Logo Daihatsu
Menu

19 Makanan Khas Kalimantan yang Siap Menggoyangkan Lidah Anda

Travel

2021-01-31

makanan khas kalimantan

Selain menyimpan keindahan alamnya yang menakjubkan, ternyata Kalimantan pun memiliki keunikan lainnya. Yang mana keunikan tersebut salah satunya terdapat pada olahan kulinernya. 

Memadukan antara berbagai sumber daya alam yang ada dengan rempah khasnya, membuat makanan khas Kalimantan memiliki cita rasa yang begitu lezat. Berikut ulasannya.

1. Soto Banjar

Kuliner pertama ini mungkin sudah cukup familiar di telinga masyarakat seantero nusantara. Bagaimana tidak, kini keberadaan Soto Banjar tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

Akan tetapi, rasa yang otentik hanya bisa didapatkan ketika menyantapnya secara langsung di Kalimantan. Kuahnya yang kental dan sedikit keruh, membuatnya disukai oleh banyak orang.

2. Ketupat Kandangan

Sama halnya dengan Soto Banjar yang menggunakan ketupat sebagai bahan utamanya. 

Hanya saja, ketupat yang digunakan pada Ketupat kandangan di sini memiliki kuah yang lebih keruh lantaran terdapat tambahan berupa santan. 

Cita rasa yang diciptakan tentunya lebih nikmat dan gurih. Ada kalanya diberikan ikan atau telur sebagai pelengkap lauknya.

3. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam merupakan olahan kuliner yang menggunakan ikan tawar, seperti ikan haruan, ikan gabus, ikan mangki, ikan sepat, atau ikan papuyu. 

Dalam pengolahannya, ikan tersebut diawetkan terlebih dahulu dengan ditaburi garam dan beras ketan. 

Bila telah memasuki waktu tertentu, ikan yang telah diawetkan tersebut dimasak lalu diberikan bumbu khas lainnya.

4. Bingka Kalimantan

Bingka menjadi kue tradisional asal Kalimantan yang memiliki rasa manis, lembut, serta sedikit berlemak. Biasanya Bingka disajikan bersamaan dengan camilan serta beberapa kue khas lainnya. 

Masyarakat setempat pun kerap menghidangkan makanan khas Kalimantan ini di setiap acara besar seperti pernikana atau yang lainnya. 

5. Hekeng Kalimantan

Panganan selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan ketika berada di Kalimantan yakni Hekeng. Dibuat dengan campuran bahan seperti daging babi dan udang, sehingga menciptakan rasa yang sangat lezat dan gurih. 

Bila dicicipi, tekstur dan rasa Hekeng layaknya siomay. Namun tidak sepenuhnya sama, mengingat Hekeng dibuat dengan cara digoreng.

6. Garang Asem Banjar

Kalimantan terkenal sebagai pulau yang memiliki berbagai olahan ikan tawarnya yang sungguh luar biasa. Yang mana salah satunya yakni Garang Asem Banjar. 

Bila di tengok dari penampilannya, makanan ini memang tidak jauh beda dengan sayur asem. Hanya saja terdapat ikan tawar dan bumbu lainnya yang membuat cita rasanya begitu khas.

7. Kelepon Martapura

Klepon menjadi makanan selanjutnya yang sangat familiar di telinga pribumi. Bagaimana tidak, panganan satu ini bukan hanya ada di Kalimantan saja melainkan terkenal di Pulau Jawa pula. 

Akan tetapi, Kelepon Martapura asal Kalimantan ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan klepon lainnya. Yakni ukurannya yang lebih kecil dan teksturnya yang kenyal.

8. Gangang Humbut

Gangang Humbut merupakan hidangan kuliner unik yang wajib untuk dicoba. Hal ini lantaran bahan utama yang digunakan merupakan inti dari pohon kelapa dan diolah menjadi sayur. 

Mungkin terdengar cukup aneh, tetapi untuk cita rasa makanan khas Kalimantan ini tidak bisa diragukan lagi. Dalam sekali suapan, Anda akan merasakan perpaduan yang sangat sempurna.

9. Manday Kalimantan

Bisa dikatakan jika MAnday hampir mirip dengan Gudeg yang ada di Jogja. Yang membedakan antara dua hidangan ini terdapat pada bahan utamanya. 

Cita rasa yang diciptakan dari Manday pun sangat khas, sehingga mampu menimbulkan kelezatannya sendiri. Jadi tak ayal jika banyak sekali pelancong yang datang jauh jauh hanya untuk mencicipinya secara langsung.

Baca juga: 30 Makanan Khas Aceh dengan Cita Rasa yang Otentik

10. Patin Baubar Kalimantan

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini memang menggunakan Ikan Patin sebagai bahan utamanya. 

Patin yang siap untuk diolah sebelumnya diiris menjadi beberapa bahan lalu diberikan berbagai rempah sebagai bumbunya. 

Setelah itu, dibungkus menggunakan daun pisang. Selanjutnya dibakar dengan tungku serta bara api yang masih menyala.

11. Chai Kue

Dikenal dengan nama Choi Pan, jajanan asli Kalimantan ini dulunya berasal dari budaya Tiongkok yang masuk ke nusantara. Meski begitu, hingga kini keberadaannya cukup berpengaruh lantaran cita rasanya yang sangat lezat. 

