Logo Daihatsu
Menu

20 Makanan Khas Melayu Paling Maknyus Saat Dicicipi

Travel

2021-01-31

makanan khas melayu

Tanah melayu memiliki aneka khas kuliner yang tak kalah dengan tempat lainnya. 

Tempat ini bahkan berhasil menampilkan cita rasa kandungan rempah-rempah yang sangat maknyus dalam setiap sajian makanan. 

Jika Anda mengunjungi tempat yang satu ini, berikut aneka makanan khas melayu yang wajib dicoba.

1. Bolu Kemojo

Makanan berbentuk bolu ini termasuk jajanan yang banyak diminati. Bolu kemojo perlu dipanggang menggunakan oven selama 40 hingga 50 menit sebelum dihidangkan. 

Terdapat tepung terigu, telur, santan, daun suji, gula dan margarin sebagai komponen pembentuk adonan. Kue lezat ini bahkan telah banyak tersebar di toko oleh-oleh.

2. Roti Canai

Roti canai pada dasarnya berasal dari masyarakat india yang merantau di tanah ini. Roti persegi yang tipis ini perlu dilipat untuk selanjutnya dipanggang menggunakan minyak. 

Menariknya, sajian kuah kambing yang diolah dengan rempah-rempah pilihan memiliki rasa maknyus yang sangat mantap.

3. Roti Jala Kari Ayam

Penamaan roti jala pada makanan khas melayu ini didasarkan pada bentuknya. Roti tipis berongga seperti jala ini tak hanya disukai oleh masyarakat lokal. 

Masyarakat dari negara Malaysia dan Singapura juga sering mampir untuk mencicipi makanan yang satu ini. Uniknya, makanan yang satu ini juga sering dihidangkan dengan kuah kari dan acar.

4. Asidah

Pasalnya, asidah adalah makanan dari arab yang dihidangkan khas melayu. Makanan yang diolah dari Riau ini disajikan dalam bentuk bulat, bunga, daun, mawar dan jambu. 

Tak hanya penyajian yang menarik dan menggugah selera, asidah bahkan memiliki cita rasa yang sangat lezat untuk dicoba.

5. Kue Bangkit

Kue bangkit yang dihidangkan dengan warna putih dan memiliki noktah merah memiliki tampilan yang menarik untuk dilirik. Roti yang sangat lembut ini bahkan memiliki rasa legit dan empuk saat dikunyah. 

Tentunya, makanan yang banyak ditemukan di daerah Riau, Sumatera Barat dan Jambi memang cocok untuk dinikmati.

6. Lempok Durian

Melayu juga memiliki makanan berupa lempok durian yang sangat nikmat. Campuran daging durian dengan gula pasir ini bahkan mampu menghadirkan jenis makanan yang tahan lama. Makanan yang satu ini banyak ditemui di daerah Riau, Samarinda, Pontianak dan Palembang.

7. Cencaluk

Pecinta seafood wajib mencicipi makanan ini. Cencaluk merupakan makanan khas melayu yang terbuat dari udang geragau. 

Olahan udang yang telah dihaluskan dan dihidangkan dengan beberapa aneka rempah-rempah pilihan memiliki rasa yang maknyus. 

Tekstur lembut yang dimiliki oleh cencaluk bahkan hampir mirip dengan bubur.

8. Mie Sagu

Mie yang satu ini bahkan selalu menjadi makanan favorit masyarakat setempat. Sajian mie yang dihadirkan dari olahan sagu ini seringkali dimasak menggunakan tambahan ikan teri, taide dan daun kucai. 

Olahan sagu yang dihadirkan dalam mie ini juga memiliki tekstur kenyal dan nikmat yang tidak bisa Anda temui pada mie biasanya.

9. Ikan Salai

Ikan salai dapat diartikan sebagai ikan asap khas melayu. Pasalnya, makanan ini dihadirkan dengan bahan baku ikan limbat yang dimasak dengan rempah-rempah. 

Ikan salai dengan campuran bumbu tersebut bahkan memiliki warna kuning kemerahan yang sangat kental. Sehingga aroma dan warna yang disajikan sangat menggugah selera.

10. Konde Cik Puan

Penamaan makanan khas melayu ini sangat unik untuk didengar. Makanan ini pada dasarnya dimasak menggunakan talas yang dihaluskan dan dikukus. 

Konde cik puan ini juga dihadirkan dengan tepung kanji dan bumbu rempah. Kemudian, adonan yang telah masak akan dihadirkan dengan kacang hijau yang telah dikukus.

Baca juga: Wajib Dicoba! Ini 35 Makanan Khas Jakarta yang Paling Dicari Sedunia

11. Soto Mak Lung Terkejut

Baru mendengar nama dari makanan ini pasti membuat Anda terkejut. Pasalnya, penamaan tersebut karena banyaknya adonan rempah untuk menghadirkan rasa asam pedas. 

