Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Wajib Dicoba! Ini 35 Makanan Khas Jakarta yang Paling Dicari Sedunia
25 Januari 2021
35 makanan khas jakarta

Ibu kota Jakarta selalu menjadi persinggahan menarik yang patut dijelajahi. Kebudayaan Betawi yang kental di wilayah setempat, menjadi salah satu daya tarik tersendiri. 

Di samping itu, Jakarta juga mempunyai segudang makanan lezat yang khas. Berikut makanan khas Jakarta yang wajib untuk Anda coba.

1. Ketoprak

Makanan satu ini terdiri atas ketupat yang dipotong, kemudian diberi bumbu kacang dan tambahan seperti tahu goreng, bihun, dan tauge.

2. Kerak Telor

Kerak telor memiliki bahan dasar telur ayam atau bebek, ketan putih, ebi kering, dan bawang goreng yang kemudian diberi bumbu.

3. Soto Betawi

Soto betawi bisa dibilang merupakan salah satu ikon kuliner khas dari Jakarta. Yang membedakannya dari soto lain yaitu isiannya, karena banyak berisi jeroan sapi.

4. Soto Tangkar

Soto tangkar menjadi kuliner soto lainnya yang terkenal di Jakarta. Tangkar sendiri adalah potongan iga, yang dagingnya sedikit.

5. Semur Jengkol

Meski tidak semua orang menyukai jengkol karena aromanya, namun semur jengkol tetap sangat populer. Bahkan diperkirakan masakan ini akan tetap eksis hingga kapan pun.

Baca juga: Jakarta Panas? Mampir Aja ke 7 Kedai Es Krim Paling Enak!

6. Sayur Babanci

Meski bernama sayur, namun sayur babanci tidak memiliki campuran sayur. Rasanya sendiri mirip dengan gulai dengan rasa rempah yang kuat.

7. Pindang Bandeng Betawi

Biasa disebut juga sebagai pindang serani, hidangan ini menjadi unik karena tambahan rempah dan kecap sebagai pemanis.

8. Nasi Ulam

Makanan khas Jakarta berikutnya yaitu nasi ulam. Nasi ini sama dengan nasi uduk, bedanya yaitu terdapat tambahan tumbukan kacang tanah dan serundeng kelapa.

9. Gado Gado

Gado gado biasanya disajikan dengan beragam sayuran seperti toge, nangka, kacang panjang. Ditambah pula pelengkap telur, tahu, dan tempe yang kemudian diberi sambal kacang.

10. Nasi Uduk

Cara mengolahnya sedikit berbeda dengan nasi putih umumnya, sehingga rasanya lebih gurih dan memiliki aroma harum. Biasanya nasi uduk akan disajikan bersama berbagai lauk pauk.

11. Asinan Betawi

Apabila asinan Bogor banyak menggunakan buah buahan, lain halnya dengan asinan Betawi. Makanan satu ini banyak menggunakan sayur sayuran seperti kembang kol, selada, sawi, tauge, tahu putih, dan kacang tanah goreng.

12. Gabus Pucung

Gabus pucung merupakan kuliner yang memiliki bahan utama yaitu ikan gabus serta buah pucung. Buah pucung sendiri dulu banyak tumbuh di Jakarta, sehingga menjadikan gabus pucung ini sebagai makanan khas setempat.

13. Laksa

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa laksa adalah satu satu masakan yang populer di luar negeri, seperti Singapura. Ternyata laksa juga menjadi makanan khas Jakarta, namun dengan cita rasa berbeda. 

14. Akar Kelapa

Sesuai dengan namanya, kue akar kelapa ini memiliki bentuk yang menyerupai akar kelapa. Rasanya sendiri manis bercampur gurih, cocok sebagai cemilan teman minum kopi di sore hari.

15. Dodol Betawi

Panganan satu ini bisa Anda temukan ketika momen momen penting, seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, dan pesta pesta khas daerah setempat. Warna dodol hitam kecoklatan, dengan rasa yang bervariasi.

Baca juga: Ngopi Yuk! Ini 5 Pilihan Kedai Kopi Susu Hits di Jakarta

16. Toge Goreng

Toge goreng merupakan salah satu masakan sederhana yang tidak boleh Anda lewatkan. Kuliner ini berisikan toge, mie kuning, dan juga daun kucai.

17. Manisan Kolang Kaling

Manisan kolang kaling terbuat dari bahan buah atap, yang memiliki warna putih susu atau transparan. Biasanya manisan ini akan disajikan bersama es buah atau es campur.

