Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Wajib Coba! Berikut 27 Makanan Khas Madura Yang Menggugah Selera
31 Januari 2021
makanan khas madura

Mengunjungi berbagai daerah di Indonesia banyak menyuguhkan aneka keindahan alam hingga budaya. Bahkan, aneka makanan tradisional pun menjadi salah satu yang khas untuk dinikmati. 

Anda juga bisa mengulik berbagai makanan khas Madura ketika mengelilingi tempat yang satu ini. 

1. Sate Lalat Pamekasan

Menyebut kata Madura pasti akan mengingatkan Anda pada makanan berupa sate. Tak hanya sate Madura yang telah tersebar luar di beberapa daerah, tempat ini bahkan juga memiliki jenis sate lalat yang sangat lezat. 

2. Bebek Sinjay

Anda pasti mengenal makanan ini bukan? Olahan bebek yang dihadirkan menggunakan bumbu-bumbu nusantara ini berhasil memanjakan lidah para penikmatnya. 

Campuran mangga muda, terasi, cabai dan gula jawa pada sambal yang disuguhkan membuat makanan ini sangat nikmat.

3. Soto Madura

Makanan jenis soto memang banyak ditemui di beberapa daerah. Namun, soto Madura yang dihadirkan oleh tempat ini berhasil menggugah selera setiap orang. Kehadiran ayam dengan bumbu khas Madura dan taburan kentang goreng adalah kuncinya.

4. Bebek Songkem

Makanan khas Madura yang satu ini tentu tidak boleh terlewatkan. Bebek yang dihadirkan dengan bumbu rempah ini dikukus dengan daun pisang selama 3 jam. Tentunya, kenikmatan yang dihadirkan meresap hingga ke tulang.

5. Kaldu Kokot

Anda juga bisa menikmati kaldu kokot jika mengunjungi tempat ini. Makanan berkuah kental dengan campuran kacang hijau dan rempah-rempah ini berhasil menggoyang lidah para penikmatnya.

7. Soto Mata Sapi

Madura bahkan juga memiliki makanan unik berupa soto mata sapi. Makanan ini bahkan menghidangkan mata sapi utuh dengan tulang belakang, tertarik untuk mencoba?

8. Lorjuk

Anda juga bisa menemukan sajian makanan dari kerang laut. Salah satunya adalah makanan lorjuk ini. Hidangan lorjuk yang dipadukan dengan lontong, kacang peyek, mie soun dan kuah memang mantap untuk dicoba.

9. Topak Ladhe

Anda juga bisa menemukan makanan khas Madura ini dengan mudah. Makanan ini dihidangkan dengan kuah santan yang sangat kental. 

Anda bahkan bisa menikmati topak ladhe dengan ketupat atau lontong. Tentunya, makanan ini dapat ditemui dengan mudah di tempat ini.

10. Soto Sabrang

Sabrang yang berarti singkong ini juga menghadirkan makanan yang unik dan menggugah selera. Pasalnya, makanan ini dihadirkan dengan campuran singkong kuah soto dan kacang hijau. 

Meskipun kacang hijau identik untuk makanan manis, makanan ini menghadirkan rasa gurih yang enak. Menarik bukan?

Baca juga: Jembatan Suramadu : Sejarah hingga Jadi Ikon Wisata

11. Nasi Serpang

Makanan ini merupakan nasi campur dengan lauk yang ramai. Anda bahkan bisa menikmati aneka sayuran dengan tumis kerang dan serundeng. Perpaduan bumbu yang dihadirkan juga memiliki rasa yang sangat nikmat.

12. Nasi Goreng Potre Koneng

Nasi goreng memang termasuk makanan yang sangat umum. Berbeda dengan yang satu ini, bumbu yang dihadirkan berhasil memberi kenikmatan tersendiri. 

Terdapat abon dan ikan teri sebagai pelengkap makanan untuk membuat Anda semakin semangat mencicipinya.

13. Nasi Petis

Makanan ini juga wajib Anda cicipi sebagai hidangan yang mantap. Nasi putih ini dihadirkan dengan telur petis, daging sapi, paru dan sambal. Makanan ini bahkan sangat enak dicicipi dalam kondisi hangat.

14. Nase’ Jhajhan

Nase’ jhajan merupakan makanan yang wajib dicicipi. Nasi yang dihadirkan dengan olahan daging sapi adalah khas Kabupaten Pamekasan. 

Uniknya, makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang untuk menghadirkan aroma yang menggugah selera.

15. Nase’ Jamila

Nasi yang satu ini juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Nase’ Jamila dihadirkan dengan campuran tauge dan disandingkan dengan lauk seperti pepes tongkol, daging kuah, hingga paru dan dendeng.