Terlebih lagi, Chai Kue diberikan isian berupa lobak dan ebi. Tentu akan menghasilkan rasa yang unik dan khas.

12. Bubur Pedas

Masakan khas Kalimantan ini sangat berbeda dengan bubur yang kerap Anda jumpai di beberapa wilayah. Meski namanya berupa Bubur Pedas, tapi ketika menyantap makanan khas Kalimantan. 

Bahkan banyak yang menyamakannya dengan Bubur Manado, lantaran banyaknya sayur mayur yang digunakan di dalamnya.

13. Pengkang

Kue unik lainnya yang bisa dicicipi ketika berada di Kalimantan yakni Pengkang. Terbuat dari ketan, kue tradisional satu ini memiliki isian berupa udang ebi. Dari penampilannya, mungkin banyak yang beranggapan mirip dengan lemper. 

Tapi bedanya, Pengkang memiliki bentuk segitiga dan biasanya disantap bersamaan dengan saus kerang yang pedas.

14. Kalumpe

Kalumpe adalah kuliner khas dari daun singkong yang dimasak dengan santan. Sebelum diolah sebagaimana mestinya, daun singkong tersebut ditumbuk terlebih dahulu. 

Penumbukan tersebut bertujuan agar daun singkong bisa menyerap bumbu dari berbagai jenis rempah dengan mudah. Jadi tak heran jika cita rasanya begitu lezat.

16. Nasi Bekepor

Ingin merasakan bagaimana sajian kuliner khas Raja Kalimantan? Jangan khawatir, lantaran kini Nasi Bekepor telah dijajakan di berbagai tempat khususnya di Pulau Kalimantan. 

Panganan yang dimakan raja ini memang tampilannya mirip dengan nasi liwet yang penuh akan rasa santan. Namun dalam penyajiannya, Nasi Bekepor disantap bersama daging masak bumi hangus.

16. Mie Sagu

Tidak hanya wilayah Indonesia bagian timur saja, di Kalimantan pula terdapat olahan kuliner yang berasal dari sagu. 

Makanan khas Kalimantan yang bernama Mie Sagu ini kerap disajikan dengan cara digoreng ataupun berkuah. 

Meski berbeda, namun diantara keduanya memiliki cita rasa khas yang tak bisa dijumpai di beberapa daerah lainnya.

17. Sate Payau

Layaknya sate pada umumnya, Sate Payau pun dalam pengolahannya perlu dibakar diatas bara api lalu diberikan bumbu kacang dan kecap. Hanya saja, daging yang digunakan disini merupakan daging rusa. 

Cukup ekstrim memang, tapi pada kenyataannya, olahan satu ini cukup populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

18. Amparan Tatak

Amparan Tatak menjadi hidangan selanjutnya yang kerap dihadirkan di setiap ada perayaan penting, seperti pernikahan atau syukuran. 

Terbuat dari tepung beras dan santan, kue tradisional Kalimantan satu ini rasanya hampir sama dengan kue pisang yang dibungkus di dalam daun pisang. 

Tetapi Amparan Tatak dibuat dengan ukuran dan porsi yang cukup besar.

19. Kerupuk Basah

Panganan bernama Kerupuk Basah ini akan mengingatkan Anda pada Pempek khas Palembang. Bahan yang digunakan pun sama, yakni ikan dan dimasak dengan cara dikukus. 

Perbedaannya terletak pada penyajiannya, yang mana makanan khas Kalimantan ini tidak perlu digoreng lagi dan langsung disajikan bersamaan dengan bumbu khasnya.

Siapa yang tidak tahu jika Kalimantan menyuguhkan beragam keunikan yang patut untuk ditelusuri. Salah satunya olahan kulinernya yang begitu khas. 

Berbagai hidangan tradisional yang telah disebutkan diatas, tersebar di seluruh Pulau Kalimantan. 

Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika ingin menjumpai salah satu atau beberapa makanan khas tersebut.

Baca juga: Wajib Dicoba! Ini 35 Makanan Khas Jakarta yang Paling Dicari Sedunia


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Wisata Belitung Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

2020-11-10

Bagian dari Provinsi Bangka Belitung, Belitung merupakan kabupaten yang berbatasan dengan selat dan laut sehingga memiliki banyak destinasi berpantai. Dengan masyarakat yang sebagian besar bermata

thumbnail

17 Tempat Wisata di Maluku, Kekayaan Alam dan Sejarah yang Memukau Wisatawan

2021-01-18

Maluku adalah provinsi di bagian timur Indonesia dengan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Tidak jarang, banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang men

thumbnail

Jakarta Panas? Mampir Aja ke 7 Kedai Es Krim Paling Enak!

2020-10-28

Siang-siang memang paling enak kalau ditemani minuman dingin, seperti es krim. Dinikmati dalam bentuk cup atau cone, keduanya pastinya sama-sama enak. Selain sebagai pel

thumbnail

Harga Tas Carrier, dari Termurah hingga Termahal

2020-12-23

Tas carrier adalah benda paling penting bagi seorang pendaki. Tas punggung ini tidak sama dengan ransel karena memiliki kapasitas yang luas sehingga bisa memuat b