Logo Daihatsu
Menu

Tips Persiapan Wisata ke Gunung Bromo

Travel

2020-10-28

persiapan ke bromo

Dalam sebuah perjalanan kemanapun itu, persiapan yang matang merupakan hal penting dan kunci perjalanan yang sukses serta menyenangkan. Apalagi ketika Sahabat berencana untuk mendaki serta berkemah di gunung seperti Bromo, maka persiapan wisata Bromo sebaiknya dilakukan semaksimal mungkin. 

Termasuk ke dalam tips persiapan wisata Gunung Bromo yang sukses adalah mengenali medan perjalanan serta situasi dan kondisi di tempat wisata. Dalam hal ini ketika Sahahbat berkunjung ke Bromo, maka Sahabat harus mengetahui bagaimanakah suhu di tempat tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa Bromo adalah gunung dengan ketinggian beberapa meter di atas permukaan laut sehingga tentunya memiliki suhu yang cukup rendah. 

Pakaian / Baju

Berniat untuk mendaki ke Gunung Bromo? Maka baju dan pakaian yang tepat adalah hal penting yang harus dipikirkan sejak awal. Pasalnya, suhu di tempat wisata Bromo bisa mencapai kurang dari 10 derajat Celcius terutama di malam hari sampai pagi hari. Bagi Sahabat yang tidak nyaman dengan suhu terlalu rendah, maka suhu kurang dari 10 derajat Celcius ini tentu terasa menyakitkan dan membuat tidak nyaman. 

Oleh sebab itu pastikan Sahabat membawa pakaian atau baju yang cukup tebal untuk menghalau hawa dingin. Baju yang dipilih juga sebaiknya yang memiliki lengan panjang serta kerah berleher tinggi. Sebaiknya jangan pilih baju dengan bahan dari katun karena sifatnya yang dingin. Pilih kain dengan bahan seperti bahan flanel karena cukup hangat dan dapat menghalau suhu dingin. 

Bawa baju lebih dari satu atau lebihkan beberapa helai sebagai cadangan apabila dibutuhkan. Gunakan pula kaos kaki cukup tebal untuk menghangatkan kaki Kamu. Kaos kaki yang digunakan sebaiknya berbahan bulu domba, wol ataupun bahan tebal lainnya dengan panjang lebih dari mata kaki. 

Sepatu

Menggunakan sandal ketika mendaki Gunung Bromo adalah keputusan yang paling buruk. Kontur jalan selama di gunung cukup licin apalagi ketika setelah hujan turun. Jalanan yang berbatu serta licin akan lebih aman dilalui jika Sahabat menggunakan sepatu khusus hiking atau sepatu boot. Jangan pilih sepatu sneakers juga karena sepatu jenis ini tidak didesain untuk mendaki gunung. 

Selain lebih aman ketika digunakan untuk mendaki jalanan berkontur licin, sepatu khusus hiking juga aman untuk menghindarkan Sahabat dari cedera.

Jaket

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kondisi di Gunung Bromo cukup dingin apalagi di malam dan pagi hari. Oleh karena itu jangan sampai lupa membawa jaket berbahan tebal. Jaket yang dibawa adalah jaket yang memang didesain untuk menghalau udara dingin. Selain jaket, bawa pula syal berbahan wool atau bahan tebal lainnya untuk menghindarkan leher Sahabat dari suhu dingin. 

Bawa pula sarung tangan agar tangan tetap hangat selama di perjalanan. Kemudian topi untuk jaga-jaga agar udara dingin tidak menyerang bagian kepala Kamu. Topi atau penutup kepala yang dipilih bisa berbentuk kupluk karena model topi ini akan menutupi kepala secara penuh. Persiapan wisata Bromo berikutnya yang cukup membantu adalah masker wajah. Masker berguna untuk menghindarkan hidung serta mulut Sahabat dari debu dan pasir yang berterbangan.

Ikuti setiap tips persiapan wisata Gunung Bromo di atas untuk memastikan bahwa pengalaman mendaki Sahabat tetap menyenangkan dan tidak terganggu. Pasalnya, perjalanan wisata bisa saja jadi terganggu apabila ada salah satu barang yang terlupa hingga membuat Sahabat tidak nyaman. Sebaiknya Kamu buat daftar barang wajib dibawa sehingga Sahabat akan lebih mudah saat memeriksa barang-barang tersebut.


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Tempat Wisata di Wakatobi yang Indah dan Wajib Dikunjungi

2021-05-11

Wakatobi adalah sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki empat pulau cantik, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Wakatobi

thumbnail

7 Tempat Tes Swab di Bekasi, Harga Mulai dari Rp700.000

2021-01-07

Tempat tes swab adalah lokasi yang banyak dicari oleh masyarakat. Terlebih, pandemi belum berakhir, tetapi beberapa keadaan menuntut untuk tetap kembali beraktivitas di

thumbnail

19 Makanan Khas Bangka Belitung yang Dapat Memanjakan Lidah

2021-01-31

Bangka Belitung menjadi salah satu kepulauan nusantara yang suguhkan wisata alam dengan keeksotisannya. Apalagi kini masyarakat l

thumbnail

3 Tips Memilih Koper Ukuran Kabih yang Tepat

2020-12-04

Koper sangat dibutuhkan untuk oleh sebagian besar orang ketika hendak bepergian, baik travelling maupun mudik. Adanya koper akan sangat membantu dalam mengemas barang ba