Logo Daihatsu
Menu

Untung - Rugi Pakai Cairan Ban Tubeless

Otomotif

2021-02-01

untung rugi cairan ban

Saat berkendara, ban bocor di tengah jalan memang sering bikin frustasi. Untuk yang mengendarai mobil, Sahabat harus membongkar ban mobil untuk diganti dengan ban cadangan, tentu hal ini sangat merepotkan. 

Oleh karena itu, penggunaan cairan ban tubeless atau biasa disebut tire sealant sepertinya bisa jadi solusi mencegah segala kerepotan itu terjadi. 

Seperti kita tahu, cairan ban tubeless merupakan komponen pelengkap yang bisa meminimalisir ban bocor ketika tertusuk benda tajam. Cairan jenis ini diklaim mampu mengisi lubang secara otomatis dan mencegah tekanan ban habis secara signifikan.

Cairan ini bisa diandalkan saat keadaan darurat. Sealant tersebut mudah digunakan bahkan bisa bekerja dengan cepat. Untuk menggunakannya, Sahabat harus menyesuaikan dengan karakter dan ukuran ban kendaraan. 

Misalnya pada ban mobil yang karakternya keras, maka penggunaan tire sealant ini tidak disarankan, sebab dapat memicu ban mobil jadi lebih keras. Dampaknya? Bisa mengganggu balancing saat berkendara. 

Cara mengisi cairan ban tubeless 

Penggunaan tire sealant atau cairan ban tubeless biasanya diterapkan untuk sekadar berjaga-jaga jika terjebak dalam kondisi darurat. Perlu diketahui, ban tubeless itu memiliki karakteristik udara yang disimpan pada volume ruang antara karet dan velg. 

Proses pemasangannya pun bisa dilakukan sendiri dan bisa dipelajar tanpa bantuan tukang tambal ban. Setidaknya, ada beberapa instruksi yang perlu dilakukan saat mengisi cairan dalam ban tubeless ini. 

Yang perlu disiapkan adalah memilih produk cairan yang memiliki kualitas baik, agar velg tidak mudah berkarat dan fungsinya lebih optimal. Berikut pemaparan selengkapnya: 

  1. Buka katup atau pentil ban, kempeskan ban tubeless. Buka pentil karena cairan ini bakal dimasukkan ke dalam ban mobil melalui pentil. 
  2. Buka botol cairan ban tubeless dan pasang selang untuk menyalurkan cairan ke dalam ban. 
  3. Pasangkan selang dengan pentil ban, dan tunggu hingga seluruh cairan masuk ke dalam ban tubeless. 
  4. Selama pengisian, sesekali lepaskan selang dan kocok atau goyangkan. Hal ini bertujuan agar udara yang tersisa dalam ban bisa menghilang.  
  5. Setelah semua cairan masuk, pompa ban, bersihkan pentil dengan lap dan pasang kembali katupnya dan mobil bisa digunakan. 

Keuntungan cairan ban tubeless

Beberapa keuntungan dari ban tubeless ini antara lain; 

  1. Cairan ban tubeless merupakan solusi tepat untuk menutup dan mencegah ban kempes secara drastis. 
  2. Penggunaan ban tubeless ini memungkinkan pengendara tetap melaju tanpa khawatir untuk melepas ban. 
  3. Dapat digunakan dalam keadaan darurat. Misalnya ketika terjadi kebocoran akibat tertusuk benda tajam, cairan ban tubeless bisa menyebar secara otomatis dan membuat lubang tertutup.

Kerugian pakai cairan ban tubeless 

Cairan ini berguna dalam keadaan darurat namun perlu diingat, kalau tire sealant bukanlah solusi permanen. Melihat kondisi ban yang jika terlalu sering tertancap benda tajam, bukan berarti tak ada penggantian ban secara berkala.  

Salah satu kerugian kalau pakai cairan ban tubeless ini adalah jika salah dalam memasukkannya, justru bisa merusak ban bagian dalam. 

Kemudian jika ban dengan sealant tidak bergerak dengan benar dan cepat panas di dalam ban, sealant akan menyatu di titik terendah ban. Hal tersebut dapat menyebabkan ban berkerut dan dapat mengakibatkan kecelakaan. 

Lalu sealant juga tidak dirancang untuk digunakan pada ban berperforma tinggi, yang berarti bukan pilihan permanen untuk pengemudi.

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Keunggulan Powder Coating untuk Melindungi Mobil

2023-07-28

Memiliki mobil yang terbebas dari korosi merupakan impian semua pemilik mobil. Pasalnya mobil akan terlihat seperti baru terus dan menarik. Agar hal tersebut dapat t

thumbnail

Cara Mutasi Kendaraan Online Cepat dan Mudah, Simak Disini!

2022-09-01

Saat ini cara mengurus mutasi kendaraan bisa dilakukan secara online. Tentu saja caranya lebih mudah, cepat dan praktis.Mutasi kendaraan merupakan proses pemindahan registrasi dan identifika

thumbnail

Apa Itu Posisi Duduk Ideal 3K?

2021-11-20

Ketika berkendara, Anda harus tahu bagaimana posisi duduk yang ideal demi menunjang kenyamanan. Hal ini biasa disebut dengan posisi duduk 3K, lalu apakah sudah mengetahui tentang konsep tersebut?

thumbnail

Fitur yang Dicari Saat Modifikasi Sistem Audio pada Mobil Mewah

2022-06-24

Bagi manusia modern terutama yang hidup di perkotaan, mobil bisa diibaratkan sebagai rumah kedua. Ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam mobil. Misalnya