekanisme penguncinya. Pemberian gemuk ini tidak boleh dilakukan dalam jumlah yang banyak. Anda hanya perlu memberikan secukupnya saja.

Jika memberikan gemuk secara berlebihan, justru bisa membuat debu dan kotoran mudah menempel pada bagian penguncinya. Untuk itu jangan asal memberikan gemuk secara berlebihan. Lakukan perawatan seperti ini secara berkala untuk mendapatkan hasil terbaik.

Beberapa tips di atas memang cukup mudah untuk dilakukan bukan? Perawatan di atas memang harus dilakukan secara rutin agar pengunci kap pada mesin mobil Anda tidak lagi mengalami kemacetan. Segera lakukan perawatan mulai dari sekarang, jangan tunggu hingga kap mesin mobil mengalami kemacetan.

Lebih baik dijaga perawatan pengunci kap mesin mobil dari sekarang, sebelum mengalami kemacetan yang bisa menjadikan kenyamanan berkendara semakin berkurang. Ingin mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya? Langsung saja kunjungi website kami untuk mendapatkan wawasan menarik seputar otomotif.


Tag

Otomotif

Share This