18. Kue Dongkal

Kue dongkal terbuat dari campuran tepung sagu, tepung beras, dan gula merah. Dengan pengolahan tradisional, kue dengan rasa manis dan gurih ini sangat lezat disantap ketika hangat.

19. Kue Rangi

Makanan khas Jakarta berikutnya ini juga memanfaatkan tepung sagu sebagai bahan dasarnya. Kue rangi yang diolah dengan cara dipanggang menggunakan cetakan khusus ini, memiliki rasa sedikit manis dan gurih. 

20. Kembang Goyang

Kembang goyang menjadi salah satu jajanan tradisional khas Jakarta, yang sangat dinikmati oleh masyarakat. Dengan bentuk kembang dan rasa yang lezat, tentu Anda tidak boleh ketinggalan mencicipinya.

21. Kue Ape

Kue ape memiliki dominan warna hijau, yang merupakan hasil dari paduan air daun suji dan tepung terigu atau beras. Kue yang biasa juga disebut sebagai kue tetek ini selalu laris, karena rasanya yang lezat.

22. Wajik Betawi

Meski sudah mulai sulit ditemukan, kue wajik khas Jakarta yang terbuat dari campuran beras ketan, santan, gula, dan parutan kelapa ini masih menjadi favorit sebagian masyarakat.

23. Biji Ketapang

Dengan tekstur renyah serta rasa gurih dan manis, biji ketapang yang terbuat dari campuran tepung terigu dan kelapa muda ini selalu berhasil membuat siapapun jatuh cinta.

24. Kue Lumpur

Kue lumpur umumnya berwarna kuning, akibat dari kuning telur yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Sempat kehilangan eksistensinya, kue lumpur berhasil kembali ke permukaan dengan berbagai variasi baru.

25. Ongol Ongol

Ongol ongol terbuat dari bahan berupa tepung sagu dan juga gula aren. Dengan nama yang unik serta aroma khas, panganan ini memiliki banyak penggemar.

Baca juga: Yuk, Cobain 12 Kuliner Malam Jakarta yang Endes Banget!

26. Kue Talam

Kue talam yang mempunyai tekstur lembut ini, juga menjadi makanan khas Jakarta yang wajib untuk Anda coba. Rasanya sendiri sangat gurih dan nikmat, cocok disandingkan dengan secangkir teh.

27. Kue Lupis

Memiliki cita rasa manis akibat campuran gula aren, membuat kue lupis khas Jakarta ini juga cocok disantap bersama kopi atau teh.

28. Kue Putu Mayang

Kue tradisional satu ini juga memiliki cita rasa manis. Biasanya jajanan ini dijajakan menggunakan gerobak keliling.

29. Kue Cucur

Kue dengan bentuk pipih dan warna kecoklatan ini, banyak digemari oleh anak anak. Rasanya gurih, manis, dan legit pada bagian tengah.

30. Geplak Betawi

Apabila dilihat sepintas, geplak mungkin mirip dengan tape. Namun kue satu ini memiliki cita rasa manis, di mana tape mempunyai rasa asam.

31. Kue Pepe

Memiliki tampilan cantik dengan lapisan warna berlapis, membuat anak anak sangat doyan dengan kue pepe. Biasanya jajanan satu ini banyak disajikan dalam pesta hajatan orang Betawi.

31. Kue Cantik Manis

Kue cantik manis atau cente manis ini memiliki tekstur kenyal dan lezat. Biasanya panganan ini akan dibungkus menggunakan daun pisang atau kemasan plastik.

32. Roti Gambang

Jajanan ini bisa dibilang merupakan warisan kuliner sejak zaman BelAnda. Dalam perkembangannya, kue ini sudah tidak selembut roti namun memiliki tekstur yang empuk.

33. Kue Sagon

Anda bisa sangat mudah menemukan kue sagon ketika lebaran tiba. Kue dengan aroma harus dan cita rasa manis ini, memang kerap disajikan di rumah rumah saat Idul Fitri atau Idul Adha.

34. Sengkulun

Kue sengkulun terbuat dari bahan beras ketan, dan memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Kini tersedia dalam rupa warna warni, semakin banyak yang mengincar jajanan satu ini.

35. Kue Cincin

Makanan khas Jakarta satu ini memiliki cita rasa gurih dan manis. Bentuknya sendiri mirip dengan cincin, sehingga diberi nama kue cincin.

Jika dilihat dari daftar panjang nama nama kuliner di atas, Anda bisa melihat bahwa daerah ibu kota ternyata mempunyai banyak sekali makanan khas yang wajib untuk dicoba. 

Selain unik, berbagai hidangan ini tentunya memiliki cita rasa lezat yang siap menggugah selera.

Baca juga: Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Sahabat Kunjungi

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku