Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Apa itu Chasis Mobil? Berikut Komponen dan Fungsinya
24 Agustus 2022
komponen chasis mobil dan fungsinya

Mobil menjadi sebuah kendaraan yang sekarang ini banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, apakah pengendara mengenal komponen yang berada di dalamnya? Sedikit sekali yang mengenal salah satu komponen mobil yang satu ini, yaitu chasis mobil. Ada berbagai macam komponen chasis mobil dan fungsinya yang harus diketahui. 

Sekilas Mengenal Chasis Mobil

Sebelum mengenal komponen dari sistem chasis mobil, tidak ada salahnya berkenalan dengan chassis terlebih dahulu. Apa sih pengertian chasis mobil? Chasis juga sering disebut dengan sasis. Chasis merupakan sebuah komponen yang berada di dalam mobil yang memiliki keberadaan begitu penting. 

Hal ini disebabkan karena chasis menjadi kerangka dasar disatukannya komponen mesin serta berbagai komponen mesin mobil yang lainnya. Sehingga, setiap komponen yang berada di mobil dapat terhubung dengan baik. 

Bukan hanya itu, chasis juga digunakan untuk menjaga bentuk mobil sehingga tidak mengalami perubahan saat digunakan. Chasis memiliki berbagai macam aspek mulai dari keamanan, ketahanan serta kemampuan untuk menjaga kondisi saat berkendara. 

Jenis-Jenis Sistem Chasis Mobil

Berikut berbagai macam jenis sistem chasis mobil, antara lain:

1. Ladder Frame

Jenis yang pertama ialah ladder frame. Ladder frame mempunyai bentuk seperti tangga dan menjadi penopang untuk bodi mobil, mesin dan transmisi. Umumnya, ladder frame dibuat dari baja yang memiliki bentuk balok dengan crossmember serta joint.

Sehingga, saat terjadi kerusakan di bagian ladder frame, teknisi bisa dengan mudah memperbaikinya. 

2. Aluminium Space Frame

Jenis yang kedua adalah aluminium space frame. Aluminium space frame merupakan chasis yang dibuat dari monocoque tetapi mempergunakan bahan aluminium. 

Aluminium space frame mempunyai beban jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan sasis lain yang memiliki persentase 40%. 

Baca Juga : Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

3. Monocoque Chasis

Sasis monocoque chasis pada dasarnya memang sengaja dibuat menyatu dengan badan mobil serta berfungsi sebagai kerangka yang dapat melindungi ruang mobil. 

Sehingga, saat mobil melewati jalan bergelombang, nantinya benturan yang dihasilkan diserap badan mobil. 

4. Backbone Chasis

Jenis berikutnya adalah backbone chasis. Backbone chasis berfungsi sebagai tulang rangka di bagian tengah serta terhubung dari depan sampai belakang mobil. Backbone chassis juga sering disebut dengan rangka tunggal. 

Tetapi, backbone chasis ini jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena biaya produksi cukup tinggi serta mempunyai dampak yang buruk. 

Komponen Chasis Mobil dan Fungsinya

Chasis mobil mempunyai susunan yang terdiri atas powertrain serta suspense. Powertrain mempunyai fungsi mengalirkan tenaga mesin mobil di roda. Kemudian, suspense mempunyai fungsi sebagai penopang keamanan serta kestabilan di dalam mobil. 

Berikut sejumlah komponen dalam chasis mobil beserta fungsinya, antara lain:

1. Kopling

Komponen yang pertama adalah kopling. Kopling digunakan untuk menghubungkan serta memutus putaran mesin ke transmisi, sehingga proses pemindahan pada gigi bisa lebih halus. Kopling sendiri terdiri dari 2 logam berputar. 

2. Transmisi

Berikutnya adalah transmisi. Transmisi digunakan untuk memanipulasi putaran di output mesin. Hal tersebut bisa dirasakan ketika mobil yang dikendarai memerlukan torsi besar serta kondisi yang memungkinkan pemiliknya memacu dalam kecepatan tinggi. Ketika mengatur perpindahan gigi, disinilah transmisi memegang fungsinya. 

Baca Juga : 13 Komponen Transmisi Manual Mobil dan Fungsinya

3. Pegas

Memiliki fungsi sebagai peredam getaran saat berjalan, pegas juga menjadi komponen chasis mobil. Komponen ini juga akan memberikan rasa enteng tetapi tetap lembut saat roda melewati lubang atau polisi tidur. 

4. Universal Joint

Komponen universal joint biasanya berada di bagian belakang transmisi serta di depan garden. 

5. Roda dan Ban

Pada komponen ini, roda berguna sebagai pengkonversi putaran di power train agar bisa menjalankan mobil dan ban. 

Komponen chasis mobil memang memiliki peranan yang penting, oleh sebab itu pastikan Anda melakukan perawatan yang terbaik. Bila terdapat keluhan yang berkaitan dengan sasis mobil, segera bawa kendaraan ke bengkel atau dealer Daihatsu resmi terdekat. 

Tips Sahabat Lainnya
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor