Logo Daihatsu
Menu

16 Komponen Differential dan Fungsinya Untuk Mobil

Otomotif

2022-09-06

komponen gardan differential

Bicara tentang performa mobil saat berkendara dengan jarak jauh, tidak terlepas dari peran komponen differential. Ketika mendengar nama komponen tersebut, mungkin sebagian orang merasa asing. Namun komponen ini memiliki nama lain yang dikenal oleh penggiat otomotif yaitu komponen gardan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Apa Itu Komponen Differential?

Komponen Differential sering disebut juga dengan komponen gardan ini merupakan komponen yang terletak di bagian belakang mobil tepatnya diantara dua roda belakang mobil.

Komponen ini memiliki fungsi utama sebagai penerus tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin menuju bagian roda untuk menggerakkan mobil. Sehingga mobil dapat berjalan maju mundur dan roda bisa berbelok kiri kanan. 

16 Komponen Differential Mobil serta Fungsinya

Apa sajakah komponen gardan differential? Terdapat 16 komponen yang ada. Komponen gardan mobil ini memiliki beberapa komponen utama dan setiap komponen memiliki fungsi masing-masing. Berikut fungsi masing-masing komponen differential :

1. Drive pinion shaft

Drive pinion shaft memiliki fungsi sebagai poros pemutar untuk menghubungkan poros propeller dan putaran (differential gear). Anda bisa menemukan komponen tersebut di bagian drive pinion gear yang tergabung dengan poros gigi pinion.

2. Drive pinion gear

Komponen ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari side gear dan bentuknya hampir sama. Anda bisa menemukan komponen ini di bagian differential tepatnya pada side gear. Fungsi dari komponen ini sebagai pengatur putaran dari kedua side gear. 

3. Spider gear

Komponen ini berfungsi untuk membedakan putaran gigi. Komponen ini biasanya terletak pada side gear dengan sudut kemiringan sembilan puluh derajat.

4. Spider gear shaft

Komponen ini berfungsi memudahkan pergerakan dari spider gear. 

Baca Juga : Kapan Ganti Oli Gardan Mobil? Begini Cara Ceknya!

5. Ring gear

Komponen ini memiliki bentuk seperti cincin berukuran besar dan berfungsi untuk menerima putaran dari pinion gear. 

6. Differential case

Komponen ini berfungsi sebagai rumah dari berbagai komponen gardan mobil.

7. Side gear

Komponen ini berfungsi sebagai penerima putaran dari spider gear dan diteruskan menuju bagian axle shaft. 

8. Axle Shaft Bearing

Komponen ini berfungsi sebagai alas atau bantalan side gear yang berputar ke bagian axle shaft housing.

9. Bearing Cap

Komponen ini berfungsi sebagai pengikat differential case. 

10. Adjuster Nut

Komponen ini memiliki fungsi sebagai pengatur titik temu drive pinion dengan backlash (ring gear). Komponen ini memiliki bentuk menyerupai mur.

11. Oil Seal

Komponen ini terletak pada ujung gardan dan berfungsi mencegah keluarnya oli dari gardan. 

12. Differential oil tube

Komponen ini berfungsi sebagai tempat pengisian gardan oil. 

Baca Juga : Apa itu Chasis Mobil? Berikut Komponen dan Fungsinya

13. Universal Joint Flange

Komponen ini berfungsi sebagai peredam ketika terjadi perubahan sudut propeller shaft gardan saat berputar. Sehingga ketika terjadi perpindahan tenaga prosesnya sangat halus.

14. Axle Shaft Housing

Komponen ini berfungsi sebagai penutup sistem as roda dan gardan.

15. Axle Shaft Housing Cap

Komponen ini berfungsi memudahkan oli gardan keluar saat proses penggantian oli gardan baru.

16. Gasket

Komponen ini memiliki fungsi krusial yaitu mencegah terjadinya kebocoran dari setiap sambungan apabila terjadi tekanan. Sehingga risiko kebocoran oli gardan bisa dihindari.

Itulah 16 komponen utama gardan mobil yang perlu Anda ketahui. Agar kondisi komponen differential mobil selalu dalam kondisi prima sebaiknya Anda lakukan servis secara rutin dan berkala. Anda bisa berkunjung di dealer Daihatsu terdekat untuk mendapatkan penanganan dari teknisi ahli. Semoga ulasan di atas bermanfaat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Penyebab Elektroda Busi Mobil Jadi Hitam

2022-09-06

Kendaraan bisa digunakan normal apabila businya dalam kondisi terbaik. Busi pada kendaraan memiliki fungsi penting sebagai pemantik api pada ruang bakar. Akibat busi bek

thumbnail

Apa itu Coating Mobil? Ini Manfaat dan Kekurangannya

2022-09-06

Tidak sedikit pecinta otomotif yang belum mengetahui manfaat coating mobil. Bahkan pengertian dari coating ini sendiri. Ketika melakukan coating, tampilan mobil Anda akan menjadi lebih bagus, bahka

thumbnail

Mengenal Bemper Mobil, Mulai dari Fungsi hingga Modifikasi

2022-09-06

Bemper mobil merupakan komponen terluar mobil yang ada di bagian depan atau belakang. Bentuk bemper mobil cukup bervariasi, tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Dahulu, bemper mobil

thumbnail

Mengintip Fungsi Charcoal Canister Dan Cara Kerjanya

2022-09-06

Charcoal canister merupakan salah satu komponen mobil yang berkaitan erat dengan bensin. Agar mesin kendaraan roda empat Anda bisa melaju, maka bensin terlebih da