16. Tajih Sobih

Anda juga bisa menikmati tajih sobih setibanya di Bangkalan. Makanan khas Madura yang satu ini dihadirkan dengan bungkusan bubur putih yang dipadukan dengan gula merah yang cair. Makanan ini memiliki rasa legit dan sangat menggugah selera.

17. Kue Apem Madura

Kue apem ini memiliki rasa yang nikmat. Olahan khas Madura dengan bumbu jahe, gula merah dan kayu manis menghadirkan rasa yang nikmat. 

Kue ini bahkan bisa menambah stamina Anda untuk menjalankan berbagai aktivitas.

18. Rujak Corek

Rujak mantap khas Madura ini wajib Anda cicipi. Uniknya, makanan ini menggunakan timun untuk diambil bijinya. 

Kemudian, biji tersebut akan dicampur dengan bumbu rujak yang sangat lezat. Perpaduan terasi, asam jawa, gula aren, garam dan gula pasir membuat makanan ini semakin mantap.

19. Los Elos

Anda juga bisa mencicipi makanan los elos. Makanan ini merupakan olahan singkong yang dipadukan dengan gula merah. 

Setelah itu, adonan dapat dibungkus daun pisang dan dikukus sehingga menghadirkan rasa legit yang mantap.

20. Jubada

Jubada memang wajib Anda cicipi ketika tiba di Madura. Makanan ini dibuat dari olahan tepung, gula merah dan air. 

Adonan tersebut akan dimasak dalam kurun waktu tertentu hingga mengental. Anda bahkan bisa membawa jubada sebagai oleh-oleh dari Madura.

21. Kue Olet

Makanan khas Madura yang satu ini memiliki rasa yang legit. Campuran bahan berupa singkong, ketan hitam, kelapa dan tangguli dihidangkan menjadi kue enak. 

Anda bahkan bisa mencicipi makanan ini dengan sajian gula merah diatasnya.

22. Tattabun

Begitu pula, makanan ini juga menghadirkan gula merah sebagai bahan utama. Kemudian, gula tersebut akan dicampurkan dengan ubi jalar dan setelah direbus. Tabbadun ini juga disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

23. Kacang Otok

Makanan yang satu ini memiliki varian rasa asin, gurih dan pedas. Kacang ini bahkan dihadirkan dari biji kacang panjang yang digoreng. 

Tentunya, penggunaan bumbu tradisional khas Madura berhasil memberikan cita rasa yang nikmat.

24. Keripik Bentoel

Makanan ini mungkin terlihat sama dengan keripik yang lain jika dilihat sekilas. Namun, olahan bentul atau umbi khas Madura ini memiliki rasa yang enak. Jajanan ini bahkan diolah dengan cara tradisional khas dan tidak boleh dimasak asal-asalan.

25. Wedang Pokak

Menikmati wedang pokak sangat direkomendasikan ketika mengunjungi tempat ini. Paduan bumbu tradisional seperti jahe, kayu manis, serai, cengkeh, daun pandan, gula, merica bubuk dan bawang menghadirkan rasa yang nikmat. Masakan yang satu ini bahkan memiliki khasiat untuk membuat badan terasa lebih bugar.

26. Keripik Paru

Selanjutnya, keripik paru juga menjadi makanan khas Madura yang enak. Makanan ini dihadirkan dengan mengolah bahan dasar paru. 

Paru tersebut bahkan dihadirkan dengan bumbu-bumbu tradisional untuk memberikan rasa yang menggugah selera.

27. Kobbu

Kobbu juga wajib Anda nikmati di tempat ini. Kobbu diolah dari campuran kelapa muda, gula merah dan serai. Rasa hangat yang dihadirkan memang sangat enak dan menyehatkan. Anda bahkan bisa mencicipi masakan yang satu ini dengan dicampur es.

Makanan khas dari Pulau Madura terkenal dengan perpaduan rasa gurih dan pedas. Aroma yang dihadirkan dengan campuran bumbu tradisional ini menghadirkan harum yang sangat menggoda. 

Beberapa rekomendasi makanan di atas patut Anda coba karena memiliki cita rasa yang sangat khas dan nikmat.

Baca juga: Dampak Jembatan Suramadu Terhadap Ekonomi Kreatif di Madura

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Cara Membuat Peredam Suara Mobil Sendiri
Kabin yang senyap merupakan salah satu kebutuhan penting bagi para pemilik mobil untuk bisa mendengarkan audio berkualitas. Namun sayangnya, tidak semua mobil memiliki kabin yang senyap. Hanya mobil y

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor