Logo Daihatsu
Menu

Uji Emisi Mobil: Cara, Biaya, Lokasi, Syarat & Manfaat

Otomotif

2022-08-18

Uji Emisi Mobil: Cara, Biaya, Lokasi, Syarat & Manfaat

Pencemaran udara yang disebabkan karena asap kendaraan secara terus menerus mengalami peningkatan setiap tahun. Oleh sebab itu, uji emisi mobil mulai dilakukan oleh pemerintah agar dapat menurunkan emisi kendaraan bermotor sebagai sumber dari polusi udara. 

Hal tersebut sudah diatur di dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 66 Tahun 2020 mengenai Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Oleh sebab itu, bila terdapat kendaraan yang tidak melakukan uji emisi ini, pemilik akan dikenakan sanksi dengan denda mulai dari Rp250 ribu hingga Rp500 ribu. 

Apa itu Uji Emisi pada Mobil?

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang uji emisi ini. Namun, sebenarnya seperti apa uji emisi ini? Berikut sejumlah hal yang harus Anda ketahui:

Sebelum masuk pada pembahasan lain, hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari uji emisi.

Uji emisi adalah pengujian kinerja mesin. Tujuan dari adanya pengujian ini ialah, untuk mengetahui besarnya tingkat efisiensi pembakaran di mesin kendaraan. 

Terdapat ketentuan agar kendaraan dapat lolos dalam uji emisi ini. Tentu saja lulusnya uji emisi akan memberi dampak yang baik untuk lingkungan serta kesehatan kendaraan. Uji emisi kendaraan bisa dilakukan yang telah memiliki fasilitas alat uji emisi. 

Bagaimana Cara Melakukan Uji Emisi Mobil?

Kendaraan yang sudah berusia lebih dari 3 tahun, harus melakukan uji emisi. Sebenarnya, untuk masalah lokasi uji emisi ini tersebar di berbagai tempat mulai dari bengkel hingga kios. Bahkan Kantor Dinas Lingkungan Hidup juga menyediakannya. 

Cara uji emisi mobil tersebut dilakukan dengan cara memasangkan alat di pendeteksi gas serta knalpot mobil. Kemudian, mobil yang diuji harus dihidupkan, tetapi berbagai fitur seperti AC, radio dan lampu berada dalam kondisi mati. 

Nantinya, uji emisi akan memakan waktu selama 5 hingga 7 menit lamanya. Sesudah proses uji emisi selesai, kadar serta kandungan zat yang berada di dalam asap kendaraan akan dicatat. Kandungan zat yang dilihat seperti Hidrokarbon, Karbon Monoksida, Karbon Dioksida, Nitrogen Oksida serta Oksigen. 

Setelah kendaraan sudah selesai melalui uji emisi, nantinya Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan memberi sertifikat lulus uji emisi. 

Baca Juga : Tips Cara Lulus Uji Emisi Untuk Mobil Tua

Syarat Mobil Lulus Uji Emisi

Agar dapat dinyatakan lolos uji emisi, pemerintah sudah mengatur sejumlah syarat. Setiap jenis kendaraan mempunyai syarat serta nilai standar berbeda. 

Contohnya saja untuk mobil dengan bahan bakar bensin yang memiliki tahun produksi di bawah 2007, wajib mempunyai kadar CO2 di bawah angka 3%. Kemudian untuk mobil di atas tahun 2007, kadar CO2 tidak boleh lebih dari 1.5%

Kemudian untuk mobil diesel yang memiliki bobot kendaraan 3.5 ton, dengan tahun produksi di atas tahun 2010, harus mempunyai kadar opasitas tidak lebih dari 40%.

Berapa Biaya untuk Uji Emisi Mobil?

Sebenarnya, biaya untuk melakukan uji emisi ini tidak gratis tapi sangat terjangkau. Bergantung dari jenis kendaraan serta dimana tempat untuk melakukan uji emisi. Pada mobil, biaya uji emisi dibanderol dengan tarif Rp150 ribu hingga Rp165 ribuan

Baca Juga : Syarat dan Biaya Perubahan Pelat Nomor Putih

Mengapa Harus Melakukan Uji Emisi?

Mungkin Anda penasaran, mengapa kita harus melakukan uji emisi. Uji emisi dilakukan agar kita bisa mengetahui kondisi injector, kadar gas buang mesin, bahkan kadar sisa gas buang yang berasal dari knalpot juga diketahui. 

Kadar buangan dari hasil pembakaran ini akan mempengaruhi kondisi lingkungan. Jika berada dalam batas maksimal, kendaraan sedang dalam kondisi tidak baik.

Agar lolos uji emisi mobil, salah satu langkah yang dapat Anda lakukan adalah melakukan perawatan secara berkala. Anda dapat melakukan service mobil di bengkel resmi atau dealer Daihatsu.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Menghilangkan Bau Karet Karpet Mobil

2022-08-18

Cara menghilangkan bau karet karpet mobil merupakan hal yang dibutuhkan bagi orang yang baru saja mengganti karpet mobilnya. Karpet baru memang memiliki bau yang cukup k

thumbnail

Perlukah Mobil Baru Dipasangi Anti Karat dan Kisaran Biayanya?

2022-08-18

Perlukah mobil baru dipasangi anti karat dan biaya dalam kisaran berapa, mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda saat ini. Jika Anda ingin mengetahui l

thumbnail

Deretan Marketplace Rental Mobil

2022-08-18

Marketplace rental mobil adalah tempat menjual jasa sewa mobil yang mampu menaikkan pendapatan pemilik mobil dengan mempromosikan mobilnya ke pengguna marketplace terseb

thumbnail

Smart SIM – Cara Daftar, Biaya, Top Up, Kelebihan

2022-08-18

Untuk mendukung kualitas kinerja Korlantas Polri yang lebih baik, diluncurkanlah smart SIM yang merupakan inovasi dari Korlantas Polri. Diharapkan keberadaan SIM pintar