Logo Daihatsu
Menu

Yuk, Simak Cara Memperbaiki Solenoid yang Rusak dengan Mudah

Otomotif

2021-01-14

cara memperbaiki selenoid rusak

Setiap komponen yang ada di mesin sangat vital bagi kinerja kendaraan roda empat. Salah satu bagian penting yaitu komponen karburator. Pada karburator sendiri terdapat katup seperti solenoid untuk bekerja pada putaran mesin. 

Jika komponen tersebut rusak, maka harus segera diatasi agar mesin tetap bekerja optimal. Lalu, bagaimana cara memperbaiki solenoid rusak? Berikut ulasannya. 

Mengenal Fungsi Katup Solenoid 

Ketika Anda menjumpai komponen karburator, maka akan menjumpai bagian katup valve. Pada bagian karburator juga terdiri dari idle port atau yang sering dikenal dengan sistem stasioner. 

Komponen tersebut akan bekerja pada saat putaran mesin mobil yang Anda miliki. Untuk menjaga mesin bekerja lebih optimal, maka dibutuhkan katup solenoid. 

Pada komponen karburator terdiri dari katup solenoid berfungsi menghentikan pasokan  bahan bakar yang keluar melalui  sistem stasioner. Hal ini akan membuat bahan bakar yang menuju ruang bakar hanya sedikit dan supply udara juga seimbang. 

Dari proses ini, maka mesin akan mati dan tidak mengalami mesin hidup meskipun kunci kontak sudah dalam posisi mati. Jika terjadi masalah, maka Anda perlu mencari cara memperbaiki solenoid rusak dengan membawanya ke bengkel atau mengatasinya sendiri. 

Anda hanya perlu menggantinya dengan komponen baru jika dirasa dapat memperbaikinya sendiri. Namun, bila kurang paham, maka sebaiknya membawanya ke bengkel.

Solenoid akan tertarik jika mesin mobil dinyalakan. Selain itu, solenoid valve juga akan terbuka jika kunci kontak dalam posisi ON. Saluran bahan bakar akan terbuka sehingga bisa mengalir ke bagian low speed circuit dan keluar dari sistem stasioner. 

Ketika kunci kontak berada di posisi OFF atau mesin dimatikan, maka katup akan menutup saluran bahan bakar. Dengan adanya sistem kerja solenoid valve, maka mesin dapat mati dan tidak akan mengalami dieseling. 

Biasanya solenoid valve terdiri dari satu kabel yang akan dihubungkan dengan terminal alternator kunci kontak atau pada koilnya. Selain itu, ada juga katup solenoid yang terdiri dari dua kabel yang dihubungkan dengan massa. 

Baca juga: Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala, Mengapa?

Cara Mengatasi Kerusakan Solenoid

Apabila terjadi masalah pada solenoid valve, maka Anda harus segera mencari cara memperbaiki solenoid rusak. Karena akan menyebabkan mesin berjalan tidak normal. 

Akibatnya, bahan bakar pada kendaraan roda empat tidak dapat keluar dari sistem stasioner sehingga kekurangan supply bahan bakar. 

Salah satu masalah yang akan terjadi yaitu mesin dieseling. Kondisi ini meliputi saat mesin mati tetapi jika mesin dihidupkan kembali dan digas, maka mesin akan hidup lebih lama. 

Walaupun kunci kontak sudah ada pada posisi OFF, mesin pada kendaraan roda empat Anda tetap bekerja karena solenoid tidak bisa bekerja dengan baik. 

Untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya Anda melakukan perawatan berkala. Namun jika kerusakan terjadi, ada baiknya untuk mengganti komponen yang baru. 

Baca juga: Fungsi dan Cara Penggunaan Flasher Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa itu Brake Fluid? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

2023-02-09

Brake fluid adalah istilah lain dari minyak rem. Komponen ini memiliki fungsi penting terhadap hasil kinerja sistem pengereman. Selain itu, komponen ini memiliki fun

thumbnail

Apa Itu Posisi Duduk Ideal 3K?

2021-11-20

Ketika berkendara, Anda harus tahu bagaimana posisi duduk yang ideal demi menunjang kenyamanan. Hal ini biasa disebut dengan posisi duduk 3K, lalu apakah sudah mengetahui tentang konsep tersebut?

thumbnail

Perhatikan Ini Saat Melakukan Perawatan Mobil di Atas 5 Tahun

2021-08-31

Perlu Anda ketahui, perawatan mobil setelah 5 tahun menjadi kewajiban Anda sebagai pemilik mobil pribadi Anda. Hal ini dilatarbelakangi kemungkinan besar bahwa beberapa

thumbnail

Timbulkan Suara Berisik, Ini Ciri Tensioner Mobil yang Sudah Rusak

2021-01-12

Seringnya pemakaian, memang terkadang membuat mesin pada kendaraan roda empat cepat rusak. Hal ini tentunya membuat Anda sebagai pemilik kendaraan akan kebingungan bagai