Beberapa bahan utama yang digunakan untuk membuat soto mak lung terkejut terbuat dari mie soun, daging sapi, tauge, kentang, emping dan kacang kedelai.

12. Gadih Berondok

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, gadih berondok memiliki makna gadis bersembunyi. Makanan ini bahkan memiliki tampilan yang hampir mirip dengan tahu telur dari jawa. 

Kendati demikian, Anda akan menikmati rasa yang berbeda karena gadih berondok terbuat dari singkong sebagai bahan utama.

13. Gulai Lada Hitam

Anda juga akan menemui gulai lada hitam sebagai makanan khas melayu yang bisa menggoyangkan lidah karena nikmatnya. 

Kehadiran lada hitam yang dihadirkan bahkan memiliki rasa pedas yang bisa menusuk hingga ke lidah. Tak hanya nikmat, makanan ini bisa membuat Anda ketagihan.

14. Asam Pedas Patin

Makanan berbahan dasar ikan patin ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Asam pedas patin juga disajikan dengan olahan bumbu tradisional yang sangat nikmat. 

Campuran rasa pedas, gurih dan asam pada makanan ini berhasil menggoyangkan lidah Anda. Tentunya, masakan ini sangat mudah ditemukan di rumah makan Riau. 

15. Nasi Kunyit

Nasi kunyit juga tak kalah menarik dengan aneka makanan yang lainnya, Olahan nasi yang dicampur dengan kunyit dan berbagai bumbu rempah ini dihidangkan layaknya nasi tumpeng yang ada di jawa. Hiasan lauk yang dihadirkan mengitari makanan ini juga memiliki bentuk yang unik dan nikmat.

16. Gulai Rampai

Gulai rampai dihadirkan dengan olahan berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, rimbang, petula, dan terong. 

Makanan ini bahkan juga dipadukan dengan udang kering yang diolah dengan bumbu pilihan. Selain memiliki rasa yang enak, gulai rampai juga baik untuk kesehatan tubuh.

17. Nasi Dagang

Nama makanan nasi dagang memang sangat unik ketika didengar. Pasalnya, makanan khas melayu yang satu ini dihadirkan dengan olahan nasi yang dicampur santan. 

Anda bahkan bisa menikmati masakan yang satu ini dengan lauk kari ikan tongkol. Uniknya, nasi dagang juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Malaysia.

18. Nasi Kerabu

Anda juga akan mencicipi makanan yang maknyus dan lezat ini dengan bentuk yang sangat unik. Kehadiran nasi berwarna biru dimasak menggunakan bunga telang. 

Selain itu, nasi ini juga disajikan dengan aneka kerabu yang terdiri dari daun mentah. Tentunya, makanan ini sangat nikmat untuk dicicipi.

19. Mie Lendir

Pasalnya, mie lendir terbuat dari bahan dasar mie yang biasa Anda nikmati. Namun, masakan yang satu ini dihadirkan dengan bentuk yang unik dari campuran sagu dan berbagai bumbu rempah lainnya. 

Sagu yang dijadikan sebagai kuah mie ini bahkan berhasil membuat rasa menjadi kenyal seperti berlendir.

20. Gulai Tempoyak

Makanan melayu ini dapat Anda temui di daerah Riau. Gulai tempoyak dihadirkan dengan olahan ikan nila dengan campuran durian yang sudah difermentasi.

Tentunya, beberapa bumbu rempah juga menjadi bagian utama untuk menghasilkan rasa yang enak. Tambahan adonan durian ini bahkan bisa membuat gulai tempoyak memiliki rasa yang maknyus.

Melayu yang kaya akan rempah-rempah pilihan memiliki berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang sangat maknyus. 

Tentunya, Anda bisa menikmati beberapa aneka makanan di atas dan rasakan sensasi lezatnya. Makanan yang dihadirkan oleh daerah ini bahkan memiliki rasa yang khas yang tidak bisa Anda temui di daerah lainnya.

Baca juga: Mengintip 20 Makanan Khas Sunda yang Populer


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Honeymoon di Karimunjawa yang Terjangkau Namun Tetap Romantis

2020-11-05

Bagi pasangan yang baru menikah, apalagi sih impian jangka pendek kalau bukan melakukan honeymoon di Karimunjawa? Namun, di kala pandemi begini, ketika tabungan harus diirit karena apa-apa serba su

thumbnail

Kegiatan Wisata Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon

2021-01-18

Taman Nasional Ujung Kulon adalah pilihan tepat untuk Sahabat yang mau berwisata alam. Soalnya, di sana Sahabat bisa melakukan berbagai kegiatan wisata alam yang seru.

thumbnail

10 Wisata Perahu di Indonesia Bikin Liburan Makin Seru

2021-01-05

Wisata perahu adalah salah satu wisata yang memberikan pengalaman seru kepada wisatawan karena bisa mengitari sungai maupun danau dengan perahu. Indonesia yang memiliki

thumbnail

Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT

2020-10-28

Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal