Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Yuk, Kenali 5 Jenis Transmisi Mobil, Cara Kerja & Perbedaannya
04 Oktober 2023
Yuk, Kenali 5 Jenis Transmisi Mobil, Cara Kerja & Perbedaannya

Memahami jenis transmisi mobil, beserta cara kerja dan perbedaannya sangatlah menguntungkan. Mengapa demikian? Karena Anda bisa memilih mobil dengan sistem transmisi yang Anda butuhkan. Seperti diketahui transmisi merupakan sebuah sistem yang berperan dalam mengkonversi kecepatan dan torsi. Selanjutnya, konversi akan diteruskan ke bagian penggerak roda. Untuk pembahasan lebih lanjut, mari perhatikan ulasan berikut ini.

Jenis-Jenis Transmisi Mobil

Di era modern seperti saat ini, perkembangan dunia otomotif sangat pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari fitur-fitur mobil yang semakin beragam, termasuk transmisi mobil. Saat ini transmisi mobil dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis transmisi selengkapnya. 

1. Transmisi manual

Transmisi jenis ini bisa dibilang jenis transmisi paling lawas dan sejuta umat. Hingga saat ini, penggunaan transmisi manual masih digunakan di segala jenis mobil. Baik dari mobil dengan harga murah (LCGC) hingga mobil-mobil mewah. Banyaknya penggunaan transmisi manual didasari atas fungsinya yang dapat meningkatkan akselerasi. 

Walau demikian, mengoperasikan mobil dengan transmisi manual perlu latihan dan adaptasi. Hal tersebut terjadi disebabkan setiap pabrikan mobil memiliki cara pengoperasian transmisi yang berbeda. Selain itu, Anda perlu menyelaraskan kopling dan gas ketika menggunakan mobil dengan transmisi manual ini. Jika tidak, mesin mobil bisa mati atau bisa juga melompat sehingga sangat berbahaya.

2. Transmisi otomatis konvensional

Jenis ini sering juga dikenal dengan istilah transmisi AT atau automatic. Transmisi ini masih menggunakan torque converter dalam meneruskan energi ke bagian driveshaft. Pengoperasian transmisi otomatis yang lebih sederhana dibandingkan transmisi manual, membuat transmisi ini banyak digemari banyak orang. Sebab, transmisi AT tidak perlu menginjak kopling ketika melewati jalanan yang macet.

3. Transmisi otomatis CVT

Jenis transmisi ini merupakan inovasi baru dari hasil pengembangan transmisi otomatis konvensional. Ketika bekerja, transmisi CVT mengandalkan sabuk dan puli untuk menghasilkan infinity rasio. 

4. Transmisi AMT

Jenis keempat, ada transmisi AMT (Automated Manual Transmission). Transmisi AMT ini memiliki mekanisme kerja yang hampir menyerupai transmisi manual. Namun, bedanya transmisi AMT sudah menggunakan aktuator serta sensor dalam pengoperasian kopling. Hal tersebut, membuat transmisi jenis ini tidak memerlukan kopling, tetapi hanya mengandalkan pedal rem kaki dan pedal gas. Transmisi ini juga bisa Anda kendalikan secara manual dengan mendorong tuas transmisi.

5. Transmisi DCT

Jenis terakhir, ada transmisi DCT (Dual Clutch Transmission). Mekanisme kerja transmisi ini hampir mirip dengan AMT. Namun bedanya, transmisi DCT mengandalkan ECU dalam memindahkan gigi dari kedua unit kopling ganda. 

Cara Kerja Transmisi Mobil

Jika dilihat dari jenisnya, setiap transmisi memiliki cara kerja yang berbeda. Namun, jika dilihat secara prinsip mekanisme kerjanya hampir sama. Kinerja transmisi sendiri didasari oleh nilai rasio gigi. Ketika mobil melewati tanjakan maka dibutuhkan torsi yang lebih besar sehingga beban mobil dapat ditahan. 

Pada kondisi tersebut, proses reduksi kecepatan putaran akan disamakan dengan daya transmisi. Hal tersebut juga terjadi ketika mobil butuh torsi yang rendah. Pada kondisi ini, transmisi akan meningkatkan kecepatan putaran. 

Baca Juga : Kenali 10 Gejala Transmisi yang Bermasalah agar Terhindar dari Kerusakan Parah

Perbedaan Antar Jenis Transmisi Mobil

Jika dilihat dari garis besarnya, transmisi mobil sebenarnya dibagi menjadi dua yakni transmisi manual dan otomatis. Jenis transmisi manual biasanya memiliki konstruksi dari beberapa gabungan roda gigi. Konstruksi tersebut digunakan untuk menyalurkan putaran engkol ke bagian roda penggerak. Sedangkan transmisi otomatis, perpindahan roda giginya dilakukan secara otomatis.

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis transmisi mobil, cara kerja, dan perbedaannya. Agar transmisi mobil Anda dapat berfungsi dengan baik sebaiknya Anda rutin melakukan servis di bengkel Daihatsu. 

Tips Sahabat Lainnya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku