Logo Daihatsu
Menu

Turbo Mobil Bensin : Fungsi, Kelemahan dan Kelebihan

Otomotif

2022-07-22

turbo mesin pada mobil bensin

Daihatsu mempunyai beberapa produk mobil yang sudah menggunakan mesin turbo. Misalnya seperti Daihatsu Rocky Turbo. Namun, Anda wajib tahu dulu apa itu turbo mobil bensin? dan apakah mobil turbo lebih irit? Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Mobil menjadi salah satu jenis kendaraan pribadi yang begitu digemari sekarang ini. Masyarakat umumnya menggunakan kendaraan ini untuk mendukung mobilitasnya tiap hari untuk bekerja atau sekadar jalan-jalan.

Dalam menjalani aktivitas harian, ada yang suka mobil kecepatan standar, ada pula yang senang memiliki mobil berkecepatan tinggi. Untuk Anda yang suka mobil berkecepatan tinggi, pemasangan turbo mobil bensin dilakukan pada mesin mobil.

Di dunia modifikasi, memasang mesin turbo menjadi hal yang lumrah. Sekarang ini bahkan muncul berbagai macam pilihan turbo dengan berbagai kemampuan dan spesifikasi.

Namun, sebelum memasang turbo pada mobil bensin, Anda perlu mengetahui fungsi, kelebihan, dan kekurangannya.

Baca Juga : Ini Cara Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky Agar Makin Awet

Apa Fungsi Turbo Mesin Mobil Bensin?

Apakah mesin bensin bisa pakai turbo? Ya, tentu saja bisa. Bahkan sudah banyak yang menggunakannya karena dianggap lebih irit.

Selain itu, ada berbagai macam fungsi turbo pada mobil, berikut beberapa diantaranya, antara lain:

1. Tenaga Mesin Semakin Meningkat

Fungsi yang dimiliki komponen ini yang utama adalah semakin meningkatkan tenaga mesin. Anda bisa memperoleh tenaga yang jauh lebih besar ketika menggunakan mobil bermesin turbo. Mobil akan menjadi semakin bertenaga. 

2. Efisiensi Bahan Bakar Menjadi Semakin Meningkat

Bahan bakar mobil bisa menjadi semakin efisien jika pemasangan turno ini dilakukan dengan akurat dan tepat Mengapa bisa demikian? Turbo bekerja dengan cara mendaur ulang energi yang dihasilkan oleh mesin. 

Energy yang sudah didaur ulang ini diubah menjadi jauh lebih besar. Inilah yang membuat tenaga mesin menjadi lebih besar tetapi bahan bakar tetap hemat. 

3. Mengurangi Emisi Mesin Berbahaya

Teknologi turbo memang tidak hanya membuat bahan bakar menjadi semakin efisien, namun juga dapat menekan tingkat polusi serta emisi.

Meskipun di luar sana tidak sedikit anggapan yang beredar mengenai mesin mobil berkecepatan tinggi, di lapangan nyatanya berbeda. 

Turbo yang memiliki teknologi optimal dapat mengurangi emisi mesin berbahaya. Bahkan, secara kesehatan lingkungan juga tidak mengganggu.

Sehingga, Anda tidak perlu merasa bersalah saat menggunakan mobil bermesin turbo. 

4. Meningkatkan Tenaga Mesin

Mobil dengan kapasitas mesin kecil hingga sekarang masih memiliki banyak peminat. Tetapi, dengan berjalannya waktu, Anda pasti ingin memperoleh tenaga mesin yang jauh lebih besar bukan? jika demikian, turbo bisa dijadikan sebagai pilihan. 

Turbo dapat mendongkrak tenaga mesin dari kapasitasnya kecil menjadi semakin besar. Bahkan kapasitasnya hampir sama dengan mesin bertenaga besar tetapi tidak memiliki turbo.

Kelebihan ini sudah tentu saja akan membuat pengalaman berkendara menjadi menyenangkan setiap harinya.

Baca Juga : Amankah Mesin Turbo Pakai Oli Biasa?

Kelebihan dan Kelemahan Turbo Mesin Mobil

Bila dilihat dari segi keunggulan, mesin turbo memiliki kelebihan di bagian efisiensi bahan bakar, tetapi memperoleh tenaga maksimal. Jika dulu, untuk memperoleh tenaga maksimal, dibutuhkan kubikasi yang besar. Namun, sekarang dengan mesin kecil, dan ditunjang turbo, tenaganya bisa lebih besar. 

Jika dari segi kelemahan, umumnya pemilik mobil mesin turbo sering salah kaprah. Mereka menganggap jika hadirnya turbo membuat kendaraan dapat dipacu secara terus menerus dengan kecepatan tinggi. 

Padahal, ini menjadi hal yang berbahaya, karena dapat memperpendek usia mesin serta usia turbo. Sehingga meskipun menggunakan turbo, bukan berarti bisa terus digunakan dengan kecepatan tinggi. 

Ketika membicarakan mengenai mesin, Anda harus merawatnya secara berkala. Bukan hanya itu, Anda juga harus merawatnya di bengkel resmi.

Bagi pemilik mobil Daihatsu Charade Turbo, Daihatsu Rocky Turbo, atau produk lainnya Anda dapat merawat turbo mobil bensin dan seluruh komponen mobil yang lain di bengkel resmi Daihatsu. 

Dengan sejumlah cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, Anda dapat memilih cabang bengkel resmi Daihatsu yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Inilah Sejumlah Penyebab Aki Basah Tidak Bisa Menyimpan Listrik

2022-07-22

Aki basah tidak bisa menyimpan listrik adalah masalah yang bisa bikin mobil tidak menyala. Sebab, bila aki basah sudah tak bisa menyimpan listrik lagi, maka mobil tidak

thumbnail

Panduan Membaca Tabel Ukuran Baut Dan Kuncinya Lengkap

2022-07-22

Bagi Anda yang bergelut di bidang otomotif, tentu tidak asing dengan mur maupun sekrup. Kedua alat ini memiliki peran untuk menggabungkan beberapa komponen kendaraan aga

thumbnail

Tips dan Trik Mengatasi Mabuk AC Mobil

2022-07-22

Setiap mobil tentunya dilengkapi dengan AC atau untuk menunjang kenyamanan para pengendara. Namun, apakah Anda tau ada sedikit orang yang mungkin saja sensitif dengan pe

thumbnail

Memahami Pentingnya Injector Cleaner Mobil dan Cara Membersihkannya

2022-07-22

Injector cleaner adalah perangkat yang fungsinya untuk membersihkan sekaligus mencegah lubang pin injector dari sisa residu pembakaran bahan bakar.