Logo Daihatsu
Menu

11 Istilah Camping yang Wajib Diketahui oleh Pecinta Alam

Travel

2020-11-22

istilah camping

Camping merupakan berkemah, kegiatan di alam terbuka dengan mendirikan tenda dan kegiatan alam lainnya. Biasanya, camping dilakukan ketika seorang pendaki sampai di pos tertentu pendakian, dilakukan oleh anggota pramuka, hingga secara kelompok kecil untuk bermalam di tepi pantai atau bumi perkemahan secara sengaja.

Kegiatan ini sudah dilakukan sejak abad ke-18. Istilah ini dipopulerkan oleh Thomas Hiram Holding yang juga disebut sebagai Bapak Perkemahan. Ia merupakan seorang penjahit asal Inggris yang mendirikan perkemahan modern. Holding bahkan menulis buku yang secara khusus membahas mengenai perkemahan.

Dalam camping terdapat beberapa istilah untuk diketahui agar komunikasi antara anggota yang berkemah bisa selaras. Berikut merupakan 11 istilah dalam camping yang patut diketahui ketika berkemah.

Tent

Tent tentu saja istilah untuk tenda, rumah sementara ketika berkemah. Tidak hanya mengetahui mengenai istilah ini, Sahabat juga harus tahu bagaimana mendirikannya ya. Jangan sampai ketika tiba di bumi perkemahan, pos pendakian gunung, atau tepi pantai malah kebingungan karena tidak bisa mendirikan tenda.

Sleeping Bag

Tidak asing lagi, sleeping bag adalah barang wajib yang dibawa ketika Sahabat akan menginap di ruang terbuka. Sleeping bag merupakan alas untuk tidur yang berbentuk bag karena bisa membungkus tubuh Sahabat sehingga tetap terjaga kehangatannya.

Backpack

Tas ransel disebut juga dengan istilah backpack. Tas ini adalah tas wajib yang digunakan bagi Sahabat yang akan berkemah karena lebih mudah dibawa dan memuat banyak barang, tidak seperti tas jinjing atau totebag.

Hiking

Hiking berarti mendaki, istilah yang biasa disebut jika akan melakukan kegiatan pendakian dengan tujuan di suatu lokasi yang sudah ditentukan. Biasanya istilah ini akan disandingkan dengan istilah tracking.

Pocket Knife

Pocket knife merupakan barang wajib yang dibawa oleh seseorang yang melakukan kegiatan di alam terbuka, seperti mendaki dan berkemah. Pocket knife adalah pisau pisau lipat yang bisa dimasukkan ke saku dan sangat berguna untuk memotong bahan makanan hingga memotong tali.

Camp Ground

Camp ground merupakan istilah umum di dunia pecinta alam untuk menyebut bumi perkemahan. Tempat ini merupakan lokasi untuk mendirikan tenda dan melakukan kegiatan berkemah, berupa ruang luas di luar ruangan. Biasanya memiliki fasilitas penyewaan peralatan camping, beberapa kamar mandi umum, hingga fasilitas kegiatan seperti outbound.

Carrier

Jika sebelumnya sudah disebut backpack yang berarti tas ransel, carrier juga memiliki arti yang mirip. Bedanya, carrier jauh lebih bisa memuat banyak barang. Cara membawa carrier juga sama-sama digendong seperti halnya tas ransel.

Footpath

Bagi pecinta alam biasanya memiliki komunitas tersendiri yang sudah besar dan tidak jarang jika berkumpul juga dengan orang asing dari luar negeri. Istilah yang digunakan untuk berkomunikasi tentu saja tidak lagi bahasa Indonesia, harus menyesuaikan supaya mereka juga paham.

Ketika melakukan perjalanan menuju lokasi berkemah, terutama yang terdapat kegiatan mendaki gunung, istilah footpath tidak asing lagi di telinga. Istilah ini berarti jalan setapak. Jalur pendakian yang tidak seleluasa jalan aspal biasanya hanya berupa jalan kecil yang hanya bisa dilalui satu orang, inilah yang disebut footpath.

Pioneering

Berkemah harus mendirikan tenda. Ketika mendirikan tenda, Sahabat harus paham mengenai tips dan triknya. Nah, tali-temali adalah salah satunya. Tali-temali ini biasanya disebut dengan pioneering di kalangan pecinta alam.

Mengenai tali-temali pasti sudah Sahabat pelajari sejak sekolah dasar di kegiatan pramuka, bukan? Ketika akan melakukan camping, Sahabat harus pandai melakukannya agar tenda yang didirikan kokoh. Kalau lupa, pelajari lagi ya!

Track

Yang gemar mendaki, pasti akan mengerti akan istilah tracking. Track merupakan istilah tentang jalur pendakian atau jalur yang digunakan ketika melakukan jalan jauh di suatu lokasi mendaki atau camping.

Foot Gear

Foot gear merupakan alat yang digunakan untuk alat kaki supaya bisa menapak dengan baik dan aman. Alat ini biasanya sih digunakan untuk mendaki, tetapi berkemah kan bisa dilakukan di atas gunung, ya? Jadi, untuk sampai di lokasi berkemah di atas gunung itu, pastikan Sahabat sampai dengan selamat. Biasanya, jalur pendakian akan licin sehingga menggunakan foot gear bisa membantu Sahabat dalam melangkah supaya tidak tergelincir.

Kesebelas istilah itu setidaknya Sahabat mengerti ketika akan berkemah di alam terbuka ya. Paling tidak, ketika teman-teman lain dalam kelompok yang akan melakukan kemah bersama dan mereka mengatakan istilah-istilah tersebut, Sahabat akan mengerti sehingga tidak roaming. Sahabat juga bisa mengajari beberapa istilah tersebut saat camping dengan anak.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal Lebih Dekat 15 Makanan Khas Sulawesi Selatan

2021-01-31

Indonesia sebagai negara kepulauan, mempunyai banyak daerah dengan ciri khasnya masing masing. Hal ini juga termasuk dalam hal kuliner, di mana masing masing tentu memil

thumbnail

Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat

2020-10-28

Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan a

thumbnail

Sebelum Traveling, Ini 10 Tips yang Wajib Kamu Perhatikan

2020-10-28

Sahabat Daihatsu punya rencana traveling dalam waktu dekat?Traveling memang bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan pikiran seje

thumbnail

7 Tempat Bermain Anak di Bandung Untuk Wisata Edukasi Seru

2020-10-28

Menghabiskan waktu bersama buah hati tentu merupakan momen berharga bukan? Daripada selalu menghabiskannya di mal atau kafe yang kurang cocok dan mungkin membosankan bagi anak anak, ada baiknya Sah