Logo Daihatsu
Menu

5 Cara Mengusir Tikus Di Mesin Mobil

Otomotif

2020-11-09

cara mengusir tikus di mesin mobil

Tikus termasuk salah satu hama yang sangat meresahkan masyarakat, karena hewan pengerat satu ini dapat menularkan sejumlah penyakit berbahaya. 

Selain banyak ditemukan di gudang ataupun atap rumah, ternyata tikus juga gemar bersembunyi di sela sela kendaraan Anda. 

Bagaimana cara mengusir tikus di mesin mobil? Simak ulasan berikut. 

1. Beralih Menggunakan Lampu LED 

Tikus termasuk hewan pengerat yang gemar hidup di tempat gelap dan kotor, sehingga Anda bisa memanfaatkan kelemahannya tersebut untuk menyerangnya. 

Cobalah memasang lampu LED ultra low voltage sebagai solusinya, karena lampu penerangan ini tidak akan memakan daya namun dikenal ampuh mengusir tikus dari dalam mesin kendaraan. 

Baca juga: Yuk, Kenali Perbedaan Fungsi Lampu LED dan DRL

2. Menyiapkan Perangkap Tikus 

Menyadari adanya penumpang gelap di dalam kendaraan Anda, maka kini saatnya untuk menangkapnya dengan perangkap tikus andalan. Silahkan pasang jebakan tersebut pada bagian bawah mesinnya bersamaan dengan umpan yang disukainya, lalu tinggalkan selama beberapa hari untuk melihat hasilnya. 

Ketika menerapkan cara mengusir tikus di mesin mobil satu ini, pastikan untuk tidak menambahkan racun tikus pada umpan yang diberikan. 

Sebab tikus tidak akan mati seketika ketika menyantap umpan beracun tersebut, sehingga Anda tidak tahu betul dimana lokasi tikus mati. Jika tidak berhasil menemukan bangkainya, maka aroma busuk pun akan menyelimuti kendaraan. 

3. Menutup Akses Masuknya 

Cobalah tidak mengeluh terlebih dahulu ketika mendapati tikus berhasil masuk ke dalam mesin kendaraan Anda. 

Sebab ada beberapa kemungkinan mengapa hewan pengerat tersebut berhasil menembus pertahanan Anda, salah satunya adanya akses masuk menuju kesana. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak lupa menutup garasi ketika malam telah tiba. 

Bagaimana jika garasi kendaraan berada di luar bangunan? Sebagai gantinya, Anda bisa menaburkan kapur di sekitar ban atau menyemprotkan pestisida sebagai alternatif cara mengusir tikus di mesin mobil dengan cepat.

Hal ini perlu dilakukan, karena umumnya tikus akan memanjat ke bagian mesinnya melalui ban kendaraan. 

Baca juga: 4 Teknik Sederhana Merawat Ban Mobil

4. Menjaga Kebersihan Kendaraan 

Sebelum mengeluhkan adanya tikus masuk ke dalam mesin kendaraan kesayangan, sebaiknya tidak membiarkan sisa makanan ataupun sampah menumpuk di dalam kendaraan. Cobalah untuk rutin membersihkan interior mobil agar tidak ada lagi tikus yang masuk dan bersarang dalam kendaraan Anda.

5. Rutin Memanaskan Mesin Kendaraan 

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, Anda disarankan untuk memanaskan mesinnya secara rutin demi menjaga kondisinya tetap prima dan siap digunakan kapanpun diinginkan. 

Namun siapa sangka jika aktivitas tersebut juga dapat membantu Anda memecahkan masalah agar tikus tidak bersarang di dalam mesin kendaraan. 

Mesin yang panas dan terjaga, membuat hewan pengerat tersebut enggan memasuki kap kendaraan Anda. Aktivitas ini tidak akan menyita waktu, karena 

Anda hanya perlu  memanaskan mesinnya sekitar 3 hingga 5 menit saja asalkan dilakukan secara konsisten setiap harinya. Selain itu, perhatikan juga bagaimana cara merawat mobil yang tepat.

Bukankah cara mengusir tikus di mesin mobil ini cukup diterapkan, bukan? Sebelum mengeluh, cobalah untuk menerapkan cara jitu mengusir tikus yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas sebagai langkah antisipasi cerdasnya. 

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem Hidrolik pada Kendaraan dan Komponennya

2020-11-23

Sebuah moda transportasi pasti hampa rasanya jika tidak dilengkapi dengan rem. Dalam dunia otomotif, rem dikenal sebagai komponen penting kendaraan yang berfungsi untuk

thumbnail

Jenis Pelanggaran Lalu Lintas dan Dendanya

2020-12-03

Pelanggaran lalu lintas masih sering terjadi. Masyarakat dirasa masih memiliki kesadaran yang rendah tentang pentingnya menaati peraturan lalu lintas. Padahal, perbuatan

thumbnail

Cara Mengurangi Emisi Gas Buang

2021-03-01

Emisi gas buang adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor yang dikeluarkan melalui sistem pembuangan mesin.

thumbnail

Deretan Marketplace Rental Mobil

2021-03-12

Marketplace rental mobil adalah tempat menjual jasa sewa mobil yang mampu menaikkan pendapatan pemilik mobil dengan mempromosikan mobilnya ke pengguna marketplace terseb